Cara Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

Dengan smartphone kalian bisa menonton tutorial masak, dandan, belajar, mengerjakan soal, mencari jawaban, menemukan buku online, hingga bisa sekedar bermain game. Semua hal tersebut cukup memerlukan smartphone yang ukurannya tidak besar dan berat.

Smartphone, dewasa ini adalah salah satu kebutuhan prioritas yang banyak diperlukan masyarakat dari segala usia. Dengan menggunakan smartphone, berbagai hal bisa dilakukan dengan cukup pada genggaman.

Sebut saja, dengan smartphone kalian bisa menonton tutorial masak, dandan, belajar, mengerjakan soal, mencari jawaban, menemukan buku online, hingga bisa sekedar bermain game. Semua hal tersebut cukup memerlukan smartphone yang ukurannya tidak besar dan berat.

Tetapi, memiliki smartphone bukan berarti tidak memiliki masalah. Salah satu masalah yang banyak dihadapi para pengguna smartphone adalah smartphone yang tidak bisa dicas. Masalah ini tentunya cukup pelik tentunya mengingat untuk menggunakan smartphone memerlukan daya dengan cara melakukan cas.

Walaupun begitu, kalian patut bersenang hati. Jika kalian mendapati smartphone kalian tidak bisa dicas, berbagai cara berikut nampaknya bisa kalian lakukan untuk menghilangkan masalah itu.

1. Restart Smartphone

Cara pertama yang bisa kalian lakukan dan paling mudah adalah dengan cara melakukan restart smartphone. Walaupun sebenarnya restart smartphone ini bisa dibilang merupakan cara yang belum tentu bisa, tapi tentu saja hal ini tidak salahnya untuk dilakukan.

2. Cek Charger

Apabila kalian telah melakukan restart namun tidak menunjukkan hasil, cobalah untuk mengecek charger yang kalian gunakan baik itu pada adapter ataupun kabelnya. Jika ingin mengecek apakah charger kalian yang bermasalah, cobalah untuk menggunakan charger yang lain.

3. Cek Port USB di Smartphone

Jika kedua cara di atas tidak bisa memberikan efek apapun, kemudian cek port USB di smartphone. Biasanya, port USB yang terkena debu atau kotor akan membuat Smartphone tidak bisa dicas. Jadi, pastikan kalian untuk memberiskan USB yang ada di smartphone.

4. Gunakan Charger Baterai Langsung

Apabila kalian ingin ribet lebih sedikit, cobalah untuk mengeluarkan baterai secara langsung dan gunakan charger baterai langsung atau yang kadang disebut dengan baterai kodok. Cara ini tentunya sangat efektif namun tentu saja cukup merepotkan.

5. Cek Sumber Daya

Smartphone, membutuhkan daya yang cukup tinggi untuk dapat melakukan cas. Maka dari itu, cek lah sumber daya yang kalian gunakan untuk cas. Jika kalian sedang menggunakan power bank, cobalah untuk cas dengan stop kontak yang ada di bangunan dan berlaku sebaliknya.

6. Kalibrasi Baterai

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan apabila cas kalian tidak berfungsi pada smartphone adalah dengan melakukan kalibrasi baterai. Kalibrasi baterai tentunya memiliki banyak keuntungan salah satunya me-reset baterai yang sedang error.

Jika sederet berbagai langkah di atas telah kalian lakukan dan tidak memiliki efek apapun. Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah pergi ke servis samrtphone daripada kalian melakukan langkah yang salah dan justru membuat smartphone kalian tambah rusak.

 

solusi smartphone tidak bisa dicas
Comments (0)
Add Comment