Cara Kerja Sistem Matchmaking Mobile Legends (ML)

Kali ini cara kerja Sistem Match Making yang sering kalian temui ketika bermain Ranked di Mobile Legends. Bagi kalian player ML wajib simak ulasan berikut ini!

Mobile Legends merupakan salah satu game MOBA yang menerapkan sistem ranked untuk menentukan peringkat para player yang memainkan nya. Nah berikut cara kerja Sistem Match Making yang sering kalian temui ketika bermain Ranked di Mobile Legends.

Semakin tinggi peringkat kalian maka nama kalian akan terpajang dalam leader board Mobile Legends. Tentu hal itu menjadi kebanggaan sendiri bagi kalian karena dari situlah kemungkinan besar kalian bisa dilirik oleh tim esports dan juga bisa mendapatkan point popularitas yang tinggi.

Dalam mode ranked kalian bisa bermain secara solo player, bermain dengan 2-3 teman kalian, dan bermain full tim atau party. Hal itu tentu membuat sistem match making yang diterapkan oleh Mobile Legend untuk mencari lawan tentu berbeda. Cara kerja Sistem Match Making MLakan kami bahas di sini.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai cara kerja sistem match making Mobile Legends. Bagi kalian yang penasaran dan ingin mengetahui bagaimana algoritma atau cara kerja dari sistem match making Mobile Legends, Yuk simak penjelasan lengkap nya di bawah ini dengan baik dan benar!

Cara Kerja Sistem Match Making Mobile Legends

“Saat seorang player memasuki matchmaking mobile legends, sistem akan mencocokkan player dengan teman satu tim dan lawan yang memiliki tingkat rank dan skill yang sama dalam waktu singkat, untuk mendapatkan pertandingan yang tercepat”

Cara Kerja Sistem Match Making ML sebenarnya didasarkan pada cara bermain kalian dalam mode ranked. Metode bermain dalam mode ranked terbagi menjadi tiga yaitu bermain mode ranked secara solo player, bermain bersama 2-3 teman kalian, atau bermain secara full tim. Nah dari sini lah letak perbedaan sistem match making dalam Mobile Legends.

Ketika kalian bermain secara solo player maka akan dipertemukan dengan tim atau lawan yang juga bermain secara solo player. Ketik kalian bermain bersama 2-3 teman kalian juga pasti akan dipertemukan dengan player yang bermain dengan 2-3 teman nya.

Dan Ketik bermain secara full tim maka kalian akan dipertemukan dengan tim lawan yang juga bermain secara full tim. Sistem seperti ini dimaksudkan untuk mencapai kesetaraan power dalam Mobile Legends.

Pada update patch terbaru Mobile Legend yaitu patch note 1.4.94 dijelaskan bahwa Moonton akan mengupdate lagi sistem match making ML. Di sana dijelaskan bahwa pemain yang bermain mode ranked sebesar 80% tidak akan bertemu dengan pemain yang tier atau rank nya berada di atas nya. Hal ini tentu saja akan membuat Sistem Match Making ML menjadi semakin lebih adil.

BACA JUGA:

5 Kesalahan ML Yang Sering Dilakukan User Fighter Mobile Legends
Faktor Yang Membuat Balmond Masuk Meta Terbaru Mobile Legends
Skin Nana Sundress Di Event Summer Carnival Mobile Legends

Selain itu ada juga teori yang menyebutkan bahwa ketika kalian sudah memenangkan mode ranked secara terus menerus maka akan dipertemukan dengan tim yang kuat. Namun sebalik nya ketika kalian sudah mengalami kekalahan yang beruntuk atau lose streak kalian akan dipertemukan dengan tim lawan yang skill nya setara kalian atau bahkan lebih rendah kalian.

Cara Kerja Match Making Ranked Match

Sedikit berbeda dengan cara bermain matchmaking pada biasanya, kalau kalain bermain ranked match, kalian akan dipasangkan dengan player yang bermain dengan skill level atau rank yang sama. Jadi kalian akan melawan musuh yang memiliki rank yang sama.

Namun, bila kalian kalian bermain dengan party, kalian akan dipasangkan dengan musuh yang bermain party juga. Jadi, dengan begitu match akan berjalan dengan adil. Seburuk apapun kalian bermain, semuanya di ratakan sesuai dengan rank yang kalian miliki.

Hal ini dilakukan, agar kalian bisa melakukan push rank dengan melawan musuh yang setara. Kalau hal ini tidak dilakukan, kalian bisa saja bertemu musuh yang berada di rank bawah, padahal kalian sudah berada di rank atas.

Bermain Party Matchmaking

Saat kalian bermain dengan party, kalian juga akan bermain dengan melawan musuh yang bermain dengan party juga. Biasanya jika kalian bermain dengan party berisi 3 anggota player. Kalian akan bermain dengan tim yang bermain 2 anggota tim.

Untuk lawannya, kalian juga akan bermain melawan musuh yang bermain dengan 3 dan 2 anggota tim. Hal ini agar kalian bermain dengan adil. Akan sangat sulit bila kalian bermain dengan squad, sedangkan musuh bermain secara solo.

Hal ini sudah menjadi mekanisme yang ada di Mobile Legends, karena banyak player yang resah melawan squad sedangakan dirinya bermain solo. Karena bisanya player yang bermain solo, memiliki kerja sama yang lebih baik karena bisa berkomunikasi dengan mudah.

Rank Player

Kalian yang bermain dengan squad, kadan bermain dengan rank yang berbeda. Ada yang bermain bersama mytic dan epic dan sebagainya. Biasanya matchmaking yang dilakukan juga disamakan dengan rank yang dimiliki pada tim.

Bila di squad ada yang masih epic, kalian akan melawan musuh yang juga masih epic. Kalau kalian bermain dengan rank legends, kalian akan melawan musuh yang memiliki rank legends juga.

Rank akan disetarakan, dari yang rendah dan yang tinggi. Tapi ada batas rank yang harus kalian perhatikan, agar kalian bisa bermain dengan teman kalian di ranked match. Jadi, kalian harus meningkatkan rank kalian terlebih dahulu.

Nah itulah penjelasan mengenai cara kerja sistem match making ML yang telah kami jelaskan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber refferensi yang baik untuk kalian semua. Baca penjelasan algoritma match making Mobile Legends di atas agar kalian dapat memahami nya dengan mudah!

Jangan lupa untuk follow isntagram resmi kami di Esportsku (@esports.ku) untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya seputar game Mobile Legends dan juga game mobile terbaru lainnya! Sampai jumpa!

MLmobile legends
Comments (0)
Add Comment