Cara Mudah Kunci File Biar Aman di Memori Eksternal Android!

Android sudah menyediakan fitur yang bisa mengenkripsi semua data pada memori eksternal secara langsung melalui sistem operasinya. Kamu juga bisa mengenkripsi data tertentu saja jika tidak ingin mengenkripsi semuanya. Bagaimana sih cara mengenkripsi data pada memori eksternal Android ini? Yuk simak ulasan berikut ini!

Smartphone kini tidak hanya digunakan untuk komunikasi saja, namun juga sebagai media penyimpanan berbagai data penting. Data – data penting tersebut dapat berupa foto, file, dokumen, serta video yang sangat dijaga keamanannya.

Kamu pasti kesel kalau data – data tersebut hilang. Apalagi jika ada orang yang melihat datamu yang bersifat pribadi. Biasanya data – data tersebut lebih banyak disimpan di memori eksternal dibandingkan memori internal. 

Data bisa diamankan dengan proses enkripsi. Enkripsi dapat mengamankan informasi agar tidak bisa dilihat dan diketahui oleh pihak lain. Akan lebih aman jika kamu mengenkripsi semua data yang terdapat di dalam memori eksternal tersebut.

Baca Juga : Spesifikasi Realme C3 Terbaru 2020 

Android sudah menyediakan fitur yang bisa mengenkripsi semua data pada memori eksternal secara langsung melalui sistem operasinya. Kamu juga bisa mengenkripsi data tertentu saja jika tidak ingin mengenkripsi semuanya. Bagaimana sih cara mengenkripsi data pada memori eksternal Android ini? Yuk simak ulasan berikut ini!

Kunci data melalui menu setting

Fitur enkripsi data di Android berlaku untuk semua data yang berada di memori eksternal. Jadi bukan data tertentu yang kamu inginkan saja. Jika kamu ingin mengenkripsi semua data, maka kamu bisa menggunakan cara ini. Proses enkripsi akan langsung gagal jika terjadi gangguan selama prosesnya, misalnya Androidmu mati saat proses enkripsi berlangsung. Berikut adalah langkah – langkah enkripsi melalui menu setting Android:

  1. Pastikan baterai Androidmu sudah penuh, tidak kurang dari 80%
  2. Masuklah ke menu setting, scroll sampai menemukan opsi keamanan
  3. Pilih menu keamanan, lalu pilih opsi enkripsi kartu SD
  4. Masukkan password Androidmu atau buatlah password baru jika kamu belum mempunyaimu. Proses enkripsi akan segera berlangsung
  5. Tunggu sampai proses enkripsi selesai. Proses ini berjalan sesuai dengan banyaknya data yang dienkripsi

Kunci File Menggunakan aplikasi File Locker

Kamu juga bisa mengenkripsi data menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah File Locker. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store.

Baca Juga : Aplikasi Kesehatan Android Terbaru 2020

File Locker memungkinkanmu untuk mengenkripsi data – data tertentu saja. Setelah itu, install aplikasi tersebut seperti langkah – langkah biasanya. Berikut adalah langkah – langkah mengenkripsi file menggunakan aplikasi File Locker:

  1. Buka aplikasi File Locker, lalu pilih opsi Let’s Start Hide
  2. Buatlah PIN yang terdiri dari 4 – 7 digit angka
  3. Masukkan emailmu yang aktif agar file bisa dikembalikan jika terhapus
  4. Pilih tombol + di bagian kanan atas untuk memasukkan file ke file rahasia di dalam aplikasi
  5. Pilih SD Card Storage dan carilah file penting yang ingin kamu enkripsi
  6. Klik setiap file yang ingin dienkripsi, lalu klik ikon gembok yang terdapat di bagian bawah layar, lalu pilih lock. Sekarang file tersebut sudah dienkripsi

Nah, begitulah cara mengenkripsi data di memori eksternal Android. Pastikan datamu aman dari sekarang guys. Selamat mencoba ya!

Salam teknologi

androidaplikasi android