30 Game Adaptasi Novel Terbaik

Terdapat 30 game adaptasi novel terbaik yang akan kami bagikan di sini. Ternyata beberapa game yang cukup populer ternyata juga berasal dari novel seperti yang akan kami bahas di sini.

Pada tuilisan ini kami akan berikan daftar 30 game adaptasi novel terbaik. Tersedia banyak game menarik yang kamu pun tak asing dengan game tersebut.

Tren game semakin berkembang belakangan ini dengan mengangkat berbagai hal menjadi latar dari sebuah permainan.

Game yang mengangkat dari suatu film, novel, manga atau anime disebut sebagai game adaptasi.

Memainkan game adaptasi memberikan kesan menyenangkan yang berlebih. Hal itu karena jika kita telah menikmati serial yang diadaptasikan maka kisa dapat memahami alur cerita tanpa kebingungan serta bisa menggunakan kekuatan jika yang diadaptasikan itu serial pahlawan atau sejenisnya.

30 Game Adaptasi Novel Terbaik

Terdapat 30 game adaptasi novel terbaik yang akan kami bagikan di sini. Ternyata beberapa game yang cukup populer ternyata juga berasal dari novel seperti yang akan kami bahas di sini.

1. The Witcher

Yang pertama adalah The Witcher, yang merupakan salah satu rangkaian seri game adaptasi novel terbaik yang banyak dimainkan. The Witcher adalah permainan RPG aksi yang diangkat dari novel populer dengan judul yang sama yang ditulis oleh sastrawan asal Polandia, Andrzej Sapkoski.

Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh CD Projekt, sesuai dengan novelnya genre dari game ini adalah Fantasi. The Witcher pertama kali dirilis pada Oktober 2007, hingga kini tersedia untuk platform Microsoft Windows, Xbox 360, Xbox One, Linux, Nintendo Switch, PlayStation 4, PlayStation 5.

2. Dynasty Warriors

Gamervines (YT) – Dynasty Warriors Dominate Official Trailer

Para gamers tentu tidak asing lagi dengan seri game Fighting, Hack and slash yang satu ini. Dynasti Warriors telah terbit dengan banyak seri game semenjak dirilis pertama kali pada Februari 1997. Game ibi dikembangkan oleh Koei dan Koei Tecmo dan dirilis oleh Omega Force. Seri terakhir yang terbit dari game ini adalah Dynasty Warriors 9 pada 2018.

Game ini adalah spin-off dari seri game Romance of Three Kingdom yang mengadaptasi alur cerita dari sebuah novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Luo Guanzhong. Novel ini berlatarkan tahun-tahun penuh gejolak menjelang keruntuhan dinasti Han dan perode Tiga Kerajaan dalam sejarah Tiongkok.

Sejak pertama kali terbit hingga saat ini, game ini dirilis hampir untuk seluruh platform gaming mulai dari Game Boy Advamce, PlayStation 1 sampai 5, PSP, PS Vita, Seri Nintendo, Seri Xbox, Microsoft Windows, bahkan platform Mobile yaitu iOS dan Android.

3. Suikoden

Gamefinity

Berikutnya adalah seri game RPG yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami. Suikoden merupakan game yang diadaptasi dari novel klasikTiongkok yang berjudul Water Margin karya Yoshitaka Murayama, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang menjadi Suikoden.

Game ini pertama kali dirilis pada 15 Desember 1995, dan edisi terbaru pada 9 Februari 2005. Hingga saat ini seru utama telah sampai Suikoden V dan ada juga seri Spin-off. Game ini tersedia untuk platform PlayStation 2, Nintendo DS, PSP, Game Boy Advance, Microsoft Windows.

4. Parasite Eve

Jagat Play

Parasite Eve merupakan game RPG aksi horror yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Square. Game ini merupaka sekuel dari novel Parasite Eve karya Hideaki Sena. Game ini dirlis pada Maret 1999 untuk platform PlayStation.

5. S.T.A.L.K.E.R.

GameZeRO

Selanjutnya adalah game First Person Shooter (FPS) dengan elemen RPG aksi-petualangan yang mengambil inspirasi dari novel berjudul Roadside Picnic karya Arkady dan Boris Strugatsky. Game ini dikembangkan dan ditebitkan oleh GSC Game World, pertama kali dirilis pada 20 Maret 2007.

