Laptop Gaming Acer Nitro 5 Intel Gen 10 dan GTX 1660/1660TI Terbaru, Murah!

Kali ini kita akan membahas dan mereview mengenai laptop yang cukup murah dan ringan dikantong kalian yaitu Nitro 5. Untuk laptop Nitro 5 sendiri memang seri ini memiliki beberapa jenis seperti chipset yang berbeda antara Intel dan AMD. Tetapi kali ini kita akan membahas mengenai seri Nitro 5 yang cukup berada di level atas jika dibandingkan dengan Nitro 5 lainnya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Dengan akhir-akhir ini dimana pasar gaming laptop saling bersaing satu lain, terutama para raksasa teknologi sebutu saja seperti ASUS, HP, Acer, dan lainnya pastinya akan mati-matian untuk merajai pasar teknologi laptop gaming. Tidak terkecuali dengan Acer dimana mereka juga mengeluarkan gaming laptop yang juga dikenal dengan seri Predator.

Untuk Acer sendiri memang kita sudah tidak asing lagi dengan kinerja dan hasil mereka yang sudah sejak dulu seringkali bersaing di pasar laptop dan juga beberapa teknologi lainnya seperti tablet, smartphone, dan PC part. Sangat populer dan sangat dikenal dengan banyak orang membuat mereka juga tidak takut untuk masuk ke pasar gaming laptop yang dulunya memang didominasi oleh ASUS ROG, Dell Alienware, dan juga HP Omen. Dengan serial Predator ini tentu Acer tidak ingin dianggap remeh.

Kali ini kita akan membahas dan mereview mengenai laptop yang cukup murah dan ringan dikantong kalian yaitu Nitro 5. Untuk laptop Nitro 5 sendiri memang seri ini memiliki beberapa jenis seperti chipset yang berbeda antara Intel dan AMD. Tetapi kali ini kita akan membahas mengenai seri Nitro 5 yang cukup berada di level atas jika dibandingkan dengan Nitro 5 lainnya, yaitu laptop yang menggunakan GTX 1660/1660Ti. Serial yang satu ini adalah pilihan terbaik kalian yang ingin laptop gaming kuat dengan kapabalitas multitasking yang tinggi.

Nitro 5 adalah laptop yang memang memiliki desain yang sleek dan akan memanjakan mata kalian. Dengan harga miring kalian bisa membawa pulang laptop yang dapat kalian gunakan bahkan untuk 5 tahun lebih. Alasannya adalah karena laptop ini bisa kalian updgrade dengan mudah karena memiliki slot RAM dan juga storage yang bisa kalian utak-atik. Cukup fleksibel dan cocok untuk kalian yang ingin menggunakan laptop gaming jangka panjang.

Dilengkapi dengan banyak sekali fitur yang dibawah oleh Acer Predator lainnya seperti Nitrosense dan Coolboost kalian akan menikmati laptop yang terbilang murah dengan fitur yang mewah. Kalian dapat mengatur banyak sekali setingan mikro laptop kalian seperti analisa kesehatan laptop, mengatur suhu, dan banyak sekali selain itu yang bisa kalian manfaatkan berkat Nitrosense dan Coolboost.

PROCESSOR

Untuk processor yang terpasang di Nitro 5 ada yang paling tertinggi dan terbaik untuk versi ini yakni Intel® Core™ i7-10750H Processor (12M Cache, up to 5.00 GHz). Chipset ini adalah generasi ke-10 yang dimiliki Intel dengan performa terbaik yang tersedia dari i7 tentunya. Memiliki 6 cores yang dapat berjalan dengan baik juga kecepatan tinggi 2.60Ghz dimasing-masing core nya pasti akan memberikan kecepatan terbaik bagi performa laptop kalian. Selain itu bahkan chipset ini bisa mendapatkan kecepatan turbo sampai 5.00Ghz yang pastinya sangat tinggi. Dengan 12 Thread dan kapabilitas overload yang tinggi kalian bisa memanfaatkan laptop ini bukan hanya untuk gaming, tetapi juga untuk rendering ataupun multitasking.

