esportsku
Media Esports Indonesia

Review Acer Nitro 5, Laptop Gaming Murah Yang Mudah Di Upgrade!

Dengan harga banting seperti ini, pastinya Nitro-5 menjadi pilihan terbaik daripada kompetitor lainnya. Walau terbilang lebih murah, Nitro-5 tetap saja memiliki spec yang dapat melawan laptop dengan harga lebih tinggi lainnya.

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Kali ini kami akan melakukan Review Acer Predator Nitro 5, Laptop Gaming Murah Yang Mudah Di Upgrade. Laptop Nitro-5 adalah laptop gaming keluaran Acer untuk seri gaming Predator milik mereka. Dengan harga murah yang dimulai dari Rp.14.999 juta, Nitro-5 merupakan laptop gaming yang mumpuni. Menggunakan chip kuat generasi ke-9 i5 CPU, GTX 1050/1650/ GTX 1660 Ti, desain ciamik, dan semua dengan harga relatif murah laptop ini adalah mimpi para gamer.

Dengan harga banting seperti ini, pastinya Nitro-5 menjadi pilihan terbaik daripada kompetitor lainnya. Walau terbilang lebih murah, Nitro-5 tetap saja memiliki spec yang dapat melawan laptop dengan harga lebih tinggi lainnya.

Laptop dengan bobot ringan sebesar 2.75kg dan dimensi 15.35 x 10.47 x 1.05 inci ini juga memiliki desain yang ergonomis. Selain itu  laptop ini juga memiliki storage yang cukup besar. Dengan slot storage sebesar 1TB dan memori 256 GB juga menjadi pendukung storage laptop ini.

Selain itu Nitro-5 juga didukung dengan menghadirkan CoolBoost, dengan kecepatan kipas 19 kali lebih cepat dan dpat menurunkan panas hingga 11% membuat laptop ini akan semakin terawat dari panas. Dengan layar 15.6 inci IPS full HD 1920 x 1080 dan kualitas suara yang didukung oleh Dolby Audio Premium dan Acer TrueHarmony.

PROCESSOR

Nitro-5 dilengkapi dengan Intel® Core™ i5 (i5 – 7300HQ, 2.50 GHz, 6 MB). Chip generasi ke-9 core i5 ini merupakan chip yang terbilang budget walau menyimpan kekuatan yang besar. Processor quad-core ini berdasarkan Kaby Lake Architecture yang pertama diumumkan pada Januari 2017. Kelemahan dari chip ini sayangnya tidak mendukung Hyper-Threading dan memiliki clocks yang lebih rendah. CPU Cores ini berjalan di 2.5 – 3.5 Ghz (4 Cores sampai dengan 3.1, 2 Cores sampai dengan 3.3 Ghz.)

Performa chip ini kurang lebih mirip dengan Core i5-6440 HQ yang menawarkan performa per-Mhz  dan hanya 100 Mhz lebih tinggi. Hal ini membuat chip ini sangat mampu untuk bekerja intense dan berat. Dengan performa chip yang cukup baik, pastinya bermain game akan mendapatkan FPS yang lebih stabil dan tidak ada frame drop.

NVIDIA GEFORCE GTX 1660 TI

Dilengkapi dengan Nvidia GeForce GTX 1660 Ti, GPU ini terhitung sebagai VGA budget mid-range. Tetapi jangan salah, walaupun terbilang GPU “murah” dan bukan high-end, 1660 Ti sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk bermain game dan pekerjaan berat.

GPU ini memiliki performa yang sangat baik untuk 1920 x 1080 dan framerate yang cukup baik 2560 x 1440. 1660 Ti juga memiliki fitur encode/decode acceleration. Selain itu karena menggunakan power sebesar  120W, 1660Ti lebih diunggulkan daripada rival mereka, yakni AMD. Sayangnya 1660Ti tidak bisa melakukan ray tracing atau DLSS.

