Free Fire Adalah Battle Royale Gagal dan Burik? Pemain FF Harus Tau!

Free Fire pertama kali rilis pada tahun 2017 dimana dibuat oleh 111dots Studio dan di publish oleh Garena untuk beberapa region. Menariknya, Free Fire ini mendapatkan penghargaan "Best Popular Vote Game" di Google Play Store

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Free Fire adalah game bergenre battle royale yang di developer atau kembangkan oleh 111dots Studio yang juga dipublish oleh Garena untuk region yang tersedia Free Fire. Menariknya game Free Fire ini berdasarkan game engine Unity yang mana sudah terkenal tidak konsisten karena keterbatasan dari engine ini di beberapa game. Tetapi tidak semua game dari Unity buruk karena game seperti Ori, Hearthstone, dan Cuphead menuai sukses yang sangat tinggi. Kabarnya, sekarang malah Free Fire adalah Battle Royale Gagal dan Burik. Namun, apakah itu benar dengan statement seperti demikian?

Untuk game FPS sendiri atau shooter pada umumnya memang Unity kurang begitu baik jika dibandingkan dengan engine lainnya seperti Unreal atau Frostbyte. Hal ini menjadi alasan utama mengapa Free Fire seringkali mendapatkan bug ataupun kualitas gambar yang tidak begitu baik. Tetapi setidaknya Free Fire memiliki optimisasi yang baik dan tentunya bahkan lancar dijalankan di device yang sangat lemah.

Free Fire cukup terkenal dan dapat dikatakan sebagai game battle royale yang sangat populer di dunia. Dapat dibilang Free Fire mampu bersaing menjadi 3 besar battle royale di dunia bersanding dengan PUBG Mobile dan Call Of Duty untuk device smartphone. Bahkan Free Fire akhir-akhir ini mulai mengembangkan dan melebarkan sayap mereka dengan membuka dua server baru untuk Rusia dan Timur Tengah.

Disini kita akan membicarakan mengenai Free Fire yang seringkali dikatakan sebagai game burik dan gagal. Memang secara kasar dapat terlihat bahwa Free Fire memang terlihat sangat kasar dan dari segi grafik dan animasi saja Free Fire terlihat seperti dibuat oleh studio pemula, bahkan studio indie lebih baik membuat game yang menarik.

GARENA FREE FIRE

Free Fire pertama kali rilis pada tahun 2017 dimana dibuat oleh 111dots Studio dan di publish oleh Garena untuk beberapa region. Menariknya, Free Fire ini mendapatkan penghargaan “Best Popular Vote Game” di Google Play Store dimana mendapatkan voting tertinggi di kategori game. Selain mendapatkan penghargaan tersebut, Free Fire juga menjadi game dengan memiliki download tertinggi pada tahun yang sama yaitu 2019.

Tapi memang menurut banyak orang jika dibandingkan dengan game battle royale lainnya seperti PUBGM dan Call Of Duty. Bisa dibilang Free Fire tidak terlihat begitu baik. Dengan animasi yang clunky, desain yang terkesan tidak berkualitas tinggi, dan juga role yang terlalu memaksa membuat game ini tidak begitu terlihat baik di banyak mata pengguna. Tetapi faktanya bahwa game ini masih terus berjalan dengan dukungan juga pemain yang banyak tidak bisa dianggap remeh.

Berikut kita akan membicarakan alasan mengapa Free Fire seringkali mendapatkan cibiran ataupun kritik dimana game yang unbalanced dan juga kurang begitu menarik. Sebagai game battle royale di smartphone memang Free Fire seringkali tidak begitu di sarankan karena banyaknya kelemahan dari game ini. Terkadang ada yang bilang bahwa Free Fire adalah Battle Royale Gagal dan Burik untuk dimainkan. Jadi, mari kita bedah keseluruhannya disini.

