Ability Haste Wild Rift, Apa Mekanisme Baru Ini?

Menarik nih karena Ability Haste Wild Rift datang dan mengikuti mekanisme di LoL yang lebih konsisten digunakan.

Bagi kalian para pemain LoL mungkin sudah tidak asing lagi dengan Ability Haste atau AH, ya Ability Haste Wild Rift datang sebagai update terbaru. Mengikuti jejak LoL, sekarang CDR berubah menjadi AH yang mana cukup menarik karena flat reduction berarti akan melepas cap yang tinggi.

Mungkin akan ada beberapa pemain yang akan bingung nih mengenai apa sih itu AH dan mengapa CDR diganti ke AH, akan kami jelaskan nanti. Pendeknya sih, perubahan CDR ke AH karena konsistensi. CDR dengan presentase nya terkadang tidak konsisten dalam memotong cooldown.

Selain itu dengan presentase CDR maka semakin besar cooldown skill kalian maka setaip 1% CDR nya akan sangat berharga, membuat CDR agak “broken”. Oleh sebab itu CDR bahkan sampai di cap ke 40% untuk membuat skill tidak begitu mudah dispam, terutama skill CD tinggi.

Oleh sebab itu mari kita bahas terlebih dahulu mengenai Ability Haste Wild Rift yang datang di patch 1.1 kali ini. Di LoL sendiri datangnya AH semenjak v10.23 yang keluar November lalu. Dengan adanya AH maka pengurangan CD bisa lebih konsisten walaupun kedepannya agak rumit dalam balancing.

Ability Haste Wild Rift

Jika kita membicarakan CDR pastinya kalian sudah paham kan karena cukup mudah dimengerti. CDR bisa dibilang sangat baik dengan scaling skill CD tinggi. Misalnya sajah 10% CDR terlihat kecil, tapi sebentar dulu.

Skill 10 detik terkena 10% CDR memang kecil karena hanya 1 detik pengurangan saja tapi skill 60 detik menjadi pengurangan 6 detik. Nah itu hanya 10% saja bayangkan jika mencapai cap 40% dan skill yang dikurangi memiliki CD yang sangat tinggi, tetapi bukan disitu masalahnya.

Dengan potensi CDR yang tinggi maka Riot memaksa melakukan cap 40% karena bisa saja game normal kalian akan terasa condong ke stacking CDR. Oleh sebab itu mereka mengeluarkan AH.

AH cukup menarik karena memiliki formula di LoL seperti Base Cooldown × 100 ÷ (AH + 100). Terlihat rumit ya, tetapi tidak begitu. Mari kita lihat contohnya agar mudah dicerna.

Misalnya ada skill 60 detik CD dengan AH 50 maka akan seperti ini; 60 × 100 ÷ (50 + 100) = 40 CD. Bagi skill yang memiliki CD 60 detik terkena AH 50 maka CDnya menjadi 40 detik saja, dipotong 20. Saat ini di LoL maksimal AH yang bisa kalian raih kurang lebih sampai 300 AH  yang berarti skill 60 detik bisa jadi 15 detik saja.

Jadi AH sekarang juga layak distack untuk skill CD kecil yang mana dulunya di CDR tidak terlalu begitu. Presentase akan kecil nilainya bagi skill yang memang memiliki CD kecil jadi ada beberapa champion yang secara tidak langsung terbuff nih.

Champion yang memiliki skill CD kecil dan wajib dibuff akan diuntungkan seperti Ziggs, Graves, dan lainnya. Hanya saja ya perhatikan mana masing-masing.

Itulah penjelasan mengenai Ability Haste Wild Rift. Melihat formulanya dan mungkin karena asing akan terlihat sulit ya, tetapi tenang. AH menurut saya lebih baik daripada CDR karena konsistensi yang baik dan lebih mudah di balancing. Saat ini saya tidak tahu jika ada cap untuk AH, jadi jika ada yang salah tolong beritahukan.

Ikuti juga media sosial kami di Instagram.

lol mobilewild riftwr
Comments (0)
Add Comment