Sepertinya bagi para gamer PC, nama Valve bukanlah hal yang asing. Mengingat Valve sendiri adalah induk dari platform jual beli game Steam yang mendominasi penjualan game PC versi digital.

Selain itu, mereka juga membuat game sendiri yang tidak kalah menarik. Dari yang populer seperti seri Half-life dan Counter Strike: Global Offensive, hingga yang begitu dibenci yaitu Artifact. Bukan tanpa alasan game ini jatuh ke ranah tersebut, namun akhirnya Valve seakan lepas tangan dan mulai menggratiskan game tersebut.

Game Kartu Buatan Valve, Artifact, Kini Gratis

Sudah sekitar satu setengah tahun sejak Valve meluncurkan game kartu yaitu Artifact. Permainan digital collectible card ini awalnya diluncurkan dengan beberapa hal menarik, tetapi jumlah pemain turun drastis setelah mereka menemukan sistem pay-to-win dan tidak ada cara untuk mendapatkan kartu baru seiring permainan.

Dan itu masih sedikit dari masalah yang dimiliki Artifact. Menurut The Gamer, terdapat penggunaan mekanik yang membuat bingung dan kata kunci yang kurang dipahami, tetapi monetisasi yang benar-benar memengaruhi Artifact. Saat bulan Mei lalu, Valve membawa Artifact kembali ke serangkaian closed beta untuk melihat apa yang bisa mereka lakukan untuk memperbaikinya.

Berbagai perbaikan terus dilakukan oleh Valve, seperti balancing item game, area bermain, mekanisme inti, dan bahkan bertanya kepada pemain mode beta apa yang ingin mereka lihat dalam rilis akhirnya. Semua itu dilakukan agar Artifact menjadi lebih disukai oleh para pemainnya, setidaknya itu tujuan yang terlihat.

Namun ternyata itu tidak bertahan lama. Valve akhirnya mulai menyerah dan menghentikan pengembangan Artifact dan membatalkan rilis ulang versi 2.0-nya. Kabar baiknya adalah Valve sekarang membagikan Artifact secara gratis. Kalian dapat menggunakan Steam, mengunduh game, dan memainkannya dengan siapa pun dan kapan pun. Itu ada versi komplit tanpa embel-embel pembelian in-game lagi.

Tapi Valve punya masalah menarik karena secara teknis ada dua versi Artifact saat ini: versi dasar yang dibenci semua orang, dan Artifact 2.0 Beta yang memiliki beberapa perubahan bagus di dalamnya. Valve telah memberikan kedua versi game tersebut, dengan pemain dapat memilih versi mana yang ingin mereka mainkan di menu game.

Artifact 2.0 Beta telah berganti nama menjadi Artifact Foundry, dan berisi semua perbaikan dari pengujian beta. Semua art baru yang ada ditambahkan ke permainan juga, jadi ada beberapa tampilan kartu baru untuk dilihat.

Artifact lama sekarang disebut Artifact klasik, dan setiap orang sekarang memiliki setiap kartu yang bahkan bila kalian tidak pernah membayarnya. Adapun pemain yang telah membayar, akan mengubah semua kartu lama mereka menjadi versi Edisi Kolektor yang tidak dapat diperdagangkan atau diberikan.

Kalian bisa melakukan pencarian nama “Artifact” di Steam, atau bisa mengunjungi laman berikut. Jadi apakah kalian tertarik mencoba nya?

Related Post

Nantikan terus informasi terkini seputar dunia game, khususnya game e-sports, hanya di Esportsku!