Ini Alasan Kaja Mobile Legends Jarang Dimainkan Di MPL ID Season 6!

Menjadi hero counter yang sangat baik, Kaja banyak dimainkan oleh pro player ketika turnamen MPL Invitational dan juga MPL ID Season 5, namun tidak di MPL ID Season 6.

Mobile Legends Professional League Season 6 saat ini sudah bergulir pada pekan ketiganya. Namun sepanjang berlangsung MPL ID Season 6, salah satu hero sidelaner Kaja yang sebelumnya banyak dimainkan kini sangat sepi digunakan di MPL ID Season 6. Lalu apa alasannya?

Kaja sendiri merupakan hero fighter support di Mobile Legends yang sangat cocok dalam hal ganking lawan. Kemampuan hero satu ini memang sangat baik dalam melakukan hook, Kaja dapat menarik lawan dan memberikan serangan finishing oleh rekan setimnya.

Menjadi hero counter yang sangat baik, Kaja banyak dimainkan oleh pro player ketika turnamen MPL Invitational dan juga MPL ID Season 5, namun tidak di MPL ID Season 6.

Alasannya sendiri cukup beragam, mulai karena memang hero satu ini sangat menyebalkan dan sangat cocok untuk mengcounter lawan dengan baik, selain itu, kemampuan single targetnya sendiri sangat dibutuhkan ketika late game yang sangat cocok untuk menciduk Hyper Carry dalam suatu pertandingan.

Terlebih ketika awal perilisan hero satu ini, amat sangat berbahaya. Kombinasi skill dan menculik musuh menjadi hal yang ditakuti lawannya. Namun, kini hero satu ini kurang diminati bahkan sudah jarang muncul  di skema kompetitif.

Tentunya hal tersebut ada penyebabnya, kenapa hero satu ini yang dulunya support primadona di Land of Dawn kini kurang diminati. Khususnya pada turnamen MPL ID Season 6 Mobile Legends, Berikut kami rangkum beberapa penyebab yang membuatnya kurang diminati lagi.

Mendapatkan Nerf Yang Cukup Pedas

Kaja sendiri sudah dikonfirmasi mendapatkan nerf yang cukup pedas pada game Mobile Legends update patch sebelumnya, sehingga membuat Kaja cukup lesu dimainkan dan sudah tidak efektif lagi untuk meta hyper carry saat ini.

Kemampuan khusus kaja yang mana hanya dapat menarik lawan sepertinya tidak terlalu dibutuhkan lagi, dan tugas tersebut sudah digantikan perannya oleh hero lain di Mobile Legends, sebut saja hero Atlas yang saat ini menjadi meta terbaik di MPL ID Season 6 yang mana kemampuannya dapat menarik 5 hero sekaligus, hal ini berbeda dengan Kaja yang hanya satu hero saja.

Memiliki Damage Yang Terbilang Kecil

Seperti yang sebelumnya kami bahas, jika kaja memiliki damage yang besar khususnya di meta MPL ID Season 6 Namun, hero seperti Pharsa, Luo Yi dan selena akan lebih dipilih karena memiliki kegunaan yang bisa digunakan teamfight atau ganking selain damagenya.

Namun, kaja dianggap kurang unggul dan rumit belum lagi area serangan kecil damagenya setelah di nerf membuatnya ditinggalkan.

Meskipun begitu hero ini pernah digunakan sebagai support dan offlaner, tapi tidak efektif. Karena akan menguntungkan offlaner musuh yang memiliki darah dan DPS yang tebal dan akan melemahkan kaja.  

Skill Area Yang Sangat Terbatas

Sebagai seorang support di Mobile Legends harus bisa menemani hero carry sambil melakukan farming. Dan kaja kurang mampu disini, mengingat area serangnya memiliki batasan yang sempit. Kaja akan kalah telak jika melihat hero  meta saat ini. Karena mereka unggul dengan area yang luas dan mampu memberikan efek stun seperti Valir dan Luo Yi.

Tentunya para player lebih memilih Valir dan Luo Yi. Jarak serang yang dimiliki kaja pendek dan membuatnya sering kali offside dengan begitu akan mudah menculiknya.

Kemampuan Ciduk Yang Kini Digantikan Perannya Oleh Hero Lain

Kaja kalah pamor semejak hadirnya hero Marksman dan Assassin yg memiliki darah tipis dan begitu rentan. Dulunya, kaja mampu menerjang lawan dan menculik musuh dengan ulti miliknya, membuatnya sangat menakutkan.

Tapi hadirnya hero baru seperti Khufra, Luo Yi dan juga Atlas membuat posisinya tersingkirkan. Karena Baik Khufra maupun Luo Yi dan juga Atlas  bisa melakukan damage dan menculik musuh lebih banyak secara bersamaan sementara Kaja hanya single target.

Bukan Lagi Ancaman Untuk Hyper Carry

Battle spell Purify sering kali digunakan marksman / assassin. Pelepasan efek dari stun akan membantu menghindari ganking atau saat di incar musuh pada teamfight. Stun kaja memiliki durasi yang cepat, maka sulit bagi core untuk melepaskan ikatannya. Bukan sebuah ancaman besar bagi Ling dan Hayabusa jika menggunakan kaja. Karena durasi ultimate miliki kaha selesai mereka bisa kabur dan menghindari serangan tim dengan mudah. 

Mereka mampu memutuskan ikatan kaja dengan Purify. Meskipun kini ulti kaja sudah di buff menjadi suppressed namun efek purify tidak bisa di batalkan. Akan sangat sulit jika mengingat dua meta support menemani carry. Kaja bisa terciduk dan terbunuh sebelum menculik carry musuh.

BACA JUGA:

Kalah Jika One By One Dengan Hero Meta!

Meskipun begitu setiap hero di Mobile Legends memiliki kelebihannya sendiri, dan kaja terkenal dengan aksinya menculik hero lawan dengan cara yang mematikan. Namun, dengan hadirnya atlas semua terpatahkan karena kaja bisa terkunci oleh atlas.

Kaja juga memiliki counter yaitu Luo Yi dengan kombinasi yin yan miliknya dia bisa menahan kaja saat akan menarik lawan. Bahkan Kaja bisa terbuang sia sia. Karena resikonya yang sangat tinggi saat menggunakan kaja, banyak yang menghindari penggunaan hero tersebut.

Meskipun kaja dulunya sempat menjadi meta, kini dia bukanlah opsi utama sebagai support di dalam pertandingan, damage, jarak serang dan banyaknya counter jaha membuatnya dihindari dan kurang diminati player Mobile Legends.

Nah itulah Itulah beberapa hal yang membuat Kaja jarang dimainkan, khususnya pad turnamen MPL ID Season 6 yang mana saat ini akan memasuki pekan ketiga. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat khususnya bagi kalian yang merupakan pemain dari game Mobile Legends.

Padahal memiliki potensi yang tinggi jika dimainkan dengan benar, Kaja memang belum saja mendapatkan kesempatan yang baik. Memang Kaja dikenal sebagai niche pick sekarang dan membutuhkan strategi yang tepat agar kuat.

Jangan lupa untuk follow instagram resmi kami di Esportsku (@esports.ku) dan kunjungi terus website kami untuk mendapatkan informasi terbaru yang menarik lainnya. Sekian dan Terima Kasih!

kajamobile legends
Comments (0)
Add Comment