Hingga kini game ini tesedia untuk platform Microsoft Windows dan Xbox Series X/S. Bshksn seri selanjutnya akan segera terbit pada 2022 yaitu Heart of Chernobyl.

6. Metro 2033

Gamebrott

Metro 2033 merupakan game First Person Shooter dengan elemen survival horror yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Dmitry Glukhovsky. Game ini dikembangkan oleh 4A games dan diterbitkan oleh THQ dan Deep Silver.

Menceritakan sebuah dunia post apocalyptic yang telah hancur karena perang nuklir, dan di sini kamu harus berusaha untuk bertahan hidup di jalur kereta bawah tanah di kot Moskow.

Game ini dirilis pada 16 Maret 2010, tersedia untuk platform Microsoft Windows, Xbox 360, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Linux, OS X dan Stadia.

7. Assassin’s Creed

Fanatical

Satu lagi game populer yang ternyata merupakan adaptasi dari suatu karya sastra yaitu novel adalah seri Assassin’s Creed, tentu kamu tdak asing lagi dengan game aksi-petualangan Terbitan Ubisoft ini.

Produser Jade Raymond menyatakan bahwa game ini pertama kali diangkat dari novel Alamut karya penulis Vladimir Bartol. Sejak terbit pertama kali pada 13 November 2007 hingga kini seri Assassin’s Creed telah terbit sebanyak 12 seri utama dan 12 seri spin-off. Kamu bisa memainkan game ini di berbagai paltform sesuai serinya mulai dari Windows, Xbox 360, Xbox One, Playstation 3, 4 dan 5, Nintendo Switch, dan Stadia.

8. Spec Ops: The Line

Steam

Game ini merupakan permainan Third Person Shooter yang dikembangkan oleh studio Jerman yaitu Yager Development dan diterbitkan oleh 2K Games. Game ini diadaptasi dari novel yang cukup terkenal yaitu Heart of Darkness yang ditulis oleh Joseph Conrad.

Game ini dirlis pada 26 Juni 2012, tersedia untuk perangkat Windows, PlayStation 3, Xbox 360, OS X, dan Linux.

9. Enslaved: Odyssey to the West

Jagat Play

Enslaved: Odyssey to the West adalah game aksi-petualangan yang dikembangkan oleh Ninja Theory dan diterbitkan oleh Namco Bandai Games. Game ini merupakan adaptasi lepas dari novel China abad 16 berjudul Journey to the West karya Wu Cheng’en.

Game ini berlatar 150 tahun di masa depan pasca apokaliptik. Pertama kali dirilis pada 5 Oktober 2010, tersedia untuk platform PlayStation 3, Xbox 360, dan Microsoft Windows.

10. The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy

BBC

Game berikutnya merupakan permainan fiksi interaktif yang merupakan adaptasi dari seri fiksi ilmiah dengan judul yang sama karya Douglas Adams dan Steve Meretzky. Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Infocom. Dirilis pertama kali pada 14 September 1984.

11. I Have No Mouth, and I Must Scream

Bloody Disgusting

Selanjutnya merupakan game bergenre petualangan point and click yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Cyberdreams. Game ini diadaptasi dari sebuah cerita karya Ellison dengan judul yang sama. Latar game ini adalah dunia Distopis di mana seorang mastermaind AI menghancurkan peradaban manusia.

Pertama kali dirilis pada Oktober 1995 unutk perangkat MS-DOS dan Mac OS, kemudian untuk OS Z, Linux, 2013 untuk Android dan 2016 untuk perangkat iOS.

12. Ken Follett’s The Pillars of the Earth

PlayStation Store

Game yang satu ini juga bergenre petualangan point and click, yang dikembangkan dan diterbitkan oleh studio Jerman yaitu Daedalic Entertainment. Tercermin dari namanya, game ini merupakan adaptasi dari novel populer dengan judul yang sama karya Ken Follet.

Game ini kemudian terbagi menjadi beberapa chapter, mulai dari Book 1 hingga Book 3. Pertama kali dirilis pada 16 Agustus 2017, tersedia untuk platform Linux, Mac OS, Microsoft Windows, PlayStation 4, Xbox One, iOS dan Mazon Luna.

13. Dune II: The Building of a Dynasty/Battle for Arrakis

Frank Klepacki

Berikutnya adalah game bergenre Real Time Strategi yang diadaptasi dari sebuah film David Lynch pada tahun 1984 yaitu Dune yang merupakan adaptasi dari sebuah novel sci-fi dengan judul yang sama karya Frank Herbert.

