Ternyata PUBG Mobile Battle Royale Lebih Buruk dari Free Fire?

Disini kami akan menjelaskan mengenai PUBG dan apakah dapat dibilang bahwa game ini "gagal"? Secara kasar mungkin tidak karena jumlah pemain yang tinggi, tetapi hal ini bukanlah sebuah faktor utama karena walau memiliki playerbase yang tinggi, bukan berarti game ini buruk.

PUBG adalah game battle royale yang dapat dibilang paling populer didunia. PUBG sendiri aslinya merupakan sebuah port dari game aslinya PUBG dari PC. Game ini dibuat oleh PUBG Corp yang mana menuai kesuksesan yang sangat masif di skena PC sendiri. Alasan utama PUBG melebarkan sayap mereka ke device smartphone adalah satu. uang. Dapat dibilang para pemain game di smartphone banyak sekai mengeluarkan uang, terutama di region Asia dimana game smartphone sangatlah populer. Kali ini kami akan bandingkan PUBG mobile dengan battle royale lainnya, apakah ia lebih buruk dengan free fire?.

Seperti yang kita ketahui, PUBG Mobile tidak bisa dibilang mendominasi sendiri skena game battle royale di smartphone. Bersaing sangat ketat dengan game battle royale lainnya seperti Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Knives Out tentunya membuat PUBG semakin garang dalam melakukan ekspansi dan update terus menerus.

Tetapi walau game ini sangat populer dan dapat dibilang sebagai pilihan terbaik dalam battle royale, game ini tidak luput dari banyak kesalahan. Bahkan dapat dibilang bahwa game ini sangat tidak stabil untuk dimainkan dengan optmisasi yang sangat buruk.

Disini kami akan menjelaskan mengenai PUBG dan apakah dapat dibilang bahwa game ini “gagal”? Secara kasar mungkin tidak karena jumlah pemain yang tinggi, tetapi hal ini bukanlah sebuah faktor utama karena walau memiliki playerbase yang tinggi, bukan berarti game ini buruk.

PUBG MOBILE

PUBG Mobile adalah game besutan dari Pubg Corp yang di publish oleh Tencent. Game ini mengusung genre battle royale. Daya tarik utama dari game ini mungkin adalah sistem realisme nya yang cukup baik. Dengan sistem bullet drop, velocity, dan juga tema aksesoris yang tidak begitu norak menjadi daya tarik utama para pemain PUBG.

Game ini pertama kali rilis pada tahun 2018 dan juga langsung mendominasi game genre battle royale. Dengan pemain yang sangat loyal dan juga cukup banyak, tentunya PUBG adalah game yang sangat populer. Menariknya adalah PUBG tidak rilis secara resmi di Cina karena beberapa alasan. Di Cina, PUBG dinamakan Game of Peace yang mana harus mengikuti regulasi Cina seperti tidak ada darah dan juga pesan moril yang dipaksakan. Lucunya PUBG di Cina yang bernama Game of Peace terlihat sangat memaksakan nasionalisme dan membuat game ini layaknya propaganda militer untuk rakyat Cina.

Di Cina sendiri, Game of Peace adalah game yang sangat populer, kedua terpopuler di Cina dibawah Honor of Kings atau Arena of Valor untuk Cina. Dengan pemain lebih dari 100 juta pemain, bahkan game ini mencetak rekor ketika tahun baru Cina 2020 ketika Game of Peace dan Honor Of King dimainkan lebih dari ratusan juta pemain bermain secara bersamaan dan membuat server Tencent sampai mati karena tidak kuat menampung banyaknya pemain.

Tetapi game ini masih memiliki banyak sekali kekurangan dan bahkan cukup fatal. Walau populer, PUBG Mobile merupakan game yang jauh dari kata sempurna. Banyak sekali bug fatal dan juga optimisasi yang sangat buruk membuat game ini bahkan bisa dikatakan tidak layak dimainkan. frame drop yang tidak jelas, overheat, crash, dan server yang tidak stabil menjadi alasan utama.

OPTIMISASI YANG SANGAT BURUK

Game PUBG Mobile walau sebuah game yang sangat populer di dunia, tetapi game ini sangat lah buruk dalam segi optimisasi. Bahkan walaupun kalian menggunakan device yang memiliki spek tinggi, lag dan frame drop tidak akan lepas dari pengalaman bermain kalian. Dengan optimisasi yang buruk, jika spek tinggi saja kesulitan apalagi spek yang pas-pasan.

Selain optimisasi game yang sangat buruk, game ini juga memiliki sistem kompresi yang tidak baik. Bahkan game ini terbilang terlalu besar untuk sebuah game smartphone. Bahkan PUBG Mobile yang memiliki size tinggi dan menelan storage hape kalian. Jika kalian bandingkan dengan game battle royale free fire. Maka PUBG Mobile dapat terbilang sebagai game yang paling tinggi dalam memakan storage smartphone kalian.

