Sudah 4 Tahun, Apa Nintendo Switch Memenuhi Ekspektasi?

artikel ini akan mengangkat judul mengenai ‘Sudah 4 tahun, apa Nintendo Switch memenuhi ekspektasi?’. Berikut adalah tulisan mengenainya....

Nintendo Switch diumumkan kepada dunia dalam trailer spesial pada 20 Oktober 2016. Pada saat itu, konsol Nintendo Wii U sedang tertatih-tatih di pasar gaming, dan era handheld 3DS akan segera berakhir. Konsol terbaru Nintendo ini memiliki misi besar untuk membawa Nintendo dari keterpurukan. Maka dari itu artikel ini akan mengangkat judul mengenai ‘Sudah 4 tahun, apa Nintendo Switch memenuhi ekspektasi?’.

Sudah 4 Tahun, Apa Nintendo Switch Memenuhi Ekspektasi?

Sebelum Switch, Nintendo memiliki strategi untuk mengeluarkan konsol dan handheld dalam sistem yang berbeda. Pada saat pengumumannya melalui trailer, Nintendo Switch menghadirkan sistem hybrid yang merupakan konsol sekaligus handheld. Dalam trailer yang ditampilkan, terlihat bahwa pemainnya dapat bermain Zelda menggunakan TV dirumah, lalu membawa anjing berjalan-jalan diluar sambil melanjutkan bermain game. Ide ini adalah lebih dari cukup bagi Nintendo untuk menarik perhatian dunia.

Menariknya, reveal dari Nintendo Switch merupakan antitesis dari marketing saat reveal Wii U. Pada saat Wii U di reveal kedunia, banyak yang bingung apakah sistem ini adalah konsol, handheld, atau kontrolernya hanya add-on dari sistem. Kontroler Wii U banyak orang bertanya apa sebetulnya sistem ini, sedangkan pada Nintendo Switch pesan tersampaikan dengan baik bahwa Nintendo memberikan sistem hybrid.

Youtube/Nintendo

Hardware

Pada reveal-nya, banyak yang skeptis dari hardware yang ada di Switch. Bermain Skyrim di handheld? Saat itu banyak orang masih bilang itu adalah hal yang mustahil. Namun demikian, Nintendo berhasil membuktikan bahwa dengan spesifikasi yang ada, dapat mengoptimalkan kinerja game. Launch titles seperti Zelda Breath of The Wild sampai saat ini masih merupakan game paling indah dari sisi grafis yang banyak orang tidak habis pikir.

Software dan Launch Titles

Apa kamu ingin bermain multiplayer pada satu sistem lagi? Memang dengan perkembangan game sekarang, multiplayer online lebih mainstream. Namun demikian, Switch sepertinya ingin menggunakan pendekatan lain. Launch Titles seperti Shovel Knight and World of Goo, Skylanders, Just Dance 2017 membawa kembali pemain untuk bermain multiplayer seperti dulu. Bahkan terdapat game Nintendo Switch yang memang didedikasikan untuk multiplayer klasik seperti Super Bomberman R dan Snipperclips.

The Legend of Zelda: Breath of the Wild merupakan salah satu game paling laris untuk Switch, bahkan salah satu game terbaik sepanjang masa. Walau aslinya merupakan game hasil porting dari Wii U, Breath of The Wild sukses besar di Switch bahkan menjadi salah satu signature game untuk konsol dan handheld ini. Pada tahun-tahun berikutnya, banyak game hits lain yang muncul di Switch seperti Super Mario Kart 8 Deluxe, Fire Emblem Three Kingdoms, Animal Crossing, dan masih banyak lagi.

Nintendo Switch di 2020

Sejak perilisannya Nintendo Switch masih menjadi konsol paling laris di pasaran. Di Amerika Serikat, Switch merupakan konsol dengan penjualan tertinggi selama 24 bulan berturut-turut. Padahal pada November lalu, PS5 dan Xbox Series X telah rilis namun Switch masih merajai pasar.

Kesuksesan Switch di 2020 salah satunya berkat gamenya seperti Animal Crossing, Super Smash Bros. Bahkan kesuksesannya di tahun ini juga dapat diperdebatkan karena COVID-19 yang memaksa orang-orang untuk dirumah saja.

Secara umum, setelah 4 tahun Nintendo Switch berhasil memenuhi ekspektasi bahkan melebihinya. Walau tidak memiliki hardware setinggi kompetitornya, Switch menggunakan pendekatan lain yang dapat mengoptimalkan desain konsol, optimalisasi hardware, dan kesenangan bermain. Tentunya kejutan-kejutan Switch yang akan datang sangat dinantikan gamer seluruh dunia.

nintendo switch
Comments (0)
Add Comment