Cara Praktis Menghilangkan Virus di Laptop tanpa Aplikasi

Semua perangkat yang terkoneksi dengan internet selalu mempunyai kemungkinan untuk dijangkit dengan yang namanya virus. Tentu saja laptop yang diserang oleh virus merupakan mimpi buruk bagi pemiliknya. Bagaimana tidak, hal tersebut bisa membuatmu kehilangan data – data penting serta sistem operasi yang kamu jalankan di dalamnya.

Semua perangkat yang terkoneksi dengan internet selalu mempunyai kemungkinan untuk dijangkit dengan yang namanya virus. Tentu saja laptop yang diserang oleh virus merupakan mimpi buruk bagi pemiliknya. Bagaimana tidak, hal tersebut bisa membuatmu kehilangan data – data penting serta sistem operasi yang kamu jalankan di dalamnya.

 Biasanya kebanyakan orang menggunakan software antivirus tertentu untuk membasmi virus tersebut. Cukup merepotkan, apalagi jika menggunakan software berbayar. Pasti sangat mengesalkan harus menambah pengeluaran lagi. Eits, ternyata kamu bisa menghilangkan virus tersebut tanpa menggunakan antivirus loh. Yuk simak cara berikut!

Membasmi virus menggunakan Command Prompt

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan virus tanpa antivirus di PC adalah menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkat – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Klik Start, lalu ketikkan cmd. Jangan langsung diklik, klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator. Setelah itu, jadi run as administrator.
  2. Ketikkan dir D: attrib –s –h /s /d untuk membersihkan disk D dan ubah menjadi huruf lainnya jika ingin mengganti drive yang akan kamu bersihkan. 
  3. Command promt aka mengeksplorasi drive yang kamu pilih dan emmuat semua file pada drive tersebut jika kamu sudah selesai melakukan langkah diatas.
  4. Carilah file dengan format yang tidak biasa, misalnya saja file dengan format .EXE. Hapus file yang sekiranya tidak pernah kamu install melalui command prompt tersebut.
  5. Kamu bisa search sendiri di Run dan menghapusnya secara manual jika tidak bisa dihapus dengan cara diatas. Kamu juga bisa menggunakan REGEDIT dengan cara memilih start-run-regedit-edit-find lalu masukkan nama file virus yang kamu temukan di command prompt. Kemudian hapus semua registry yang ada termasuk foldernya sekalipun. 

Nonaktifkan layanan yang mencurigakan melalui task manager

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat virus melalui task manager. Mungkin sedikit membingungkan, but here we go!

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka task manager dengan cara menekan CTRL+SHIFT+ESC. Jika ada layanan yang mencurigakan, matikan. Setelah itu, jalankan MSConfig. 
  2. Masuk ke system configuration, lalu masuklah ke opsi service. Sekarang kamu harus menghapus semua kolom cetang yang menurutmu mencurigakan. Coba ingat lagi apa saja yang sudah kamu install, sehingga kamu mengetahui apakah layanan ini berhubungan dengan yang kamu install atau tidak.
  3. Masuk ke Startup sehingga kamu akan melihat file mana yang menurutmu mencurigakan
  4. Buka command prompt, kemudian carilah nama file yang mencurigakan tersebut. Hapuslah file tersebut melalui CMD, sama seperti cara pertama. 

Nah, begitulah cara menghapus virus PC tanpa menggunakan antivirus guys. Tidak terlalu ribet untuk dilakukan. Semoga berguna yaa.

Baca Juga :

Salam teknologi! Lakukanlah tutorial diatas sesuai dengan virus dan spek PC ataupun Laptop kalian agar berjalan lancar tanpa ada crashing yang secara tiba – tiba. Lakukanlah sesuai dengan cara diatas dengan benar.

Cara membersihkan virus pada laptopCara menghilangkan virus dilaptopmenghilangkan virus pada laptop
Comments (0)
Add Comment