Performa yang sangat tinggi untuk kelas menengah, dapat dibilang bahwa ini adalah saingan untuk AMD Ryzen 7 4800H. Memang keuntungan dari Intel adalah mereka memiliki performa yang sangat stabil dan konsisten tinggi, jadi kalian bisa memaksa chipset ini ke performa terbaik mereka.

NVIDIA GEFORCE GTX 1660 TI

Nvidia GeForce GTX 1660Ti dapat dibilang sebagai pilihan terbaik untuk GPU laptop gaming budget atau kelas entry untuk kalian. Kali ini GPU besutan Nvidia ini sudah terpasang untuk seri Nitro 5 yang satu ini. 1660Ti adalah pilihan terbaik untuk kalian yang bahkan bisa menjalankan game keluaran terbaru dengan 60FPS lebih dengan lancar dan konsisten.

GPU ini memiliki performa yang sangat baik untuk 1920 x 1080 dan framerate yang cukup baik 2560 x 1440. 1660 Ti juga memiliki fitur encode/decode acceleration. Selain itu karena menggunakan power sebesar  120W, 1660Ti lebih diunggulkan daripada rival mereka, yakni AMD. Sayangnya 1660Ti tidak bisa melakukan ray tracing atau DLSS. Walau memang tidak bisa melakuan ray tracing tetapi tenang saja karena performa GPU yang satu ini tidak bisa dianggap remeh, apalagi dikombo dengan chipset milik Intel yang kami jelaskan sebelumnya diatas.

Varian Nvidia GeForce GTX 1660Ti yang satu ini adalah pilihan terbaik untuk kalian yang ingin merasakan performa terbaik untuk dompet kalian. Spek tinggi dengan harga banting di laptop Nitro 5 ini tentunya dapat menjalankan program dan game yang kalian inginkan.

GPU BENCHMARK

Untuk adu kekuatan dari Nvidia GeForce GTX 1660Ti kalian tidak perlu ragu karena GPU yang satu ini memang sangat kuat dan tidak bisa dianggap remeh. Dapat beradu kekuatan dengan para laptop gaming di kelasnya, Nitro 5 bisa dikatakan cukup unggul dari segi performa benchmark dan poin-poin lainnya.

PERFORMA NITRO 5 GTX 1660TI

GTA-V-benchmarks

  • FULL HD, HIGH SETTING: 127 FPS
  • FULL HD, VERY HIGH: 72 FPS
  • FULL HD, MAX SETTING: 47 FPS

  • FULL HD, NORMAL SETTING: 101 FPS
  • FULL HD, HIGH SETTING:94 FPS
  • FULL HD, VERY HIGH SETTING: 88 FPS

rise-of-the-tomb-raider

  • FULL HD, MEDIUM SETTING: 125 FPS
  • FULL HD, VERY HIGH SETTING: 66 FPS
  • FULL HD, MAX SETTING: 44 FPS

  • FULL HD, HIGH SETTING: 81 fps
  • FULL HD, VERY HIGH SETTING: 72 FPS
  • FULL HD, ULTRA SETTING : 47 FPS

  • FULL HD, MEDIUM SETTING: 84 FPS
  • FULL HD, HIGH SETTING: 79 FPS
  • FULL HD, HIGHEST SETTING: 50 FPS

Mendapatkan FPS yang terbilang tinggi untuk game-game berat seperti diatas membuktikan bahwa Nitro-5 dengan Nvidia Gefore GTX 1660Ti miliknya sangat kuat untuk menjalankan settingan tinggi. Jika kalian berenca untuk bermain game yang high-end atau game-game baru lainnya, laptop ini sangat bagus untuk kalian. Terlebih dengan banyaknya game yang mendukung GPU dari Nvidia dan juga adanya Shadowplay yang tersedia dari GPU kalian juga bisa merekam game baik untuk stream atau video tanpa membebankan performa game kalian tentunya.