Selain itu sebenarnya Nitro-5 memiliki varian lain yang hanya berbeda di GPU saja. Terdapat beberapa varian seperti Nvidia GeForce GTX 1050 dengan 3GB GDDR5 memori dan Nvidia GeForce GTX 1650 dengan 4GB GDDR5 memori, tetapi yang terkuat adalah GPU Nvidia GeForce GTX 1660 Ti dengan 6GB GDDR6 memori. Dengan dibekalkan GPU yang kuat sepert 1660 Ti, bahkan GPU ini mengalahkan banyak GPU lainnya.

GPU BENCHMARK

Menariknya 1660 Ti milik Nitro-5 memiliki keunggulan yang cukup terlihat dengan laptop lainnya. Bersaing dengan MSI GE63 Raider yang menggunakan GTX 1070, 1660 Ti milik Nitro-5 sangat kuat performa nya. Tetapi tidak hanya benchmark saja, Nitro-5 juga di tes untuk mencoba beberapa game. Dari sini kita juga bisa menilai performa dan kestabilan GPU juga CPU.

Peforma Nitor 5 Terhadap Game

GTA-V-benchmarks

  • FULL HD, HIGH SETTING: 127 FPS
  • FULL HD, VERY HIGH: 72 FPS
  • FULL HD, MAX SETTING: 47 FPS

  • FULL HD, NORMAL SETTING: 101 FPS
  • FULL HD, HIGH SETTING:94 FPS
  • FULL HD, VERY HIGH SETTING: 88 FPS

rise-of-the-tomb-raider

  • FULL HD, MEDIUM SETTING: 125 FPS
  • FULL HD, VERY HIGH SETTING: 66 FPS
  • FULL HD, MAX SETTING: 44 FPS

  • FULL HD, HIGH SETTING: 81 fps
  • FULL HD, VERY HIGH SETTING: 72 FPS
  • FULL HD, ULTRA SETTING : 47 FPS

  • FULL HD, MEDIUM SETTING: 84 FPS
  • FULL HD, HIGH SETTING: 79 FPS
  • FULL HD, HIGHEST SETTING: 50 FPS

Mendapatkan FPS yang terbilang tinggi untuk game-game berat seperti diatas membuktikan bahwa Nitro-5 dengan 1660 Ti miliknya sangat kuat untuk menjalankan settingan tinggi. Jika kalian berenca untuk bermain game yang high-end atau game-game baru lainnya, laptop ini sangat bagus untuk kalian.

RAM 8GB DDR4 (Upgradeable)

Membawa memori RAM sebesar 8GB yang dapat ditambah hingga 32GB membuat laptop ini cuku ganas untuk digunakan. Memang 8GB pada umumnya menjadi RAM minimal untuk laptop high-end, tetapi ingat Nitro-5 adalah laptop midrange budget. Dan jaman sekarang dimana RAM relatif murah harganya per giga nya pastinya menambah RAM bukan jadi halangan. Dengan maksimum 32GB, pengguna pastinya akan sangat terasa ketika melakukan multitasking.

MEDIA PENYIMPANAN (STORAGE)

Dilengkapi dengan storage yang cukup kuat yaitu 256GB NVMe SSD dan HDD sebesar 1TB pastinya laptop ini terhitung luas. SSD sebesar 256 GB sangat bagus untuk OS kalian agak boot lebih cepat, ditambah storage ini bisa diisi beberapa game favorit kalian agar loading lebih cepat. Dengan HDD dasar 1TB, pastinya kalian tidak akan kesulitan menghapusi file atau data tidak penting. 1TB itu sangat besar loh, bahkan secara teori jika kalian mempunyai 20 game di steam library kalian, 1TB dapat menampung semuanya.

Selain itu laptop ini memiliki backdoor compartment yang mudah diakses. Dengan adanya backdoor compartment pastinya laptop ini akan mudah diupgrade. Adanya fitur ini akan memudahkan upgrade memori dan storage. Dengan bermodalkan 1 mur saja, kalian tidak perlu membongakar seluruh laptop untuk updgrade.

FITUR LAINNYA

KILLER NETWORK MANAGER

Laptop ini juga memiliki faslitas dari Acer, yakni Killer Network Manager yang mengatur Kill Ethernet dan Netwok Optimizer. Hal ini sangat membantu ketika kalian bermain game online. Pasalnya fitur ini sangat membantu latency ketika bermain, dengan begitu permainan kalian akan lebih stabil.

