Tidak perlu diragukan lagi, bahwa MOBA memang merupakan genre game paling favorit saat ini. Sebut saja seperti kegagahan LoL dan DotA 2 di Eropa, serta Mobile Legends di Asia.
Hampir seluruh kompetitif eSports di berbagai penjuru dunia, menempatkan pijakannya terhadap game MOBA. Dari segi game sendiri, memang terdapat sebuah perbedaan yang cukup mencolok.
Dimana LoL dan DotA 2 di Eropa, merupakan game yang membutuhkan device dalam bentuk PC. Sedangkan Mobile Legends di Asia, adalah game mobile. Tidak hanya berhenti disitu, tampaknya juga terdapat perbedaan lain yang cukup signifikan dari dalam game itu sendiri.
Oleh karena itu, langsung saja simak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini!
Fitur MOBA
Secara garis besar, perbedaan paling signifikan yang tampak adalah fitur terhadap MOBA itu sendiri. Jika menelisik Mobile Legends khususnya, banyak berbagai fitur yang sebenarnya belum diterapkan di Land of Dawn.
Sedangkan disisi lain, LoL dan DotA 2 adalah contoh nyata dari kompleksitas dan variasi yang begitu besar dari sisi objektivitas sebuah MOBA. Memangnya apa saja sih fitur-fitur MOBA yang dimaksud tersebut?
Wards
Fitur wards bisa dibilang sebagai salah satu fitur yang populer bagi game bergenre MOBA. Dengan kata lain, bukan MOBA jika tidak ada Wards. Pasalnya, Wards sendiri berfungsi sebagai pembuka vision agar para pemain bisa memperoleh informasi mengenai kondisi map.
Seperti yang kita telah ketahui, bahwa MOBA memang identik dengan map yang terbagi kedalam 3 lane yang berbeda. Tentunya hal tersebut membuat keberadaan wards menjadi cukup penting.
Sebelumnya, Mobile Legends sempat menyediakan battle spell: scout yang sangat mirip dengan fitur wards. Namun, karena tampaknya pemain kesulitan dalam menggunakan scout, battle spell tersebut akhirnya dihapus karena dinilai tidak efisien.
Di Mobile Legends sendiri hingga saat ini, eksistensi Wards ditempati oleh trap. Dimana trap tidak seperti Wards yang dapat diperoleh melalui shop/item equipment, namun hanya beberapa hero dengan skill yang ‘istimewa’ saja yang memiliki trap.
Hero tersebut sebagai contoh adalah Selena serta Popol & Kupa.
Buff Permanen
Fitur selanjutnya yang belum diterapkan di Mobile Legends adalah Buff permanen. Hingga pada saat ini, Mobile Legends sendiri menerapkan Buff yang memiliki durasi. Buff di Mobile Legends juga terbagi menjadi purple buff dan orange buff.
Buff permanen sendiri dapat kalian temukan di LoL. Dimana dengan mengeliminasi sebuah monster bernama Dragon, kalian mendapatkan Buff permanen. Secara fungsional, Buff tersebut akan memberikan kalian tambahan physical dan magical lifesteal, movement speed, defense shield dan yang lainnya.
Creep Summon
Tentunya, jika fitur ini telah tersedia di Mobile Legends, akan menjadi dobrakan besar dan menghadirkan perubahan yang bersifat massive di Land of Dawn.
Creep summon sendiri merupakan creep yang dapat dikontrol oleh pemain yang berhasil mengeliminasi creep tersebut sebelumnya. Kemudian, pemain dapat memanggil kembali creep itu dan membantu tim kalian dalam melakukan push tower.
Dengan kehadiran fitur creep summon di Mobile Legends, pastinya akan membuat Land of Dawn semakin ramai pada setiap team fight-nya. Ditambah lagi, sisi objektivitas di dalam game juga menjadi semakin kompleks.
Last Hit
Fitur last hit sendiri merupakan fitur yang bisa dibilang ada, namun juga tidak ada di Mobile Legends. Dikarenakan, perbedaannya terletak pada perolehan gold. Pada LoL atau DotA 2, seorang pemain tidak akan memperoleh gold namun hanya exp jika gagal melakukan last hit pada creep.
Disisi lain, Mobile Legends memang telah mengadopsi konsep tersebut, namun tidak sepenuhnya. Di Land of Dawn, seorang pemain yang gagal melakukan last hit tetap memperoleh gold dan exp.
Namun, jika seorang pemain di Land of Dawn mampu melakukan last hit, perolehan gold yang didapatkannya akan sedikit lebih besar dibandingkan jika tidak melakukan last hit.
Posisi Jungle
Fitur yang terakhir adalah posisi jungle dari Mobile Legends. Di LoL maupun DotA 2, posisi jungle benar-benar memberikan efek yang besar pada map itu sendiri. Seperti istilah high ground yang juga telah populer di MLBB.
Penempatan posisi jungle di game lain selain MLBB, jelas lebih kompleks dan bahkan terdapat high ground dan low ground pada area jungle dan juga river. Sedangkan MLBB, hanya berada pada inhibitor turret.
Secara desain dan tampilan, LoL dan DotA 2 juga benar-benar memperlakukan high ground dan low ground secara harfiah. Tidak seperti inhibitor turret yang tampak ‘sejajar’ dengan inner turret, outer turret, dan bahkan river di Land of Dawn.
Itulah dia pembahasan mengenai beberapa fitur-fitur MOBA yang belum dapat kalian temukan di Mobile Legends. Bagaimana menurut kalian? Fitur manakah yang paling cocok untuk diadaptasi oleh Moonton pada patch-patch selanjutnya?
akun sultan ff disini