PAY 2 WIN DAN TIDAK BALANCED

Free Fire merupakan game yang jelas sangat tidak begitu baik. Sebagai game battle royale tentunya balancing akan menjadi kunci utama, tetapi Free Fire layaknya game yang tidak memiliki balancing yang baik. Game ini bahkan terlihat sangat pay 2 win dimana pemain yang memiliki uang banyak akan memiliki keuntungan tinggi berkat stat yang baik dari skin. Jika kita bandingkan dengan game battle royale populer lainnya seperti PUBG, Warzon, atau Fortnite tentunya mereka tidak memiliki keutungan dari segi uang.

Dengan skin yang meningkatkan damage ataupun stat lainnya tentunya hal ini sangat buruk bagi pemula dimana balancing game hampir tidak ada di game Free Fire. Dengan metode cashgrab ini tentunya Free Fire akan terlihat sangat buruk bagi banyak pemain. Metode cashgrab layaknya skin yang memiliki keuntungan yang mana beberapa hanya bisa didapatkan dari loot boxes bahkan ilegal di beberapa negara. Bahkan di beberapa negara Eropa dan Skandiv, metode yang mirip dilakukan oleh Free Fire seperti dengan adanya premium lootbox dan juga paywall pay 2 win tidak bisa ada di dalam game. Hal ini dianggap ilegal dan menipu yang mana membuat persaingan video game menjadi lebih sehat.

CASHGRAB DAN PREMIUM ITEM YANG BANYAK SEKALI

Sama seperti dengan game online lainnya pastinya Free Fire juga memiliki event rutin yang berjalan tergantung temanya. Hal ini seringkali dimanfaatkan oleh pihak dev dan publisher untuk memanfaatkan banyak pemain terutama anak kecil yang tidak mengerti sistem ekonomi baik dari income atau outcome mereka. Dengan seringkali menaruh banyak item ang dapat mengubah hasil permainan di event terbatas, hal ini akan memaksa banyak pemain untuk mengucurkan uang.

Hal ini sebenarnya wajar dan seringkali ditemukan di game lainnya. Event premium yang mana dapat memberikan item menjadi hal yang lumrah. Hanya saja hal yang dilakukan oleh Free Fire adalah dengan membuat skin atau item yang bisa menambah stat di beberapa loot box. Hal ini seperti yang sudah kami jelaskan. Bahkan loot box yang mirip dilakukan oleh Free Fire sudah di larang oleh Eropa karena masuk kedalam hukum perjudian di beberapa negara disana.

Hal ini pastinya melarang siapapun yang masih berada di bawah umur legal untuk tidak bisa menggunakan atau membeli lootbox. Loot box memang pada dasarnya sangat menipu dan memanfaatkan banyak pemain yang tidak mengerti.

Tetapi walau game ini seringkali mendapatkan ejekan “burik”, “jelek”, dan lain-lain game ini terbilang sukses. Anehnya di beberapa negara khususnya Asia Tenggara budaya loot box dan game pay 2 win sangatlah populer. Kalian bisa melihat sistem yang sangat buruk dan menipu ini seperti di game lainnya. Umumnya sistem ini digunakan di game FPS ataupun MMORPG yang mana seringkali menjadi permasalahan utama bagi para pemain dan skena game.

Walau begitu tidak dapat dipungkiri bahwa Free Fire sangat ambisius dengan ekspansi mereka. Hal ini masuk akal karena banyak pemain yang rela mengucurkan uang hanya untuk mendapatkan keuntungan sesaat saja.

EKSPANSI YANG SANGAT MATANG

Hal ini tentunya sangat menguntungkan para developer dan publisher yang mana bahkan Free Fire sampai membuka server baru. Free Fire akan membuka server baru untuk region Rusia dan Timur Tengah. Sering muncul pertanyaan mengapa Free Fire tidak begitu laku atau mau ekspansi ke Eropa atau Amerika Utara, hal ini wajar karena di Eropa dan Amerika Utara selain ada masalah hukum tentang loot box premium, mereka kalah pasar oleh nama yang lebih tua dan playerbase yang loyal.

Selain ekspansi yang ambisius, Free Fire juga rutin mengeluarkan update maupun event yang rutin. Hal ini tentu membawa angin segar kepada banyak pemain yang mana dapat mereka lakukan ketika bermain Free Fire.

