12 Aplikasi Screen Recorder Terbaik untuk PC

Memiliki fungsi utama untuk merekam layar, tetapi seiring perkembangan teknologi banyak sekali aplikasi screen recorder PC yang memiliki sederet kelebihan dan menjadikan poin plus di antaranya yang lain.

Screen Recorder atau perekam layar, menjadi salah satu aspek yang cukup bagi sesorang terlebih lagi apabila ia merupakan salah satu orang yang doyan presentasi, bermain game, atau sampai membuat video tutorial.

Memiliki fungsi utama untuk merekam layar, tetapi seiring perkembangan teknologi banyak sekali aplikasi screen recorder PC yang memiliki sederet kelebihan dan menjadikan poin plus di antaranya yang lain.

Dan buat kalian yang masih bingung mencari aplikasi PC perekam layar yang bagus untuk kalian, berikut kami hadirkan berbagai rekomendasinya!

1. Bandicam

Yang pertama, ada salah satu aplikasi rekam layar yang nampaknya telah menjadi primadona sebagian pengguna PC, apalagi kalau bukan Bandicam yang memiliki banyak kelebihan.

Walaupun memiliki berbagai kelebihan seperti mampu merekam audio secara real time, sayangnya versi gratis Bandicam harus ditimpa oleh watermark dan jika ingin menghilangkannya harus membayar 40 dollar.

2. ScreenRec

Jika kalian ingin membuat rekaman layar yang lebih serius, ScreenRec nampaknya menjadi jawaban yang tepat. Ditujukan untuk kalangan profesional, kekurangan dari aplikasi satu ini ialah untuk versi gratisnya hanya tersedia penyimpanan sebesar 2 GB saja.

3. ShareX

ShareX menjadi salah satu aplikasi rekam layar pada PC yang menjadi rekomendasi untuk kalian. Walaupun begitu, bagi kalian yang ingin mengambil rekaman untuk game, sayangnya, ShareX tidak bisa mengambil dengan mode full screen.

4. Action!

Mencari kualitas yang HD serta mampu melakukan live streaming? Semua hal tersebut ada pada aplikasi Action!. Tidak hanya itu saja, aplikasi satu ini juga bisa disimpan dengan format MP4 dan AVI dengan kualitas HD 1080P.

5. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Apowersoft Free Online Screen Recorder bisa dibilang bukanlah sebuah aplikasi karena hanya tersedia pada sebuah website. Tetapi, ini tidak menutup segudang fitur yang dihadirkan dan tidak kalah dari aplikasi perekam layar lainnya.

6. FilmoraScn

Pengguna MacOs yang ingin mempunyai aplikasi rekam layar yang lebih bagus nampaknya FilmoraScn dapat menjadi jawabannya. Mampu merekam dan streaming sampai 120 FPS, aplikasi ini juga tersedia pada OS Windows.

7. Debut Video Capture

Debut Video Capture menjadi aplikasi rekam layar yang menawarkan dobel keuntungan di mana selain kalian mampu merekam layar, juga dapat digunakan untuk merekam dari eksternal seperti CCTV yang tentunya bakal memperketat keamanan rumah.

8. Flashback Express

Tidak memiliki watermark untuk versi gratisnya menjadi satu kelebihan dari Flashback Express. Selain itu, aplikasi satu ini juga memiliki fitur, mampu merekam penuh atau sebagaian layar, bisa dibagikan ke YouTube, serta dapat disimpan dengan format WMV, AVI, dan MP4.

9. OBS Studio

Aplikasi ini menjadi salah satu yang banyak direkomendasikan di antara banyaknya aplikasi rekam PC. Mampu melakukan streaming ke Twitch dan YouTube dengan kualitas HD, OBS Studio juga tidak memiliki batasan waktu dalam videonya.

10. Snagit

Snagit juga menjadi salah satu aplikasi yang ditujukan untuk para profesional. Tetapi kelemahannya adalah aplikasi ini berbayar dan cukup mahal yaitu kalian harus merogoh kocek sekitar  USD 50.

11. TinyTake

TinyTake nampaknya bukanlah hanya sekedar nama. Aplikasi rekam layar ini bisa dibilang sangatlah kecil karena hanya bisa digunakan untuk merekam selama 120 menit walaupun kalian juga bisa menambahkan sesuatu ketika sedang perekaman.

12. MacOS Screen Recorder

Terakhir, bagi kalian yang menggunakan MacOs pastinya sudah tahu bahwa OS satu ini mempunyai aplikasi layar rekam sendiri. Cukup menekan Cmd+Shift+5, aplikasi bawaan ini terbilang cukup simpel digunakan.

Nah, daftar di atas tadi merupakan berbagai aplikasi rekam layar pada PC yang dapat kalian gunakan baik pada OS Windows, MacOs, ataupun lainnya tergantung kebutuhan dan kelebihan yang dimiliki dari masing-masing aplikasi.

rekam layar pc