RAM 8GB DDR 4 (UPDGRADE)

Untuk performa RAM bawaan dari seri Nitro 5 tertinggi ini kalian sudah mendapatkan satu keping RAM 8 GB yang bisa langsung kalian gunakan. Hal yang sangat menguntungkan banyak pengguna Nitro 5 di sektor ini karena masih ada satu slot RAM yang bisa kalian gunakan, tentunya dengan menggunakan DDR 4 kalian akan mendapatkan performa terbaik

Untuk slot RAM di Nitro 5 ini kalian akan mendapatkan RAM dasar sebesar 8 GB yang mana bisa kalian updgrade sampai 32 GB DDR 4. Berarti kalian bisa menggunakan dua batang 16 GB RAM di laptop kalian. Tentunya RAM yang sangat tinggi juga bisa kalian manfaatkan baik untuk multitasking, menjalankan program berat, ataupun untuk bermain game tentunya.

MEDIA PENYIMPANAN (STORAGE)

Untuk media penyimpanan atau storage di laptop Nitro 5 kali ini kalian akan memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi. Kalian mendapatkan 2 slot SSD NVMe dan juga satu slot HDD SATA yang bisa menampung sampai 2TB. Untuk storage bawaan ini kalian akan mendapatkan SSD sebesar 512GB yang bisa kalian gunakan. Tentunya 512GB SSD bukanlah hal yang kecil karena SSD sendiri merupakan pilihan terbaik untuk storage yang cepat.

Sayangnya memang storage bawaan hanya memberikan 512GB SSD, tetapi hal ini ada alasannya karena jika kalian membeli Nitro 5 baik di retail atau Acer kalian bisa meminta menambah storage untuk slot yang kosong, baik itu HDD SATA ataupun kalian ingin menambah SSD lagi di slot satunya yang kosong. Hal ini sangat mengutungkan bagi orang yang senang mengupgrade laptop mereka dan menyesuaikannya sesuai budget mereka.

DAYA TAHAN BATERAI

Mungkin dapat dibilang di kelas awal dan menengah dari laptop gaming bahwa Nitro 5 adalah laptop yang paling irit. Laptop ini memiliki keunggulan dari batere dan penggunaan daya yang sangat baik sebab didukung oleh fitur Nitrosense yang dapat mengatur dan menganalisa penggunaan listrik di laptop tersebut.

AUDIO

Untuk audio yang ada di laptop Nitro 5 ini kalian akan mendapatkan audio Dolby Audio Premium dan bawaan seperti Acer TrueHarmony. Dengan Dobly Audio Premium kalian akan mendapatkan kualitas suara terbaik dengan output suata yang sangat “krispi”. Tentunya hal ini juga semakin kuat karena didukung dengan adanya Acer TrueHarmony yang mana dapat membantu mendapatkan audio terbaik untuk kalian.

Dolby Audio Premium memiliki beberapa fitur seperti ini;

  • Media Intelligence: mengidentifikasi berbagai jenis konten secara real time, serta menyesuaikan tingkat volume dan mengurangi kebisingan di sekitar secara otomatis.
  • Multiple Endpoint Support: Fitur ini memberikan dan mengoptimalkan pengalaman audio terbaik dengan kemampuan menciptakan suara efek di sekelilingmu layaknya menonton film di bioskop (surround sound).
  • Bass Enhancer: memberikan kejernihan suara bass.
  • Intelligent Equalizer: dengan fitur ini, audio dalam suatu perangkat bisa memiliki tingkat volume yang konsisten tanpa over-processing dan meminimalkan distorsi suara.
  • Dialogue Enhancer: dapat meningkatkan kejelasan dialog di konten hiburan, sehingga pengguna dapat mengikuti detail setiap kata.

DISPLAY

Layar yang memiliki ukuran 15.6″ dengan panel IPS tentunya akan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Layar IPS yang disematkan Acer pada Nitro 5 bisa memberikan konsistensi warna pada sudut tampilan 178 derajat yang sangat baik.

Nitro 5 juga memiliki akurasi warna lebih baik sebesar 56% dibanding laptop lainnya dikelas yang sama. Memiliki color gamut yang lebih baik sebesar 60% dibanding yang lain juga membuat Nitro 5 sangat diunggulkan untuk bermain game MMORPG yang mempunyai alam indah dan game FPS untuk mendapatkan realistic image dan pengalaman terbaik.