Aplikasi ini juga mendeteksi antara browsing, game, dan live stream. Dengan deteksi otomatis, app ini akan mengatur bandwith dengan seimbang dan pastinya tidak saling memberatkan satu sama lain dan bebas lag. Ditambah app ini mempunyai fitur prioritas, pengguna dapat mengatur aplikasi mana saja yang diprioritaskan oleh koneksi bahkan memblokir untuk koneksi yang lebih baik.

NITRO SENSE DAN COOLBOOST UNTUK LAPTOP YANG TETAP DINGIN

Laptop Nitro-5 ini dilengkapi juga dengan fitur Nitrosense. Aplikasi ini sangat berguna untuk mengontrol panas laptop dan untuk melihat keadaan suhu dan komponen dalam. Fitur ini juga dapat untuk mengatur kecepatan kipas seccara real time, sehingga pengguna dapat mnegatur segala pendinginan di dalam laptop dengan mengatur kecepatan dan efisiensi nya. Tidak hanya itu, Nitrosense juga dapat mengatur kinerja lainnya seperti kelistrikan. Dengan begitu kalian bisa memaksimalkan penggunaan listrik dan membuat laptop kalian lebih tahan lama tanpa charger.

Nitro-5 juga dilengkapi oleh fitur dua kipas yang dinamankan Acer Coolboost, kipas ini dijanjikan dapat memberikan kecepatan kipas yang maksimum dan kemampuan mendinginkan yang sangat tinggi dan efisien. Pengguna dapat mengatur segala pergerakan kipas tersebut juga. Dengan kecepatan 19% lebih cepat dan dapat mengurangi temperatur higga 11% berkat fitur Coolboost, para pengguna juga pastinya akan sangat diuntungkan.

DAYA TAHAN BATERAI

Acer Nitro 5 juga mempunyai daya tahan baterai yang sangat kuat. Mampu bertahan 500 menit dalam melakukan web browsing yang sangat intense dan memberatkan komponen dalam, Acer Nitro 5 mampu bertahan sebagai laptop terkuat dalam batere di kelasnya.

AUDIO

Audio dari Nitro 5 juga dibantu oleh Dolby Audio Premium dan Acer TrueHarmony. Dengan Dolby Audio Premium, pengguna akan merasakan audio yang sesungguhnya. Hal ini juga sangat membantu karena speaker akan mengeluarkan suara 3D di speaker membuat menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game akan semakin maksimum.

Dolby Audio Premium memiliki beberapa fitur seperti ini;

  • Media Intelligence: mengidentifikasi berbagai jenis konten secara real time, serta menyesuaikan tingkat volume dan mengurangi kebisingan di sekitar secara otomatis.
  • Multiple Endpoint Support: Fitur ini memberikan dan mengoptimalkan pengalaman audio terbaik dengan kemampuan menciptakan suara efek di sekelilingmu layaknya menonton film di bioskop (surround sound).
  • Bass Enhancer: memberikan kejernihan suara bass.
  • Intelligent Equalizer: dengan fitur ini, audio dalam suatu perangkat bisa memiliki tingkat volume yang konsisten tanpa over-processing dan meminimalkan distorsi suara.
  • Dialogue Enhancer: dapat meningkatkan kejelasan dialog di konten hiburan, sehingga pengguna dapat mengikuti detail setiap kata.

 

Selain itu Acer PureHarmony juga ada untuk menambah kualitas dan pengalaman kalian. PureHarmony akan menghasilkan suara yang lebih murni dan sangat baik. Dengan surround sound yang juga menghasilkan suara yang sangat kuat, pengguna pastinya akan merasakan pengalaman terbaik menggunakan Nitro 5.

DISPLAY

Nitro 5 pastinya juga memiliki display yang sangat ciamik. Didukung teknologi IPS panel yang sangat bagus. IPS panel sangat membantu untuk mendapatkan image yang akurat dan kaya akan warna. Layar IPS yang disematkan Acer pada Nitro 5 bisa memberikan konsistensi warna pada sudut tampilan 178 derajat yang sangat baik.

