Cara Praktis Menginstall Android Studi, SDK dan JDK!

Apakah kamu ingin membuat sebuah aplikasi Android? Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan software bernama Android Studio. Android studio merupakan software yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi Android. Software ini sudah banyak digunakan oleh para startup dan juga developer Android. Android Studio sendiri merupakan software yang populer di antara software lain yang sejenis. Android studio juga lebih mudah digunakan.

Apakah kamu ingin membuat sebuah aplikasi Android? Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan software bernama Android Studio. Android studio merupakan software yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi Android. Software ini sudah banyak digunakan oleh para startup dan juga developer Android. Android Studio sendiri merupakan software yang populer di antara software lain yang sejenis. Android studio juga lebih mudah digunakan.

Proses coding, debug dan share pada Github menggunakan Android studio tergolong mudah untuk dilakukan. Tidak hanya mudah dan praktis dalam penggunaannya, Android stusio memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dalam membuat aplikasi Android. Cara menginstalnya tergolong mudah. Yuk simak cara menginstall Android studio berikut!

Cara menginstall JDK

Java Development Kit (JDK) merupakan software yang berfungsi untuk melakukan kompilasi dari kode Java ke Bytecode supaya bisa dimengerti dan bisa dijalankan oleh Java Runtime Envirotment (JRE). Kamu harus menginstall JDK pada PC sebelum menjalankan Android studio. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Download aplikasi JDK, lalu buka file JDK di laptopmu, lalu klik opsi next setelah terbuka.
  2. Pilih folder penyimpanan, lalu klik opsi next.
  3. Tunggu sampai proses instalasi selesai, lalu tekan tombol close. Proses penginstalan sudah selesai.

Cara menginstall Android Studio

Tahap selanjutnya setelah menginstall JDK adalah menginstall Android Studio. Caranya juga sangat mudah. Tapi kamu juga perlu menginstall SDK Android studio juga. Berikut adalah langkah – langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Download software Android studio. Kamu bisa mengunduhnya melalui website resminya.
  2. Setelah selesai mengunduh file tersebut, bukalah filenya. Setelah itu, klik opsi next untuk melanjutkan proses instalasinya. 
  3. Pada halaman choose components, Android studio akan menginstall komponen tambahan. Selanjutnya, klik next untuk melanjutkan prosesnya. Android Virtual Device (AVC) berfungsi untuk mengkonfigurasi perangkat yang dijalankan dengan emulator Android.
  4. Pilih lokasi penyimpanan, lalu tekan opsi next.
  5. Kamu bisa mengganti nama software tersebut, namun sebaiknya tetap gunakan nama Android studio. Setelah itu, klik install untuk melanjutkan proses instalasinya.
  6. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Setelah itu klik opsi next. Selesai deh.
  7. Selanjutnya kamu perlu menginstall komponen lainnya sampai selesai, yaitu SDK Android Studio. 

Cara menginstall SDK Android Studio

Software Development Kit (SDK) merupakan seperangkat alat dan program perangkat lunak yang digunakan oleh developer untuk membuat aplikasi canggih di Android. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. saat aplikasi terbuka, kamu akan arahkan ke proses instalasi selanjutnya, yaitu cara menginstall SDK Android Studio. Klik opsi next untuk melanjutkan prosesnya.
  2. Pilihlah tipe instalasi yang kamu inginkan, tekan lagi next. Kamu akan mendapatkan default pengaturan dan instalasi tambahan dari Android Studio untuk pilihan standar. Sementara custom memungkinkan kamu untuk memilih pengaturan dan komponen tambahan tertentu.
  3. Pilih tema tampilan Android Studio, lalu tekan next.
  4. Tekan finish untuk melanjutkan proses install Android Studio dan SDK. Pastikan kuota internetmu cukup dan PC terkoneksi ke internet supaya proses instalasi tidak gagal dan tidak ada bug saat aplikasi dijalankan.
  5. Tunggu sampai proses ini selesai. Proses download dan instalasi file komponen SDK memakan waktu cukup lama karena ukuran filenya lumayan besar.
  6. Klik finish saat proses download dan install selesai.
  7. Selesai! Android Studio siap untuk dijalankan.

Nah, begitulah caranya menginstall SDK Android Studio di Windows sampai selesai. Kamu sudah bisa langsung menggunakannya untuk membuat proyek pertamamu di Android Studio. Semoga berguna yaa guys.

Baca Juga :

Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian bisa langsung menggunakanya untuk membuat suatu hal. Kalian dapat menggunakan ini tanpa ada bantuan aplikasi lainnya ataupun root dan semacamnya.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!