Apa Itu Esports?

apakah kalian benar-benar mengetahui tentang apa itu esports?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Mungkin dalam lima tahun kebelakang ini, kalian sering sekali mendengar tentang eSports. Fenomena ini terus berkembang dari tahun-ke tahun. Para penikmatnya pun terus bertambah. Esports kini menjadi bagian dari Dunia itu sendiri. Sejatinya, sudah lama dikenalkan hanya saja istilah ini baru booming beberapa dekade akhir ini. Kalau kalian adalah pemain game sejak lama kalian pasti mengetahui segala hal tentang Esports. Namun, apakah kalian benar-benar mengetahui tentang apa itu esports?

Apa Itu Esports?

Esports sendiri juga sukar dimengerti untuk orang awam, kadang mereka menilai apakah ini benar-benar sebuah olahraga?. Karena eSports sendiri tidak persis dengan olahraga yang seperti biasanya dengan persaingan skala global yang dimana olahraga pada umumnya mempunyai kejuaran internasional seperti Olimpiade Dunia. Nah, Jika kalian ingin memahaminya atau hanya ingin mendapatkan ide yang lebih baik tentang eSports. Kami akan menjelaskannya supaya kalian memahami tentang hal ini.

Apa Itu ESPORTS?

Esports sendiri merupakan kepanjangan dari Electronic Sports. Dalam bahasa indonesia kalian bisa mengartikannya dengan olahraga elektronik. Esports pada sekarang ini mengacu pada sebuah video game dan para penggemarnya yang dikelola secara profesional. Didalamnya terdapat para pemain yang dibayar layaknya atlet, jutaan penggemar yang setia, pertandingan didalam arena yang besar, sponsor yang mendukungnya dan tentunya, hadiah turnamen dengan jutaan dollar bagi para pemenangnya.

apa itu esports?

Esports telah menjadi industri dengan nilai yang sangat fantastis selama beberapa tahun terakhir ini dan juga menjangkau penggemar diseluruh dunia dari berbagai kalangan. Dengan jutaan penggemar dan dukungan setianya, esports tumbuh dan berkembang terus sampai sekarang ini.

Meskipun cara bermainnya berbeda dengan olahraga tradisional. Akan tetapi, fungsi esports sendiri dengan olahraga tradisional mempunyai banyak kemiripan. Mulai dari persaingan secara kompetitif, penyelenggaraan yang besar, Memiliki strategi yang kompleks untuk menjadi pemenang, dan tentunya mempunyai banyak penggemarnya.

Apa itu eSports? Ialah Olahraga Yang Kompetitif!

Esports merujuk pada dunia video game yang kompetitif. Sama seperti halnya dengan olahraga tradisional, juga mempunyai persaingan dan juga peraturan yang ada didalamnya.

Bisa dibilang, setiap permainan yang ada sebagai olahraga itu sendiri, artinya pada pertandingan memiliki aturan, tujuan, pemain, dan strategi yang diperlukan untuk memenangkan pertandingan itu. Para pengembang game biasanya bekerja untuk meningkatkan gameplay maupun acara-acara besar dari  game-nya dengan melakukan patch dan mengundang pihak sponsor untuk meramainkan turnamen-turnamen yang ada. Selain itu, para pemain bergabung dalam tim  secara resmi dipekerjakan yang menerima upah yang sesuai dengan kemampuan mereka.

apa itu esports?

Sebagian besar aspek memang seperti olahraga tradisional pada umumnya, seperti: menggunakan sistem format turnamen yang kompleks, kontrak pemain yang ada didalamnya, dan peraturan yang mirip dengan olahraga pada umumnya.

Esports Teroganisir Dan Menghibur!

Jika kalian lihat dengan olahraga tradisional, kalian akan melihat dimana jutaan penggemarnya menonton di saluran kesayangan mereka. Hal ini tidak berbeda dengan saat ini ditayangkan layanan streaming terkenal seperti youtube dan juga twitch.  Para pemain dan timnya pun juga mempunyai aturan-aturan sendiri dan di kelola secara profesional.  seperti jadwal rutin olahraga, jadwal rutin latihan, serta fasilitas yang memadai. Hal tersebut untuk menajamkan cara berfikir dan menyelesaikan masalah yang terjadi untuk pertandingan di turnamen-turnamen.

Selain itu, untuk turnamennya, banyak sekali yang sudah teroganisir dan menerapkan standar turnamen masing-masing. Kami ambil contoh dengan DOTA 2 dimana mereka mempunyai event esports terbesar saat ini yang pada tahun ini mencapai $30 juta untuk hadiah utamanya. Pada game ini, pembagian turnamen memiliki kualifikasi yang ketat dan tersebar diseluruh penjuru dunia.

apa itu esports?

Untuk bisa ke acara utama pada turnamen ini para tim harus bisa mendapatkan poin DPC yang sangat banyak dengan cara memenangkan rangkaian turnamen major dan minor di dota pro circuit. Selanjutnya, untuk tim yang tidak bisa mencapai peringkat 12 DPC, maka bisa mengikuti Regional Qualifier dimana hanya akan ada satu tim yang sebagai pemenang dan berhak melaju ke acara utama The International.

Dari segi profesional dan kompetitif, menurut kami, sudah layak di akui untuk bisa di kompetisikan dalam sebuah cabang olahraga internasional yang diakui dunia.

Apakah kamu tetarik dengan esports?

Jika kalian tertarik dengan hal ini, kalian harus bersungguh-sungguh, karena satu-satunya rute tercepat untuk mencapai tingkat tertinggi adalah memenangkan setiap pertandingan dan menjadi seorang yang berada di papan atas leaderboard di game itu.

Kalian harus membangun reputasi dengan cara memenangkan tiap-tiap turnamen yang ada, meskipun acara itu tidak terlalu terkenal tapi akan membuat kalian semakin terasah kemampuan kalian. Semakin banyak turnamen yang kalian ikuti semakin tajam juga kemampuan kalian. Jika kalian terus menerus memenangkan tiap turnamen, kalian juga membangun reputasi kalian sedikit demi sedikit. Ketika sudah terkenal dan tajam kemampuan kalian, cobalah mendaftar pada turnamen yang lebih besar lagi untuk mendapatkan reputasi yang lebih!.

apa itu esports?

Kami ambil contoh salah satu tim yang terkenal dari Indonesia, dan satu contoh pemain yang sangat fenomenal dari Indonesia. Sebut saja, Boom ID dan IYD. Mereka adalah contoh yang bagus untuk memotivasi pemain-pemain yang ingin serius terjun pada Dunia esports ini. Boom ID selaku tim, memulai perjuangan mereka dari bawah dengan menjuarai tiap-tiap turnamen lokal yang ada di Indonesia. Namanya terangkat hingga penjuru Indonesia, pernah mengikuti turnamen Minor Dota 2. Lalu, diundang dalam kualifikasi dalam SEA Qualifier The international 2019.

Sedangkan, IYD merupakan salah satu pemain yang menjadi MMR tertinggi pada Server SEA di DOTA 2. Artinya, Kemampuan individu dari IYD merupakan yang terbaik diantara pemain yang ada di SEA. Kini ia bermain untuk Evos  Dota 2.


Jadi, gimana kalian sudah paham tentang apa itu esports?, kalau masih belum paham bagaimana kalian langsung terjun kedalam dunianya! Selamat bermain!

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!