esportsku
Berita Esports Indonesia

Esports Indonesia Akan Resmi Jadi Olahraga Nasional?

Hasil yang dibahas dalam simposium ini diharapkan dapat memberi masukan kepada Kemenpora. Agar merilis kebijakan pemerintah terkait dengan E-Sports Indonesia di masa mendatang.

infopublik
0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Melanjutkan hasil jumpa pers mengenai Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyelenggarakan Simposium Interpretasi Esports. Dengan begitu, Esports Indonesia akan resmi jadi olahraga nasional?

Dalam Wacana Keolahragaan Nasional yang menghadirkan tokoh dan ahli-ahli dari berbagai bidang. Hasil yang dibahas dalam simposium ini diharapkan dapat memberi masukan kepada Kemenpora. Agar merilis kebijakan pemerintah terkait dengan E-Sports Indonesia di masa mendatang.

Presiden Asosiasi Esports Indonesia (IESPA) Eddy Lim, menjelaskan terkait perbedaan utama antara Esports dengan permainan video biasa. Eddy mengungkapkan jika permainan video hanya mencari suatu kesenangan atau kepuasan belaka.  Berbeda dengan Esports yang membutuhkan konsentrasi, kecepatan otak, dan reaksi.

Esports Indonesia Akan Resmi Jadi Olahraga Nasional?

Esports Indonesia Akan Resmi Jadi Olahraga Nasional
topskor

Agar dapat menguasai suatu gim serta mengasah skill juga diperlukan dedikasi waktu untuk berlatih yang mana juga diperlukan kondisi badan yang fit untuk menjaga konsentrasi dan makanan yang bergizi. Hal-hal inilah yang menurut Eddy dapat menjadikan Esports diterima sebagai sebuah olahraga.

Masih menurut Eddy, Esports diperlukan suatu pengelolaan secara professional. agar para pemain Esports dapat dihindari dari berbagai efek kesehatan yang negative seperti kecanduan gim, gangguan fisik serta mental dan gangguan sosial budaya.

Ahli Neorologi dari FKKMK Universitas Gadjah Mada (UGM) membenarkan. Jika permainan video dapat mengasah keterampilan motorik, melatih berfikir kritis dan melatih koordinasi antara tangan dan mata.

Dirinya juga menambahkan jika permainan video dapat menimbulkan kecanduan, penggunaan obat-obatan perangsang stimulus, gangguan mata, degenerasi otot bahkan hingga osteoporis, maka idealnya bermain gim adalah tidak lebih dari 20 jam seminggu ungkapnya.

Resmi Jadi Olahraga Nasional?

Esports Indonesia Akan Resmi Jadi Olahraga Nasional
dailymail

Pakar ilmu olahraga Adang Suherman berpendapat jika tidak ada elemen keolahragaan. Menurutnya ini berdasarkan yang ditetapkan oleh WHO (World Healt Organization) yang terkandung. Karena dalam Esports karena minimnya pergerakan fisik yang dilakukan para pemainnya.

Akhir dari simposium berpendapat jika Esports adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari pada masa sekarang. Maka dari itu perlu adanya kontrol, regulasi, dan pengelolaan yang jelas dari pemerintah agar dapat diraih hasil yang bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!