Selain itu Nitro 5 juga memiliki fitur seperti Acer ComfyView dengan LED backlit TFT LCD yang dapat membantu mata kalian ketika melihat layar Nitro 5. Tidak mudah lelah dan tidak menarik banyak tenaga dari mata kalian tentunya kalian tidak akan mudah lelah menggunakan Nitro 5. Ditambah dengan refresh rate 144Hz dan 3ms overdrive pastinya game dan menonton film akan terasa sangat beda dibandingkan dengan layar yang memiliki refresh rate standar. Kalian bahkan bisa mendapatkan 120FPS+ dengan konsisten yang mana sangat memanjakan mata.

KEYBOARD

Memang jika kalian lihat dengan sekilas bahwa warna hitam dengan akses merah di keyboard Nitro 5 akan memperlihatkan aura yang misterius nan elegan, tentunya hal ini semakin baik karena Nitro 5 memiliki dan didukung oleh 4 Zone RGB Keyboard yang mana bisa kalian atur dalam fitur Nitro kalian.

Pengaturan cahaya untuk backlit keyboard ini juga sangat penting karena kalian bisa mengatur instensitas cahaya dan warna yang ada di keyboard kalian sehingga hal ini tidak merugikan mata kalian.

FITUR UNGGULAN NITRO 5

Banyak sekali fitur yang dimiliki oleh Nitro 5 dan tentunya semua ini dapat membantu kalian untuk mendapatkan pengalaman terbaik ketika menggunakan laptop gaming ini. Beberapa poin yang akan kami sebutkan hanyalah segelintir dari banyaknya fitur tersebut.

  • Desain yang lebih garang
  • Memiliki dua RAM slot, dua SSD NVMe slot, dan satu SATA slot
  • Menggunakan Wi-Fi 6 AX201 (802.11ax) dan Killer Ethernet E2600
  • Sistem thermal yang inovatif dan kipas pendingin ganda

Desain yang lebih garang 

Nitro 5 memiliki desain yang sangat sleek dan dapat terbilang cukup simpel dan enak dipandang. Selain itu daya jual utamanya adalah Nitro 5 memiliki refresh rate di monitor mereka sebesar 144Hz dengan respongs 3ms. Hal ini cukup membantu ketika kalian menghabiskan waktu ketika bermain game tentunya agar grafis berjalan lebih halus. Dengan tingkat kecerahan yang sangat tinggi dan juga warna yang dapat diberikan oleh layar Nitro 5 tentunya pengalaman gaming kalian akan lebih terasa hidup.

Selain itu Nitro 5 juga memiliki body yang sangat enak sekali digunakan. Dengan warna hitam diberikan aksen merah tentunya Nitro 5 akan terlihat lebih futuristik tetapi tetap elegan untuk memanjakan para pengguna. Dengan backlit 4 RGB di keyboard mereka, tentu kalian akan lebih nyaman menggunakan keyboard ini di tempat yang kurang cahaya. Sayangnya sama seperti laptop gaming pada umumnya, keyboard Nitro 5 belum menggunakan mechanical keyboard tetapi masih menggunakan membrane.

Memiliki dua RAM slot, dua SSD NVMe slot, dan satu SATA slot

Jika kalian ingin mengupgrade laptop ini tentu pastinya slot kosong harus dapat kalian manfaatkan. Kali ini Nitro 5 memberikan dua slot SSD NVMe, dua slot RAM, dan juga satu slot SATA. Hal ini sangat berguna jika kalian ingin menggunakan laptop ini untuk jangka panjang tanpa ganti barang. Selain itu untuk slot SSD nya mereka menyediakan heatsink agar SSD tidak terkena panas berlebih.

Tentunya untuk slot RAM sendiri kalian dapat memaksimalkannya sampai 32GB RAM DDR4 3200MHz yang mendukung dual channel. Dengan RAM tinggi kalian dapat melakukan multitasking dengan sangat mudah dan efisien.

Menggunakan Wi-Fi 6 AX201 (802.11ax) dan Killer Ethernet E2600

Pastinya seringkali ketika kalian bermain game online baik itu kasual maupun competitive kalian akan mendapatkan koneksi yang sangat merugikan. Baik itu antara jaringan laptop ke wifi kalian, routing internet, atau ethernet yang terkadang tidak konsisten tentu akan berpengaruh kepada performa permainan kalian. Tenang saja karena kali ini Nitro 5 akan menghadirkan fitur untuk masalah ini.