Game ini pertama kali dirilis pada Desember 1992 untuk platform MS-DOS selajutnya dirilis untuk perangkat Amiga dan Mega Drive/Genesis.

14. Alice in Wonderland

IMDb

Berikutnya adalah game aksi-petualangan yang merupakan adaptasi dari film fantasi dengan judul yang sama, yang diadaptasi dari novel penulis dari Inggris, Lewis Carroll berjudul Alice,s Adventures in Wonderland.

Game ini dikembangkan oleh Etranges Libellules dan diterbitkan oleh Disney Interactive Studios. Pertama kali terbit pada 2 Maret 2010, tersedia untuk perangkat Nintendo DS, Wii, Microsoft Windows dan Zeebo.

15. The Legend of Zelda

Nintendo

Game yang satu ini adalah seri game yang sangat panjang, pertama kali rilis pada Februari 1986 dan yang terbaru adalah seri ke-25 yangdirilis pada 16 Juli 2021, bahkan ada seri selanjutnya yang akan dirilis pada 2022.

The Legend of Zelda adalah game petualangan aksi fantasi yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo EAD. Kisah dari game ini diadaptasi dari sebuah novel fantasi berjudul Save Me the Waltz yang ditulis oleh Zelda Fitzgerald.

16. Harry Potter

Harry Potter: Hogwarts Mystery

Seri game Harry Potter sudah tentu merupakan adaptasi dari kisah fiksi karya J.K Rowling yang sukses menjadi Film Fantasi populer dengan judul yang sama. Untuk seri gamenya sendiri Harry Potter terbit dengan berbagai genre mulai dari aksi, adventure, puzzle dan match-tree.

Game dari seri Harry Potter pertama kali terbit pada 2001, hingga edisi terbaru pada 2021, bahkan akan ada edisi baru lagi dengan judul Hogwarts Legacy yang akan terbit 2022. Game ini dirilis untuk berbagai platform, mulai dari PlayStation 2, 3 dan 4, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo switch dan Wii.

17. Fantastic Beasts: Cases From the Wizarding World

WarnerBros

Berikutnya adalah game yang juga diadaptasi dari novel karya J.K Rowling, Fantastic Beasts yang merupakan Prekuel dari serial Harry Potter. Game ini merupakan permainan mencari objek tersembunyi yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Mediatonic dan Warner Bros.

Fatastic Beasts: Cases From the Wizarlding World dirilis pada 17 November 2016, untuk platform mobile, yaitu Android dan iOS.

18. Agatha Christie

Hypeabis

Selanjutnya adalah seri game petualangan yang diadaptasi dari karya penulis novel misteri asal Inggris Agatha Christie. Petama kali dirilis dengan judul Agatha Christie: And Then There Were None yang merupakan adaptasi dari novel Agatha yang berjudul sama pada tahun 1939. Seri termutakhir adalah Agatha Christie: The ABC Murders yang terbit tahun 2016.

Game ini dikembangkan oleh AWE Productions dan lainnya, dan diterbitkan oleh The Adventure Company juga Dream Catcher Interactive. Hinga kini seri dari game tersedia di platform Microsoft Windows, Mac OS, iOS, Nintendo DS, Android, iOS dan Linux.

19. Bloodborne

Lifewire

Bloodborne adalah game RPG aksi yang dikembangkan oleh From Software dan diterbitkan oleh Sony Computer. Game ini mengambil inspirasi cerita dari novel karya H.P Lovecraft. Pertama kali dirilis pada Maret 2015 untuk platform PlayStation 4.

20. Baldur’s Gate

Steam

Game yang satu ini merupakan game RPG dengan elemen Turn-Based strategy legendaris yang populer hingga saat ini. Game ini diadaptasi dari Dungeons and Dragons oleh RA Salvatore.

Pertama kali dirilis pada 21 Desember 1998 untuk perangkat Windows dan Mac OS, dan yang paling mutakhir pada Juni 2021, dengan judul Dungeons & Dragon: Dark Alliance untuk platform Windows, PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X/S.

21. Age of Conan

Steam

Berikutnya adalah game yang diadaptasi dari novel fantasi populer karya Robert E. Howards. Age of Conan adalah seri pertama dari Age of Conan Series. Game ini bergenre MMORPG yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Funcom. Pertama kalidirilis pada Mei 2008 tersedia untuk platform Microsoft Windows.

