Intip Spek Mana yang Terbaik antara Samsung Galaxy M21 Vs Galaxy M30s

Share This Post

Beberapa waktu silam, Samsung merilis Galaxy M21 di Indonesia. Smartphone ini unggul baterainya yang berkapasitas sangat besar.

Dukungan tiga kamera smartphone ini juga mengikuti tren masa kini. Hanya saja harga yang berikan di atas Samsung Galaxy M30s. Padahal keduanya punya spesifikasi hardware yang relatif sama.

Ini membuat banyak orang bingung ada bedanya tidak di antara keduanya.

Di sektor hardware, kedua perangkat ini sama-sama ditenagai chipset Exynos 9661 Octa-Core (Quad-Core Cortex-A73 2,3 GHz + Quad-Core Cortex-A53 1,7 GHz) dengan teknologi fabrikasi 10nm.

Keduanya juga hanya memiliki satu varian dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Harganya tapi berbeda, dimana Galaxy M21 seharga Rp 3.199.000 dan Galaxy M30s seharga Rp 3.099.000.

Bisa dikatakan perbedaan harganya pun cukup tipis jika dilihat dari spesifikasi dan fitur yang hampir sama. 

Jika kapasitas internalnya dirasa kurang lega, maka kalian bisa menyematkan microSD sampai 512 GB di slot yang sudah disediakan di kedua produk ini.

Yang menarik, M21 dan M30s dibekali baterai dengan kapasitas 6.000mAh yang diklaim Samsung bsia bertahan selama satu hari dalam penggunaan normal. Fitur 15W Fast Charging yang disematkan pada keduanya pun bisa mengisi daya baterai dengan cepat.

Dalam hal fotografi, M21dan M30s ini pun punya tiga kamera belakang sama dengan kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, dan sekunder 5 MP. 

Tapi ternyata justru kamera depan Galaxy M21 berresolusi 20 MP lebih besar daripada Galaxy M30s dengan 16 MP.

Kedua smartphone ini juga menampilkan layar 6,4 inci Super AMOLED dengan desain Infinity-U yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk huruf U kecil. 

Tetapi Galaxy M21 memiliki resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) sehingga lebih unggul dari Galaxy M30s berresolusi HD+ (1520 x 720 piksel).

Ada juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint di bagian belakang, AI Gaming Booster, dan fitur Face Unlock sudah disematkan pada kedua perangkat ini. M21 sendiri sudah langsung dibekali OneUI 2.0 berbasiskan Android 10.

Di sisi lain, Galaxy M30s saat awal meluncur datang dengan OneUI berbasis Android 9, tapi sekarang sudah memperoleh update dari One UI 2.0 berbasiskan Android 10. 

Dengan perbedaan yang tidak terlalu jauh, bisa dikatakan Galaxy M30s lebih mengesankan sebab memiliki harga yang lebih murah.

Tetapi jika kalian menginginkan smartphone dengan layar yang mempunyai resolusi Full HD+, maka Samsung Galaxy M21 menjadi pilihan terabik. Tapi tetap saja pilihan antara dua smartphone ini kembali lagi kepada pertimbangan kalian sebagai pembelinya.

Itu tadi artikel mengenai perbandingan spek antara Samsung Galaxy M21 dan Samsung Galaxy M30s.

Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan keterangan lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Related Posts