Nitro 5 juga memiliki akurasi warna lebih baik sebesar 56% dibanding laptop lainnya dikelas yang sama. Memiliki color gamut yang lebih baik sebesar 60% dibanding yang lain juga membuat Nitro 5 sangat diunggulkan untuk bermain game MMORPG yang mempunyai alam indah dan game FPS untuk mendapatkan realistic image dan pengalaman terbaik.

Nitro 5 juga memiliki response time yang kecil untuk meminimalisir motion blur di game yang dapat dikatakan “cepat”. Jika kalian bermain Apex Legend, Rainbow Six Siege, PUBG, FIFA/PES di laptop lainnya pastinya kalian akan merasakan motion blur yang terkadang sangat mengganggu. Hal ini ada karena proses gambar yang ada untuk meringankan display, tetapi di Nitro 5 hal ini dapat di minimalisir lebih lanjut berkat response time yang lebih kecil.

KEYBOARD

Nitro 5 sayangnya tidak menggunakan keyboard  mekanik seperti laptop gaming mahal lainnya seperti ROG. Nitro 5 menggunakan Chiclet Keyboard, keyboard ini adalah keyboard paling umum di semua keyboard laptop. Dengan style keyboard yang rata, keyboard ini masih menggunakan membran, jadi untuk kalian yang senang menggunakan laptop sangat intense seperti mengetik, hati-hati karena membran bisa saja habis.

Nitro 5 tetapi dilengkapi dengan back light di bagian keyboard, hal ini untuk memudahkan proses pengetikan di tempat gelap. Keyboard yang berwarna hitam pastinya akan membuat proses penggunaan ditempat gelap sangat sulit, oleh karena itu back light dari Nitro 5 sangat membantu para pengguna.

Jika kalian memiliki mata yang sensitif, tenang saja karena back light dari keyboard ini bisa diatur sedemikian rupa. Kalian bisa mematikan atau mengatur intensitas cahaya dari back light ini. Beberapa orang mengeluhkan warna back light ini karena berwarna merah, hal ini karena warna merah yang tajam terkadang membuat mata perih para pengguna. Disarankan untuk menggunakan keyboard mekanik eksternal untuk Nitro 5, tetapi sebenarnya keyboard bawaan ini sudah cukup baik.

KELENGKAPAN LAIN

Acer Nitro 5 dilengkapi juga dengan backlight berwarna merah, hal ini untuk memudahkan waktu pengetikan di tempat gelap dan sebagai estetik tambahan laptop. Untuk port sendiri, Nitro 5 dilengkapi dengan USB 3.1 type-c, dan HDMI 2.0 port serta 3 pin 135 W AC Adapter.

KESIMPULAN

Tersedia mulai dengan harga retail sebesar Rp.14.999 juta, laptop ini adalah laptop budget terkuat di kelas midrange dibanding laptop lainnya. Mempunyai kekuatan komponon yang efektif, Nitro 5 adalah pilihan utama bagi kalian yang sedang mencari laptop gaming murah. Hal ini juga didukung dengan adanya stok laptop yang selalu di tawarkan Acer, karena beberapa laptop gaming lainnya seringkali dibatasi penjualannya.

CPU TypeIntel® Core™ i5-7300HQ (6MB cache, up to 3.5Ghz) processor
Model NameNitro 5 AN515-54
GraphicsNvidia GeForce GTX 1060 3GB of GDDR5 , atau
Nvidia GeForce GTX 1650 4G of GDDR5
OSWindows 10 Home
Memory8GB, sampai dengan 32GB DDR4-2400
Storage 256GB NVMe SSD + HDD 1TB
CoolingAcer CoolBoostTM Technology
AudioDolby Audio Premium
Display15.6 inci Full HD IPS
WirelessFast 2×2 802.11ac MIMO
PortUSB 3.1 Type-C
KeyboardRed Backlight
Output HDMI 2.0 Port
Power3-pin 125 A AC Adapter

 

Jadi, apakah kalian tertarik untuk memiliki laptop gaming keluaran acer terbaru ini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Website ini menggunakan Coookie untuk kestabilan akses, Apakah kamu menerimanya? Terima! Detail Tetang Cookie

error: Content is protected !!