22. Call of Cthulhu

Gamereactor

Call of Cthulhu merupakan game yang diadaptasi dari karya H.P Lovecraft seorang penulis horror, fantasi dan fiksi ilmiah. Game ini dikembangkan oleh Cyanide, Saber Interactive dan diterbitkan oleh Focus Home Interactive pada 2018. Tersedia untuk perangkat PlayStation4, Microsoft Windows, Xbox One dan Nontendo Switch.

23. BioShock

Suara

Game berikutnya merupakan permainan FPS dengan elemen RPG, yang dikembangkan oleh Irrational Games dab lainnya kemudian diterbitkan oleh 2K Games. Game ini pertama kali dirilis pada 2007, hingga kini tersedia untuk berbagai platform mulai dari Mocrosoft Windows, PlayStatuion3, 4, iOS, Linux, Xbox 360 dan Nintendo Switch.

24. Romance of Three Kingdom

Steam

Game ini adalah seri game bergenre strategi turn-based yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Koei Tecmo. Akur dari game diadaptasi dari novel sejarah dengan judul yang sama karya Luo Guanzhong. Hingga kini seri dari Romance of Three Kingdoms telah terbit sebanyak 14 seri utama yang tersedia untuk berbagai platform.

25. Sherlock Holmes

Steam

Berikutnya yaitu seri game yang diadaptasi dari novel detektif populer berjudul Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle. Game ini bergenre petualangan, yang menampilkan detektif sherlock Jolmes dan rekannya John H. Watson.

Seri game detektif ini diikembangkan oleh Frogwares dan diterbitkan oleh The Adventure Company, Ubisoft, THQ dan lainnya. Pertama kali rilis pada 2002 dengan judul Sherlock Holmes: The Mystery of The Mummy. Hingga kini tersedia untuk perangkat Microsoft Windows, Nintendo DS dan 3DS, PS3 dan 4, Wii, Xbox One dan 360.

26. Return to Mysterious Island

Steam

Return to Mysterious Island adalah game petualangan yang diadaptasi dari novel karya Jule Verne yang berjudul The Mysterious Island. Game ini dikembangkan oleh Kheops Studio dan diterbitkan oleh The Adventure Company.

Pertama kali rilis pada Desember 2014 untuk perangkat Windiws, Windows Mobile, Mac OS, OS X, dan iOS. Dalam game ini pemain akan berperan sebagai Mina, seorang wanita yang terdampar di pulau antah-berantah dan garus bisa bertahan hidup.

27. The Secrets of Da Vinci: The Forbidden Manuscript

GameFabrique

Berikutnya di daftar 30 game adaptasi novel terbaik ada The Secrets of Da Vinci: The Forbidden Manuscript. Pertama kali rilis pada 21 April 2006. Ini merupakan game adaptasi dari novel Da Vinci yang sangat populer dengan rahasia penuh konspirasi.

28. Destination: Treasure Island

MobyGames

Berikutnya adalah game petualangan yang dikembangkan oleh Kheops Studio dan diterbitkan oleh Nobilis, pertama kali rilis pada November 2006. Game ini mengadaptasi cerita dari novel petualangan Tresure Island karya Robert Louis Stevensons, dengan Jim Hawkings sebagai tokoh utama dari game ini.

29. The Shadow of Zorro

GameFabrique

Game ini mengadaptasi kisah seorang karakter fiksi yaitu Zorro yang ditulis oleh Johnston McCulley seorang penulis Amerika. Game inidikembangkan oleh In Utero dan diterbitkan oleh Cryo Interactive pada November 2001 untuk Platform PlayStation 2 dan Windows.

30. The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring

BoardGameGeek

Game terakhir yang merupakan adaptasi dari novel dalam list 30 game adaptasi ini adalah The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring, yang merupakan game bergenre petualangan-aksi adaptasi resmi dari novel The Fellowship of The Ring karya J. R. R Tolkien.

Game ini dikembangkan oleh WXP, Pocket Studio dan Surreal Software kemudian dirilis oleh Black Label Games pada September 2002, untuk platform Vbox, Game Buy, PlayStation 2 dan Microsoft Windows.

game adaptasigame pc
Comments (0)
Add Comment