Dengan Wi-Fi 6 juga killer ethernet kalian dapat memprioritaskan bandwith kalian untuk bermain game yang kalian mainkan, tentunya hal ini akan membantu untuk mendapatkan koneksi terbaik untuk permainan. Acer Nitro 5 bisa mengatur otomatis dan mendeteksi aplikasi apa yang membutuhkan bandwith terbanyak dan pada kasus ini biasanya adalah game dan aplikasi stream kalian.

Sistem pendingin kipas ganda

Permasalahan utama yang seringkali ditemukan di laptop gaming adalah overheat yang tidak karuan dan panas pada body yang sangat mengganggu. Hal ini sebenarnya wajar karena ketika laptop gaming berjalan pada performa tertinggi mereka, hal ini akan memberikan panas di hardware mereka. Tetapi dengan fitur kipas ganda dan juga adanya Coolboost kalian bisa mengatur lebih baik suhu laptop kalian.

Dengan adanya Coolbost dan kipas ganda temperatur suhu laptop kalian akan lebih stabil dan tetap rendah ketika intens digunakan. Memanfaatkan intake dan exhaust yang baik maka kalian dapat menggunakan laptop ini di kekuatan penuhnya. Bahkan kalian dapat merasakan peningkatan sampa 25% dalam faktor temperatur dan suhu.

KELENGKAPAN LAIN  DAN OUTPUT

  • One USB 3.2 Gen 2 port featuring power-off USB charging
  • Two USB 3.2 Gen 1 ports
  • HDMI® 2.0 port with HDCP support
  • Ethernet (RJ-45) port
  • USB Type-CTM port supporting:
  • USB 3.2 Gen 2 (up to 10 Gbps)
  • 3.5 mm headphone/speaker jack, supporting headsets with built-in

KESIMPULAN

Jika kalian ingin menggunakan laptop gaming yang masuk ke ranah murah dan pastinya memiliki performa terbaik maka Nitro 5 adalah pilihan terbaik untuk kalian. Dengan harga murah kalian sudah bisa memiliki laptop gaming dengan banyak sekali fitur dan keunggulan bahkan bisa mengalahkan beberapa laptop di kelas atasnya. Dengan akses pembelian yang sekarang lebih mudah dari Acer kalian bisa mendapatkan laptop ini di berbagai toko resmi dan retail.

 

CPU Type 10th Gen Intel® Core™ i7-10750H/i5-10300H processor
Model Name Nitro 5 AN515-55
Graphics NVIDIA® GeForce® GTX 1660 Ti with 6 GB of dedicated GDDR6

NVIDIA® GeForce® GTX 1650 Ti with 4 GB GDDR6 memory

OS Windows 10 Home
Memory 1x8GB DDRIV, upgradeable up to 32GB.
Storage 512 GB SSD,

Upgradable up to 2x M.2 slots PCIe NVMe,

Upgradeable up to 2TB, 1x SATA HDD

Cooling Acer CoolBoostTM Technology with dual fan system & four exhaust ports
Audio Dolby Audio Premium
Display 15.6″ display with IPS (In-Plane Switching) technology,

Full HD 1920 x 1080, (300 nits)

Acer ComfyViewTM LED-backlit TFT LCD,

supporting 144 Hz, 3ms Overdrive

Wireless Wireless Wi-Fi 6 AX201

KillerTM Ethernet E2600

Output One USB 3.2 Gen 2 port featuring power-off USB charging

Two USB 3.2 Gen 1 ports

HDMI® 2.0 port with HDCP support

Ethernet (RJ-45) port

USB Type-CTM port supporting:

• USB 3.2 Gen 2 (up to 10 Gbps)

3.5 mm headphone/speaker jack, supporting headsets with built-in

Keyboard 4 zone RGB Keyboard.
Power 135w / 180w
Accessories Backpack Predator
Harga Mulai dari Rp 11 jutaan.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!