Tips Membaca yang Baik di Smartphone

Smartphone juga cocok untuk digunakan membaca. Tidak perlu menenteng sederet buku, cukup hanya mendownload berbagai buku digital, kalian sudah bisa memiliki berbagai buku yang bisa dibaca kapan saja. Walaupun begitu, tentu saja membaca buku di smartphone rasanya tidak bisa sama persis ketika membaca secara fisik. Menatap layar terlalu lama ketika membaca tentunya juga tidak dianjurkan.

Smartphone, sekarang ini bisa dibilang merupakan salah satu alat yang multifungsi dan menjadi yang paling dibutuhkan. Melalui smartphone, sederet aktivitas yang kalian lakukan sehari-hari bisa terbantu dan tentunya jauh menjadi lebih ringan.

Misalnya, dengan menggunakan smartphone kalian tidak perlu repot-repot lagi ketika mencari resep makanan dan bahkan sudah bisa dijelaskan melalui video jika diunggah melalui YouTube. Hal tersebut menjadi salah satu contoh kecil bagaimana bermanfaatnya smartphone.

Selain itu, smartphone juga cocok untuk digunakan membaca. Tidak perlu menenteng sederet buku, cukup hanya mendownload berbagai buku digital, kalian sudah bisa memiliki berbagai buku yang bisa dibaca kapan saja.

Walaupun begitu, tentu saja membaca buku di smartphone rasanya tidak bisa sama persis ketika membaca secara fisik. Menatap layar terlalu lama ketika membaca tentunya juga tidak dianjurkan.

Untuk itu, bagi kalian yang doyan membaca buku di smartphone, berikut adalah berbagai tips yang patut kalian terapkan agar semakin nyaman ketika membaca!

Perhatikan Posisi Membaca

Ukur dan kira-kira lah jarak smartphone yang kalian pegang dengan mata berada di sekitar 25-30 cm dan usahakan jangan kurang. Ini dikarenakan, itu jarak nyaman dan dianjurkan ketika membaca tidak hanya di smartphone tapi juga ketika membaca buku fisik.

Selain itu, hindari untuk membaca dalam keadaan tidur ataupun tengkurap. Membacalah dengan badan yang tegak agar postur tubuh tetap terjaga apik ketika membaca dan tidak menjadi kebiasaan buruk ke depannya.

Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan adalah faktor utama yang harus diperhatikan ketika membaca. Ketika membaca di smartphone jangan sampai layar yang kalian gunakan memiliki pencahayaan yang terlalu gelap ataupun terang. Situasikanlah pencahayaan smartphone dengan ruangan kalian.

Manfaatkan Mode Baca

Smartphone sekarang tentulah semakin canggih. Salah satuny adalah memberikan fitur apik bagi kalian yang suka membaca di smartphone dengan hadirnya mode baca yang tentunya bakal membuat kalian jauh lebih nyaman ketimbang saat tidak menggunakannya.

Menggunakan Mode Baca akan menjadikan layar smartphone kalian memiliki cahaya yang lebih smooth dan tidak terasa perih di mata. Ini tentunya akan membuat kalian semakin betah untuk membaca sesuatu di smartphone.

Atur Waktu

Terakhir, tentu saja kalian harus memperhatikan waktu. Jangan sampai, kalian terlalu terlenan dan keasyikan membaca suatu di smartphone hingga tidak ingat waktu dan bahkan bisa sampai berlarut-larut. Tentu saja hal tersebut tidak baik.

Cobalah beberapa jam sekali istirahatkan matamu dari layar smartphone dan mencoba melihat sekeliling agar mata terasa lebih fresh dan usahakan lakukan hal tersebut selama minimal 5 menit.

Kalau kalian sendiri, sudah adakah tips membaca yang baik di smartphone di atas yang telah kalian lakukan dan justru menjadi kebiasaan?

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie