Xiaomi, merupakan salah satu merek smartphone yang saat ini memang memiliki pasar sendiri. Memiliki kelebihan harga yang murah namun spesifikasi tetap jempolan, tidak heran bahwa Xiaomi mampu bersaing dan kerap dibandingkan dengan merek smartphone lainnya.

Sebagai smartphone yang memiliki OS Android, tentu saja keberadaan Play Store sangatlah penting. Menyediakan berbagai aplikasi yang bisa diunduh secara mudah dan aman, keberadaan Play Store juga membuat aplikasi kalian juga semakin apik tertata.

Tetapi, terkadang Play Store juga bukanlah tanpa masalah. Salah satu yang sering pengguna Play Store dan Xiaomi temukan adalah Play Store gagal melakukan update pada aplikasi. Hal tersebut bahkan tak jarang terjadi walaupun sambungan internet pengguna lancar.

Lalu, bagaimana caranya mengatasinya? Berbagai tips serta solusi berikut mungkin bisa kalian coba agar Play Store mampu melakukan update ke aplikasi yang kalian hendaki.

Restart Smartphone

Tidak bisa dipungkiri, restart smartphone merupakan salah satu solusi mutakhir yang bisa digunakan pada berbagai masalah yang ada termasuk ketika kalian gagal update di Play Store. Walaupun memang ini merupakan langkah yang tidak pasti, tetapi pastinya hal ini tetap patut dicoba.

Nyala-Matikan Mode Pesawat

Jika kalian merasa terlalu lama untuk melakukan restart smartphone, langkah alternatif yang bisa kalian coba adalah dengan cara menyalakan kemudian mematikan mode pesawat pada smartphone. Sama seperti melakukan restart smartphone, langkah ini juga merupakan sebuah tindakan untung-untungan.

Coba Koneksi Internet Lain

Jika 2 langkah di atas kalian masih beruntung, cobalah untuk mengganti koneksi internet yang terhubung pada smartphone kalian. Ambil contoh, jika saat ini kalian menggunakan internet pada kartu seluler, cobalah berganti ke kartu seluler lain ataupun berpindah ke koneksi wifi karena cara ini terbilang cukup sukses.

Hapus Cache Data yang Ada Pada Play Store

Apabila ketiga cara ataupun langkah sebelumnya masih belum berhasil untuk membuat Play Store dapat melakukan update, cara ini juga dijamin mampu membuat menyelesaikan masalah ini. Untuk cara menghapusnya kalian bisa dengan cara:

  • Masuk ke Pengaturan
  • Masuk ke Aplikasi Terinstall
  • Cari Google Play Store
  • Pilihlah opsi Hapus Data

Selain itu, kalian juga harus melakukan langkah yang sama pada Google Play Service for Instant agar efeknya terasa.

Login Ulang Akun Play Store

Login ulang akun Play Store juga menjadi salah satu cara manjur terakhir yang patut kalian coba agar Play Store dapat melakukan update. Langkah ini juga cukup sederhana. Kalian tinggal perlu melakukan logout kemudian masuk lagi.

Related Post

Sederet langkah tersebut tentunya tidak semua bisa langsung berhasil pada smartphone Xiaomi kalian. Bisa jadi kalian pada solusi pertama sudah bisa melakukan update. Tetapi ada saja yang hingga solusi kelima akhirnya bisa.

This post was last modified on 14 Juli 2020 3:23 pm