5 Cara Mengatasi Memori Internal Yang Cepat Penuh

Banyak sekali games di Google Play Store yang sangat menarik perhatian. Belum lagi aplikasi yang dapat membantu kita. Namun, kamu perlu peka dengan kondisi Androidmu guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pernahkah kamu membaca notifikasi “memorimu sudah habis” ketika sedang asik berselfie ria? Hal tersebut sangat mengesalkan bukan. Padahal kapasitas memori internal Androidmu cukup tinggi. Ada 5 Cara Mengatasi Memori Internal yang Cepat Penuh

Apalagi jika ingin menginstall aplikasi yang sangat diinginkan, malah terhalang oleh kapasitas memori yang sudah penuh. Tentu saja hal ini membuatmu keki dan menurunkan mood. 

Tak cukup sampai disana, memori penuh juga membuat kinerja ponsel pintarmu menjadi lambat. Lemot kayak jalannya siput. Jika sudah begini, sepertinya kamu perlu intip tips berikut deh, supaya kapasitas memori internalmu tetap lega. Yuk simak tips berikut!

Cara Mengatasi Memori Internal Yang Cepat Penuh

 

  • Bersihkan cache dan junk file secara rutin

Cache dan junk file adalah sampah – sampah yang terdapat di ponselmu. Keduanya akan bikin memori internalmu penuh dan tidak ada guna yang cukup penting. File – file ini akan selalu ada dan selalu muncul, jadi pembersihannya tidak cukup sekali saja. Nah, kamu perlu mengatur jadwal pembersihan file tersebut. Lakukanlah secara rutin, supaya file sampah tersebut tidak menumpuk di Androidmu.

  • Hindari menginstall aplikasi yang berat

Banyak sekali games di Google Play Store yang sangat menarik perhatian. Belum lagi aplikasi yang dapat membantu kita. Namun, kamu perlu peka dengan kondisi Androidmu guys. Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi yang memakan memori dalam ukuran besar. Biasanya game HD butuh memori dalam jumlah yang tinggi. Lebih baik kamu mencari aplikasi pengganti sebagai alternatifnya yang membutuhkan memori dalam ukurang yang lebih kecil. 

  • Kamu perlu un-install aplikasi yang tidak diperlukan

Semakin banyak aplikasi yang kamu install, maka semakin penuh memori internal Androidmu. Mulai sekarang, perhatikan semua aplikasi yang kamu install. Apakah aplikasi itu sering kamu gunakan atau hanya dianggurin dan dibiarkan jadi pajangan? Aplikasi yang tidak kamu gunakan sebaiknya di-uninstall aja. Hal tersebut akan membuat memorimu lebih lega dan bisa dipakai untuk hal lainnya yang lebih kamu butuhkan.

  • Matikan mode auto-download di Whatsapp dan aplikasi sosmed lainnya

Mode auto-download di Whatsapp sangat berkontribusi dalam memenuhkan memori internalmu. Bagaimana tidak, semua foto ataupun video yang dikirimkan oleh temanmu akan masuk secara otomatis ke memori ponselmu. Nah, lebih baik kamu mematikan mode ini dan men-download file yang kamu perlukan saja. Kamu bisa memilih mana file yang penting atau tidak sebelum mendownload. Repot sedikit tak masalah kan. 

  • Hapuslah aplikasi yang termasuk bloatware

Aplikasi bloatware merupakan aplikasi bawaan sejak kamu membeli ponsel pintarmu. Kebanyakan dari aplikasi ini biasanya tidak terpakai dan tidak terlalu penting. Jadi tidak masalah jika kamu menghapus aplikasi – aplikasi tersebut. Kamu juga bisa menon-aktifkan aplikasi tersebut jika tidak bisa di uninstall. Caranya adalah dengan membuka menu settings, kemudian pilih apps, pilih All. Lalu pilih disable pada aplikasi yang ingin kamu non-aktifkan. 

Nah, itulah 5 tips untuk membuat memorimu tidak cepat penuh. Katakan selamat tinggal untuk smartphone yang lemot kayak siput. Selamat mencoba ya!

Salam teknologi!

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!