Cara Menggunakan VPN di PC dan Smartphone tanpa Aplikasi

Sekarang ini ada banyak sekali situs yang diblokir oleh pemerintah. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar konten yang diakses masyarakat melalui internet tetap terfilter menjadi konten yang bersifat positif saja. Imbasnya, ada beberapa situs yang sebenarnya berguna namun tetap diblokir oleh pemerintah. Tentu saja dengan pertimbangan tertentu.

Sekarang ini ada banyak sekali situs yang diblokir oleh pemerintah. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar konten yang diakses masyarakat melalui internet tetap terfilter menjadi konten yang bersifat positif saja. Imbasnya, ada beberapa situs yang sebenarnya berguna namun tetap diblokir oleh pemerintah. Tentu saja dengan pertimbangan tertentu.

Sayang sekali jika kita tidak bisa mengakses situs yang berguna, misalnya saja Reddit ataupun Netflix yang diblokir oleh provider. Dalam hal ini, kamu bisa mengatasinya jika menggunakan VPN. Menginstall aplikasi VPN tentu akan merepotkanmu, apalagi jika ruang di memori internalu tidak cukup lagi untuk menginstall sebuah aplikasi. Kamu tetap bisa menggunakan VPN tanpa aplikasi loh guys. Yuk simak cara berikut ini!

Menggunakan VPN tanpa aplikasi via Opera Browser

Bagi kamu para pengguna PC atau laptop Windows, kamu tidak perlu menggunakan software VPN loh guys. Kamu bisa memanfaatkan Opera Browser. Opera mempunyai fitur VPN tersendiri yang sudah terintegrasi, sehingga memungkinkan kamu untuk tidak perlu menginstall software dari pihak ketiga lagi. Berikut adalah langkah – langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Install Opera Browser yang diperuntukkan untuk Windows di laptopmu. 
  2. Bukalah Opera tersebut di laptopmu, setelah itu masuk ke setelah lanjutan dengan cara mengklik ikon Opera yang terdapat di bagian kiri atas jendela. Selanjutnyam pilih opsi settings. Setelah kamu memasuki menu setting, masuklah ke opsi advacnced.
  3. Scroll sampai ke bawah sampai menu dropdown advanced tampil pada layar bagian kanan. Setelah itu, klik opsi tersebut untuk menampilkan pengaturan lainnya.
  4. Carilah opsi VPN di menu yang muncul, lalu geser toogle  unutk mulai mengaktifkan jaringan VPN-nya.
  5. Jika logo VPN tersebut sudah berhasil kamu aktifkan, logo VPN akan muncul pada bagian kiri address bar tempat memasukkan url. 
  6. Selesai! Sekarang kamu sudah bisa mengakses situs yang diblokir guys.

Menggunakan VPN di Android

Sistem operasi Android sebenarnya sudah menyediakan fitur VPN Bawaan. Namun tidak semua pengguna mengetahui hal ini. Contohnya saja pada Android dengan sistem operasi MIUI 10 pada Xiaomi. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Buka browser di ponselmu, kunjungi alamat VPNBook (https://www.vpnbook.com/), scroll sampai bawah pada halaman utama sampai menemukan menu PPTP
  2. Salin salah satu server VPN yang kamu gunakan, ingat selalu username dan password yang kamu gunakan.
  3. Masukkan pengaturan VPN melalui menu settingswireless & networks – More – VPN. 
  4. Pilih opsi Add VPN di bagian bawah, lalu masukkan server address VPN dari VPNBook
  5. Aktifkan VP dengan menggeser toogle dan selesai!

Nah, begitulah cara menggunakan VPN tanpa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga di Android dan PC yaa guys. Semoga berguna.

Baca Juga :

Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat mengakses atau mendownload file – file yang tidak dapat diakses tanpa menggunakan VPN. Kalian dapat menggunakan ini berbagai semua jenis smartphone

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!