Hal ini sebenarnya tidak bisa disalahkan dari segi kompresi dan optimisasi file saja, kemungkinan besar karena grafik ultra milik PUBG Mobile juga menjadi alasan dan pelaku game ini sangat berat, tidak konsisten, dan cukup besar.

BUG YANG KETERLALUAN

PUBG Mobile adalah sebuah anomali dalam game yang sebenarnya dibuat dengan game engin Unreal Engine 4. UE4 adalah engine yang terbilang sangat ringan dan juga mudah digunakan, engine besutan Epic Games ini juga menjadi dasar game Fortnite yang juga menggunakan UE4. Lucunya walau PUBG Mobile menggunakan UE4 juga, game ini sangat berat dan juga banyak sekali bug yang membuat frustasi banyak pemain.

Jika kalian pikir bahwa masalah ini hanya muncul dalam versi mobile PUBG saja, jangan salah karena versi PC game ini juga tidak kalah rusaknya. PUBG yang merupakan game sudah terkenal atas inkonsistensi nya ini memang sangat aneh, walaupun menggunakan engine yang baik, game ini tidak begitu berjalan mulus baik di smartphone ataupun PC.

Oleh sebab itu banyak sekali bug yang bermunculan seperti kendaraan atau senjata yang tidak ada suara, karakter yang bisa jatuh out of bound dan mati begitu saja, mobil yang sudah berhenti tetapi game kira masih jalan jadi saat kalian turun kalian akan mati, dan masih banyak lagi. Sulit memang melakukan bug fix jika coding nya sudah salah dan berbelit.

SENSE OF COMPLETION YANG CUKUP BURUK

Walaupun PUBG Mobile memang tidak memiliki skin yang menambah stat atau mempengaruhi permainan kalian seperti free fire. Akan tetapi jangan salah karena malah game yang seperti ini yang akan menyerap uang dari kantong kalian. PUBG seringkali mengadakan event dan item limited dan eksklusif yang mana akan memaksa kalian untuk mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan item ini. Buruknya adalah jika kalian melewati item kesukaan kalian, seringkali item ini akan hilang selamanya dari peradaban. Kecuali ada event rerun ataupun item yang masuk kedalam pool fragment, kalian tidak akan melihat item tersebut lagi.

Dengan item-item eksklusif yang sulit sekali didapatkan ini tentunya kalian harus berhati-hati ketika bermain agar uang kalian tidak sembarangan digunakan. Memang walaupun tidak begitu berpengaruh kepada gameplay, tetapi hal ini sangat disayangkan.

Tetapi game ini tidak selalu buruk karena PUBG Mobile dan Tencent juga rajin mengadakan event, gratisan, ataupun skena pro yang sangat diurus.

PRO SCENE YANG MASIH SEHAT

Walaupun skena pro dari game PUBG PC sudah terbilang mati, setidaknya PUBG Mobile masih cukup ramai walaupun tidak begitu di region EU dan NA. Game ini di Asia khususnya masih sangat ramai skena pro nya yang mana cukup sehat dan masih sangat baik. Walaupun tidak sebesar dan semegah event-event esports game besar lainnya, tetapi setidaknya skena lokal masih aktif berjalan.

BALANCING YANG RUTIN

PUBG Mobile juga masih sering aktif dalam melakukan balancing senjata. Hal ini cukup diapresiasi karena dulunya pemain hanya menggunakan senjata yang itu-itu saja. Bahkan dengan limiter senjata dari map yang berbeda hal ini menjadi tanda yang baik. Di setiap map di PUBG Mobile, senjata yang bisa kalian temukan akan berbeda-beda. Hal ini sangat baik bagi para pemain yang tidak ingin bosan.

Baca juga:

Itulah penjelasan mengenai PUBG Mobile yang banyak orang katakan cukup buruk dibandingkan dengan free fire. Walau begitu masih banyak sisi positif dari game yang dari pihak dev yang cukup aktif dalam update. Walau begitu masih banyak bug fatal dan juga skin-skin yang seringkali eksklusif dan membuat para pemain frustasi.

Jika developernya memperbaiki dari jenis event yang mana bisa membuatnya didapatkan berkali-kali dalam tahapan yang wajar, maka kemungkinan akan banyak skin dan juga pemain yang suka. Pemain PUBG mobile sendiri seperti dipaksa untuk membeli skin ekslusif yang seringkali membuat pemain harus merogoh kocek dengan cara apapun yang bisa menimbulkan hal negatif nantinya di dunia nyata. Dengan perubahan sistem kecil ini, pemain PUBG Mobile sedikit lega jika ada skin favoritnya yang bisa didapatkan pada lain waktu.

Optimasi juga diperlukan untuk memperluas pasar PUBG Mobile yang terkesan terlalu memanjakan pemain-pemain dengan spesifikasi smartphone tinggi. Membuatnya kehilangan pasar yang luas. Jika optimasi baik kemungkinan PUBG Mobile akan jauh lebih baik lagi nantinya.

PUBGPUBG MOBILE
Comments (0)
Add Comment