PLAYERBASE YANG TERUS MENINGKAT DAN LOYAL

Tidak dapat dipungkiri bahwa Free Fire adalah game yang terus berkembang tanpa henti. Bahkan dari segi playerbase mereka, Free Fire terus berkembang tanpa henti yang mana akan sangat menarik untuk diperhatikan. Game ini cukup konsisten dari segi update dan penambahan fitur. Selain itu akses game yang lebih mudah dibandingkan game lainnya membuat Free Fire menjadi game battle royale smarpthone yang paling populer.

Bisa dibilang, untuk point ini free fire memiliki kelebihan dibandingkan dengan game battle royale lainnya. Dengan player base yang loyal di permainan ini akan menambah jumlah kepopulerannya dan tetap terjaga ramai pemainnya.

MENTALITAS PEMAIN ASIA TENGGARA DENGAN GAME FREE TO PLAY

Hal ini cukup menarik untuk dibahas. Coba jika kalian perhatikan, tidak perlu jauh-jauh hanya lihat sekitar kalian saja. Pemain di Indonesia senang sekali bermain game free to play atau game gratisan. Hal ini memang terlihat cukup masuk akal karena game gratis, siapapun bisa bermain. Tetapi dari pengalaman banyak orang, game yang gratis free to play seperti akan berujung pay to win.

Contohnya adalah saat bermain game CSGO yang dulunya $10 sebelum menjadi gratis, Rainbow Six Siege $25, dan Final Fantasy XIV yang mana dengan sistem langganan wajib mengeluarkan uang $13 setiap bulannya tanpa henti. Tetapi dari ketiga game ini saya tidak mengeluarkan uang sama sekali selain membeli game dasar atau langganan.

Bahkan bermain bertahun-tahun tetap tidak mengeluarkan uang sepeserpun lagi. Tetapi ketika bermain Dota 2 dimana game gratis. Namun setelah bermain lama dari pertama bermain hingga sekarang bisa terhitung keluar lebih dari jutaan hanya untuk box dan item lainnya di shop. Hal ini dapat di implementasikan ke pemain lainnya dimana game free to play akan lebih mahal dibanding game berbayar.

Free Fire Meraup Keuntungan Luar Biasa di Asia Tenggara dan Amerika Selatan!

Free Fire yang memiliki banyak sekali keuntungan mulai dari game gratis, ringan, dan berada di port smartphone yang mana sangat populer di Indonesia dan Brazil, yang mana kedua negara raksasa Free Fire. Game ini tentu masuk akal jika kalian bandingkan dengan game lainnya yang mana dapat menjadi game battle royale yang sangat populer.

Tentunya Free Fire dapat dibilang sebagai game yang sangat populer dan mampu bersaing dengan game lainnya berkat kultur gaming di tempat game ini rilis. Selain kultur gaming yang cocok tentunya Free Fire yang sangat ringan untuk dijalankan ini lebih bisa masuk kedalam pasar yang lebih luas. Jadi, hal ini lebih bagus dibandingkan dengan battle royale lainnya seperti PUBGM dan CODM yang mana membutuhkan storage tinggi dan juga spek yang mulai meninggi juga setiap update nya.

Baca juga:

Itulah penjelasan Free Fire adalah Battle Royale Gagal dan Burik untuk kalian yang kami bahas selengkap mungkin. Sebenarnya game ini tidak begitu buruk dan bahkan salah satu game yang sukses dengan ratusan juta pemain. Akan tetapi  dari pihak pengurusan dan metode yang agak dipertanyakan menjadi alasan utama game ini mampu bersaing di game papan atas. Selain itu skena pro yang mulai sangat populer kali ini juga ikut mendorong Free Fire ke pasar arus utama dan tentunya bisa menambah player base mereka.

Jika saja garena bisa melakukan beberapa perbaikan dari sistem yang terlalu pay 2 win dan juga melindungi anak-anak dibawah umur untuk terjerumus kedalam sistem lootboxes premium seperti diamond royale dan gacha lainya. Tentunya, game free fire akan semakin didepan dibandingkan dengan battle royale smartphone lainnya. Kami sendiri merekomendasikan untuk selalu bermain free fire ini karena memang sangat menyenangkan. Salam Booyah!

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!