Kalian yang mengikuti perkembangan konsol Nintendo Switch setidaknya pernah mendengar rumor kalau Nintendo hendak merilis versi baru Switch, yang mungkin membawa embel-embel nama Pro. Versi Pro ini akan menemani versi standar dan Lite dengan performa yang lebih kuat, hingga mampu mencapai resolusi 4K. Namun apakah benar begitu?

Rumor Nin. Switch Baru: Versi Pro Dengan Layar OLED & 4K?

by Collider

Pembahasan topik ini berangkat dari sebuah laporan dari Bloomberg. Mereka menunjukkan bahwa Nintendo memiliki rencana untuk mengumumkan konsol Switch baru akhir tahun ini. Edisi baru ini akan menampilkan layar OLED 7 inci 720p, tetapi apakah jika dipasangkan dengan TV? Ini diduga akan menampilkan hingga resolusi 4K ultra-high-definition.

Untuk konteksnya, model Switch yang ada sedikit lebih kecil dalam perangkat genggam, dengan aslinya berukuran 6,2 inci sedangkan Lite berukuran 5,5 inci. Meskipun demikian, resolusi 4K untuk televisi akan menjadi peningkatan yang akan menempatkan Switch pada level yang sama dengan konsol generasi berikutnya.

Mereka orang-orang yang dekat dari rencana Nintendo mengatakan kepada Bloomberg bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan permintaan Switch pada saat liburan, yang disebabkan oleh pandemi yang menyebabkan ledakan penjualan seperti Animal Crossing dan Mario Kart. Switch juga telah mencapai ulang tahun keempatnya bersamaan dengan peluncuran judul Breath of the Wild, jadi adanya upgrade menjadi lebih realistis untuk dilakukan.

Meski begitu, tidak banyak yang bisa dikatakan mengenai layar konsol yang lebih besar dan mode dock dengan resolusi yang lebih tinggi. Mungkin ini prediksi saja, mengingat kalau dukungan 4K dilaporkan hadir di Switch bila ditempatkan ke dock nya, Nintendo dapat berencana untuk meningkatkan kekuatan hardware nya, agar dapat memanfaatkan keunggulan 4K dengan cukup maksimal.

Namun, seperti yang ditunjukkan Bloomberg, pemilihan resolusi dari 720p ke 4K adalah lompatan besar, dan dari pihak developer sudah memiliki masalah dalam membuat game berfungsi untuk versi genggam dan dock. Meningkatkan lompatan ini dapat memperparah masalah di port, dengan banyak pengembang sudah memilih untuk tidak membawa game ke Switch, baik itu Activision dengan Call of Duty atau IO Interactive dengan Hitman yang malah memanfaatkan layanan cloud Nintendo.

Baca juga Resmi Dirilis, Nintendo Switch Edisi Monster Hunter Rise

Terlepas dari masalah yang mungkin dihadapi pengembang, kesepakatan ini akan bermanfaat bagi Samsung dan Nintendo. Seperti yang disampaikan oleh The Gamer, itu dikarenakan harga pasar untuk panel OLED ini telah turun, dan Nintendo dapat membentuk mitra lain dalam industri teknologi setelah sukses dengan Nvidia. Mungkin, dengan menggunakan kombinasi teknologi baru Nvidia dan Samsung, impian dari Switch Pro bisa menjadi kenyataan.

Nantikan terus informasi terkini seputar dunia game, khususnya game e-sports, hanya di Esportsku!

Related Post