Industri game tahun 2020 sebenarnya nggak jelek-jelek amat. Beberapa rilisan konsol dan game adalah penawar dari jenuhnya kebosanan program di rumah aja. Rilis PS5 jadi rilisan konsol game paling pamungkas dan paling dinanti di tahun ini.

Sayangnya, drama penantian rilisan ini sedikit dikecewakan dengan pernyataan Sony Interactive Entertaiment tentang rilis PS5. Sony menyatakan bahwa penjualan pertama PS5 hanya 5-6 juta unit untuk seluruh dunia. Drama makin menjadi-jadi.

Dikutip dari media ternama Bloomberg (16/04/2020), Sony menyatakan waktu rilis PS5 akan tetap sesuai rencana, yaitu saat musim libur 2020. Cuma sayangnya, jumla produksi dan penjualan akan sengaja dikurangi secara drastis.

Padahal kalau dibandingkan dengan rilisan PS4 pas tahun 2013 saja, Sony berhasil menjual 7,5 juta PS4 hanya dalam waktu 6 bulan. Beda jauh kan jumlahnya.

Rumor Yang Ada Saat Ini

Rumor yang beredar, kenyataan pahit ini nggak bisa dilepaskan dari kasus pandemi Covid-19. Sony merasakan betul produksi mereka yang terbatas karena kebijakan social distancing di pabrik mereka di Cina. Selain itu, Sony sudah menghitung akan ada penurunan daya beli di masyarakat.

Karena itu, selain kebijakan menurunkan jumlah penjualan, Sony juga menurunkan harga PS5 yang akan dijual. Mengutip Bloomberg, perkiraan nilai produksi satu konsol PS5 ada di kisaran 300-400 dolar Amerika. Dengan asumsi ongkos produksi segitu, perkiraan harga konsol PS5 adalah 499-600 dolar Amerika.

Harga Jual Yang Belum Di Pastikan

Tapi harga produksi ini masih berdasarkan perkiraan yang diambil dari harga jual berbagai komponen elektronik di pasaran. Sedang harga jual itu adalah perkiraan dari Sony. Masih belum pasti, nih. Tapi dengan asumsi begitu, harga PS5 di Indonesia bisa diperkirakan di harga 5-7 juta rupiah.

Drama menjelang rilis ini sebenarnya bisa dimaklumi kalau kamu melihat teknologi yang ada di PS5. Teknologi pertama ada di controller-nya yang bernama Dual Sense. Controller ini punya tampilan fisik yang gemuk. Katanya sih ada banyak teknologi yang oke banget di sini.

Teknologi kedua ada di dapur grafisnya. PS5 bakal dibekali GPU AMD 36 CU (Compute Unit) dengan daya komputasi 10,28 Teraflops. PS5 juga mendukung tampilan resolusi 8K. Manteb kan visualnya?!

Itu masih dua teknologi yang ada di PS5. Sedangkan Sony menjanjikan akan ada banyak teknologi lain yang bikin PS5 jadi konsol game terbaik tahun ini. Jadi ya emang udah wajib hukumnya nunggu rilisan PS5 di tahun ini.

Eits, drama belum selesai. Di ujung tahun ini, rilisan Xbox series X dari Microsoft siap menjegal PS5. Konsol ini bisa datang dengan kejutan-kejutan teknologi keren dan berbahaya.

Related Post

Makanya itu, siap-siapin duit, deh. Karena akhir tahun ini bakal jadi boros banget. PS5 dan Xbox siap menggoda iman.