Profile Gabe Newell, Pencetus Valve Yang Memiliki Impact Besar Di Industri Gaming

Newell memimpin perkembangan layanan digital distribusi Valve di steam, yang dimana diluncurkan pada tahun 2003 dan menguasai sebagian besar pasar sebagai downloaded PC game pada tahun 2011.

Gabe Logan Newell adalah seorang pengusaha asal Amerika dan juga pendiri serta president dari pengembang video game dan perusahaan distribusi digital Valve. Newell Dididik di Davis Senior High School, dan Kuliah di Harvard University pada awal 1980. Dirinya keluar untuk bergabung ke Microsoft, Dimana dirinya membantu pembuatan iterasi pertama pada system operasi Windows. Bersama dengan Mike Harrington, Newell meninggalkan Microsoft pada 1996 dan menemukkan Valve. Harrington keluar dan meninggalkan Newell sebagai pemilik tunggalnya.

Newell memimpin perkembangan layanan digital distribusi Valve di steam, yang dimana diluncurkan pada tahun 2003 dan menguasai sebagian besar pasar sebagai downloaded PC game pada tahun 2011. Newell adalah salah satu orang terkaya di Amerika Serikat dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar $5.5 Miliar di tahun 2017.

Karir

Newell menghadiri Davis Senior High School di California. Dirinya kuliah di Harvard University pada tahun 1980, tetapi keluar untuk bekerja untuk Microsoft pada tahun 1983. Dirihnya menghabiskan 13 tahun berikutnya berkerja di Microsoft, Bekerja sebagai produsen untuk 3 sistem operasi pertama Microsoft.

Dirinya juga memimpin perkembangan port untuk game first-person shooter game 1993 yaitu Doom untuk Windows 95. Portnya di kreditkan untuk membantu pembuatan Windows sebagai platform game yang layak.

Newell setelah itu mengatakan kalau dirinya belajar lebih banyak di 3 bulan pertamanya bekerja di Microsoft, dibandingkan belajar di Harvard. Hal inilah yang menjadikan alasan utama Newell untuk keluar dari Harvard University.

Terinspirasi oleh Michael Abrash yang meninggalkan Microsoft untuk membuat game Quake di id Software, Newell dan karyawan lainnya, Mike Harrington, meninggalkan Microsoft dan menemukkan Valve pada tahun 1996.

Mereka mendanai game pertama Valve product, yaitu first-person shooter game bernama Half-Life pada tahun 1998, dan menggunakan game engine GoldSrc. Harrington keluar pada tahun 2000, meninggalkan Newell sebagai pemilik tunggal.

Selama produksi Half-Life, Newell menghabiskan beberapa bulan untuk mengembangkan Steam, yaitu layanan distribusi digital untuk games. pada tahun 2011, steam menguasai 50-70% pasar PC game dan menghasilkan sebagian besar penghasilan Valve.

Pada tahun 2007, Newell mengexpresikan ketidakpuasannya mengenai perkembangan perangkat lunak untuk game console. Newell mengatakan kalau proses perkembangan untuk Playstation 3.

Namun demikian, pada Electronic Entertainment Expo pada tahun 2010, Newell hadir pada panggung Sony’s Keynote, sambil mengakui komentar sebelumnya mengenai console, dirinya mendiskusikan mengenai keterbukaan pada console Playstation 3 Sony, dan mengumumkan Portal 2 untuk console tersebut.

Berkomentar bahwa Steamworks support menjadi versi terbaik untuk console manapun. Newell Mengkritik layanan Xbox Live, seabgai “a train wreck” Dirinya juga mengkritik Windows 8, memanggilnya “Malapetaka” dan sebuah ancaman untuk  game PC.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima!Detail Tetang Cookie