PS5 vs Xbox Series X: Siapa Yang Mendominasi Pasar Global Di 2020?

sebuah laporan baru telah mengungkapkan konsol next-gen yang mendominasi penjualan konsol global antara PS5 dan Xbox Series X

Tahun 2020 ini menjadi sebuah ‘perang dingin’ yang kembali lagi terulang sejak 7-10 tahun lalu, bagi para produsen konsol. Walaupun ini tidak seperti dalam bayangan kalian mendengar kata perang, namun tidak bisa dipungkiri lagi bahwa eksistensi perusahaan besar Sony dan Microsoft dalam hal penciptaan konsol membuat sebuah persaingan yang besar dan berusaha unggul lebih baik. Dan ini terjadi pula di tahun 2020 dengan peluncuran konsol generasi baru, tetapi mereka kini memiliki cara tersendiri. Sekarang, sebuah laporan baru telah mengungkapkan siapa yang mendominasi penjualan konsol global di antara PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X, dengan satu pemenang yang jelas.

by Wired.co.uk

PS5 vs Xbox Series X: Siapa Yang Mendominasi Pasar Global Di 2020?

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Gaming Smart, PlayStation 5 milik Sony mengambil mahkota penjualan global. Data menunjukkan bahwa PS5 menguasai 65,05% pangsa pasar global dibandingkan dengan 34,94% Xbox Series X.

by Gamingsmart.com

Bila PS5 mendominasi penjualan global, Xbox Series X memimpin di pasar di AS. Ini mungkin menjadi sedikit kejutan bagi pasar konsol global, dimana penjualan konsol Microsoft ini di Amerika Serikat dan Meksiko lebih unggul. AS jelas merupakan pasar paling penting dan menguntungkan bagi kedua raksasa konsol tersebut. Tampaknya Microsoft telah mengambil posisi terdepan dalam hal penjualan, sesuatu yang tidak dinikmati selama era Xbox One.

Adapun terdapat data lain yang menunjukkan kalau PS5 menjual sekitar 4,48 juta konsol dibandingkan dengan 2,4 juta Seri X. Jelas, Sony berhasil mendominasi pasar global dengan margin yang cukup besar. Namun, data di sini agak sedikit kurang akurat mengingat PS5 juga menyebutkan bahwa telah terjual lebih banyak unit di India. Padahal, PS5 atau Seri X belum resmi diluncurkan di negara tersebut. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan mengenai faktor kepercayaan dari data yang dilampirkan ini dan apakah sudah cukup akurat sesuai dengan kondisi sebenarnya.

by Gamingsmart.com

Mungkin sulit untuk mendapatkan angka penjualan yang tepat kecuali kita dapat mendengar langsung dari salah satu produsen secara resmi. Namun, jelas bahwa PS5 melakukan apa disebutkan oleh Essentiallysports dengan strategi yang sama dilakukan PS4. Jelas sekali, strategi Sony dalam menyediakan produk eksklusif yang bagus sekali lagi berhasil. Microsoft jelas gagal dalam aspek tersebut saat peluncuran, yang merupakan salah satu faktor penyebab penjualan Seri X yang buruk.

Namun, hal-hal seperti ini dapat berubah untuk Microsoft karena kebanyakan judul eksklusif diumumkan untuk Seri X. Selain itu, layanan xCloud dan Game Pass juga sedang naik daun yang pasti akan mengubah gerak industri game berubah ke arah yang menguntungkan Microsoft.

2021 akan menjadi tahun yang menarik untuk dilihat bagaimana Sony menyusun rencana untuk mengatasi gerombolan peluncuran game Xbox Exclusive dan bagaimana Seri X akan meningkatkan pangsa pasarnya di negara lain.

Nantikan terus informasi terkini seputar dunia game, khususnya game e-sports, hanya di Esportsku!

ps5Xbox series X
Comments (0)
Add Comment