PeduliLindungi, Aplikasi Pelacak Kasus Korona Melalui HP

Untuk memperkecil ruang lingkup persebaran, ada sebuah aplikasi unik yang diluncurkan pemerintah bernama PeduliLindungi yang diharapkan bakal berguna untuk mengendalikan penyebaran virus korona nantinya.

Pandemi COVID-19 di Indonesia memang masih belum menampakan hasil bakal menurun. Setiap harianya, ratusan orang diumumkan langsung oleh pemerintah sebagai pasien baru terdampak virus korona.

Untuk memperkecil ruang lingkup persebaran, ada sebuah aplikasi unik yang diluncurkan pemerintah bernama PeduliLindungi yang diharapkan bakal berguna untuk mengendalikan penyebaran virus korona nantinya.

Lalu bagaimana cara menginstalnya? Berikut adalah langkah-langkah mudahnya!

Android

Bagi kalian penggunan Android, cara untuk menginstallnya cukup mudah. Kalian tinggal perlu menuju Google Play Store dan mengetikkan aplikasi “PeduliLindungi” pada kolom pencarian daan menekan tombol install.

Setelah selesai, kalian bisa membuka aplikasi tersebut dan jika disuruh untuk mengaktifkan Bluetooth aktifkan saja karena sistem dari PeduliLindungi memang memanfaatkan fitur dari Bluetooth.

iOS

Sama seperti hal-nya Android, pengguna iOS juga cukup dimanjakan dalam penginstallan PeduliLindungi dengan cukup pergi ke Apple Store dan kemudia menginstall aplikasi ini dan mematuhi semua keperluan yang dibutuhkan.

Jika kalian khawatir apakah aman menginstall aplikasi PeduliLindungi di smartphone karena harus menyalakan Bluetooth untuk dapat menggunakannya, tenang saja pemerintah mengklaim aplikasi ini aman dari serangan peretas.

Sementara untuk cara kerjanya, secara gampangnya PeduliLindungi membutuhkan mengaktifkan fitur Bluetooth dan GPS yang kemudian bakal melihat berbagai informasi yang dibutuhkan.

Nantinya, apabila ada perangkat lain yang juga menginstall PeduliLindungi dan masih terakses dalam jaringan Bluetooh, secara anonim bakal ada pertukaran antara kedua perangkat.

Langkah selanjutnya PeduliLindungi bakal melakukan identifikasi terhadap siapa saja yang jarak tidak aman dengan baik itu orang yang dinyatakan positif COVID-19, PDP (Pasien Dalam Pengawasan), dan ODP (Orang Dalam Pengawasan)

Tentunya, dengan aplikasi PeduliLindungi kalian bakal dipermudah dalam hal melihat riwayat pejalanan atau bahkan melakuka kontak dengan siapa saja selama pandemi ini.

Berbincang soal keamanan yang sudah disinggung sebelumnya, seperti yang telah ditulis untuk keamanan PeduliLindungi cukup terjamin walaupun mungkin dari sisi pengguna masih belum baik.

Hal ini dapat dibuktikan dengan PeduliLindungi mampu masuk ke dalam Apple Store. Kita tahu pastinya tidak sembarang aplikasi bisa masuk ke dalam Apple Store. Hanya aplikasi yang memiliki tingkat keamanan yang baik saja yang dapat mejeng di sana.

Terlebih lagi, dengan menggunakan Bluetooth sebagai komponen utamanya, biasanya tim verifikasi Apple bakal bekerja lebih ekstra untuk dapat meloloskan sebuah aplikasi dan hal inilah yang berhasil dicapai oleh PeduliLindungi.

Selain itu, adanya dukungan operator seperti dari Telkom pun tentunya semakin menjamin keamanan para pengguna yang masih awam dan takut berbagai datanya bakal tercuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan amannya serta sangat berguna untuk mengurangi angka pandemi COVID-19, aplikasi PeduliLindungi nampaknya menjadi salah satu aplikasi yang wajib kalian install pada smartphone kalian.