Ini Kerugian Menggunakan Smartphone Tidak Resmi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Smartphone memanglah menjadi sebuah kebutuhan masa kini. Dengan menggunakan sebuah smartphone, berbagai aktivitas bisa dilakukan cukup melalui telepon gengam yang besarnya tidak melebihi dari perangkat laptop ini.

Contohnya, dengan menggunakan smartphone kalian sudah bisa mencari berbagai resep makanan, melakukan pengukuran jarak olahraga, menonton video tutorial, bahkan hingga melakukan video conference dalam belajar ataupun rapat.

Sayangnya, banyaknya penyebaran smartphone di Indonesia menimbulkan sebuah masalah baru. Yakni masih adanya smartphone ilegal yang diselundupkan ke tanah air. Terlebih lagi, pada seri smartphone tertentu yang tidak keluar di Indonesia, praktik ini umum dijumpai.

Lalu, apa efek negatif yang bisa kalian dapatkan jika memutuskan untuk tetap menggunakan smartphone ilegal alih-alih menggunakan samrtphone resmi yang ada? Berikut adalah daftarnya!

Tidak Nasionalis

Yang pertama, tentu saja jika kalian membeli smartphone ilegal ini sama saja kalian tidak mendukung negara ini untuk berkembang. Pasalnya, melalui aturan terbaru smartphone yang resmi harus dirakit dan sebagian komponennya berasal dari Indonesia.

Ini artinya, jika kalian tidak membeli smartphone resmi dan justru nantinya smartphone ilegal bakal lebih laku, tentunya ini menjadi kerugian karena adanya warga negara Indonesia yang turut andil dalam pembuatan smartphone resmi.

Tidak Bisa Menggunakan SIM

Ini merupakan sebuah hal yang digembor-gemborkan pemerintah agar masyarakat Indonesia membeli smartphone secara resmi. Smartphone ilegal yang otomatis tidak terdaftar IMEI -nya, tidak akan bisa menggunakan kartu SIM pada smartphone.

Tentunya, dengan tidak bisa menggunakan kartu SIM ini akan sangat berpengaruh. Terlebih lagi bagi kalian yang mengandalkan internet dari provider kartu seluler, hal ini akan menyiksa kalian.

Tidak Bisa Melakukan Klaim Garansi

Jika kalian masih ngotot untuk membeli smartphone ilegal, bersiaplah akan kesusahan jika suatu saat ikin mengajukan garansi dari smartphone. Tentu saja, smartphone ilegal yang berasal dari luar negeri tidak bisa melakukan klaim garansi di luar negeri.

Ini artinya, jika seandainya smartphone kalian mendapatkan error, langkah satu-satunya yang bisa kalian lakukan adalah melakukan service ke orang dan bukan klaim garansi ke  service center dari smartphone tersebut.

Terkadang Bahasa Terbatas

Kejadian ini biasanya dialami jika kalian membeli smartphone dari negeri Tiongkok. Tak jarang, smartphone tidak memiliki kamus pembahasaan yang banyak sehingga bagi kalian yang kesusahan untuk mengetahui sebuah bahasa akan terkendala.

Terlebih lagi, tak jarang smartphone dari luar negeri tidak memiliki bahasa Indonesia. Sebuah hambatan dan kerugian tentunya apabila kalian tidak bisa berbahasa seperti yang ada pada smartphone ilegal yang kalian beli nantinya.

Tentunya, dengan berbagai kerugian yang bakal kalian dapatkan jika membeli smartphone ilegal, semoga ini dapat membuka mata kalian agar lebih memilih untuk membeli smartphone resmi.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!