Nintendo Ke Pasar Mobile Merupakan Keuntungan Besar!

keuntungan terbesar jatuh kepada Fire Emblem Heroes yang meraup keuntungan $656 juta. Fire Emblem Heroes merupakan game spin-off dari franchise Fire Emblem yang berbasis gacha game.

Sebagai perusahaan berbasis video game terbesar di Jepang, bahkan di dunia. Nintendo pastinya selalu meraup untung dari penjualan game dan console nya. Tetapi yang sangat mengejutkan, keuntungan terbesar Nintend saat ini bukan hanya dari penjualan game dan handheld milik mereka, yakni Switch. Nintendo meraup keuntungan yang sangat besar dari game mobile mereka.

Dikutip dari The Verge dan Sensor Tower, Nintendo meraup keuntungan sebesar lebih dari $1 miliar. Yang menarik adalah keuntungan terbesar jatuh kepada Fire Emblem Heroes yang meraup keuntungan $656 juta. Fire Emblem Heroes merupakan game spin-off dari franchise Fire Emblem yang berbasis gacha game.

“Global Player Spending in Nintendo Mobile Games
sensortower

Hal lainnya yang menarik adalah, hanya memiliki total 18 juta unduhan, membuat game ini menghasilkan rata-rata $41 per unduhan.

Sebagai game freemium tentunya hal ini tidak mengejutkan, pasalnya game besutan CyGames yang bernama Granblue Fantasy dan game milik TypeMoon  yang dikembangkan Delightworks, Fate/Grand Order memiliki keuntungan yang lebih jauh dari FEH.

Memang pasar mobile game khususnya di Jepang sangatlah tinggi. Dari target pasar, mobile game menjadi yang terdepan dibanding console dan PC player.

Hasil gambar untuk fire emblem heroes"
fire emblems

Keuntungan Nintendo dari mobile game sebagian besar dari Jepan (54%) dan diikuti oleh AS (29%.) Walaupun begitu, banyak kontra yang muncul dari banyak fans video game lainnya. Nintendo dianggap sudah tidak perduli terhadap konsumen dan fokus memanfaatkan mereka dari game cash-grab seperti mobile game apda umumnya.

Bertentangan dengan Satoru Iwata, almarhum presiden Nintendo bahwa menurutnya melepas franchise Nintendo ke mobile phone tidak akan sebanding dengan keuntungan yang didapat. Pernyataan Iwata yang terkenal idealis dan pro-konsumen ini sepertinya tidak berlaku kepada Nintendo yang sekarang, pasalnya Nintendo sudah mulai mengikuti tren cash-grab di pasar mobile phone.

Diperkirakan pada masa mendatang, pasar mobile phone dari Jepang akan terus dikuasai oleh tiga perusahaan dan franchise besar, yaitu CyGames, Type/Moon, dan Nintendo.

 

Kunjungi terus Esportsku untuk informasi terbaru, Follow juga instagram esportsku dan youtube esportsku kami ya!

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie