Tips Memakai NFC Samsung A32, A52, dan A72 Buat eMoney

Share This Post

Samsung selalu memberikan kenyamanan bagi para penggunanya, baik dari segi kualitas maupun keamanan penggunanya. Sebagaimana perangkat smartphone yang mereka luncurkan. Di antaranya Samsung A32, Samsung A52, dan Samsung A72.

Yang menarik, di ketiga perangkat smartphone tersebut sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Fitur ini bermanfaat supaya kalian sebagai pengguna smartphone dapat mengecek saldo eMoney (uang elektronik), melakukan isi ulang eMoney, sampai melakukan pembayaran.

Untuk kalian tahu, Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 sudah resmi dikenalkan di Indonesia kemarin, Maret 2021. Ketiga smartphone tersebut adalah penerus dari Samsung Galaxy A31, A51, dan A71. Sebagaimana pendahulunya, A32, A52, dan A72 juga dilengkapi dengan NFC.

Kemudian, bagaimana cara memakai NFC di ketiga perangkat generasi terbaru seri A tersebut? Langsung cek bareng kuy!

Pengertian NFC

NFC adalah singkatan dari near field communications. Seperti namanya, itu merupakan sebuah teknologi yang membuat dua perangkat yang didekatkan menjadi dapat berkirim, menerima, dan mengolah informasi atau data.

Teknologi NFC ini bisa membuat kalian menghubungkan perangkat elektronik dengan satu sentuhan, melakukan transaksi yang aman, sampai bertukar konten digital.

Satu kegunaan NFC yang paling terkenal yaitu mengecek dan mengisi saldo kartu uang elektronik. Fitur ini bermanfaat apabila sehari-hari kalian banyak melakukan pembayaran dengan kartu uang elektronik misalnya membayar jalan tol, naik MRT, hingga naik Transjakarta.

Mengaktifkan NFC di Smartphone Samsung

Terdapat dua cara mengaktifkan NFC di posmartphonegnsel Samsung. Dikutip dari laman resmi Samsung, di bawah adalah langkah-langkah untuk cara pertama

Langsung saja buka pilihan “Setting” atau “Pengaturan” di menu utama. Kemudian, klik “Connections” atau “Koneksi”.

Jika sudah, tap “NFC and contactless payments” atau “NFC dan pembayaran nirkontak”. Lalu tap ikon tombol virtualnya supaya NFC di perangkat Samsung aktif.

Di samping cara itu, ada cara lain yang lebih mudah dan cepat. Caranya, cukup kalian swipe down atau tarik layar bagian atas ke bawah. Sesudah menu pengaturan tampil, silakan geser kiri dan cari opsi “NFC”.

Cek dan isi saldo eMoney

Supaya bisa memakai NFC buat mengecek saldo eMoney, caranya mudah. Download dulu aplikasi cek saldo di toko aplikasi PlayStore atau App Store. Contoh aplikasi yang sering dipakai yaitu eSaldo Info dan SaldoKu.

Jika aplikasinya telah terpasang, silakan aktifkan NFC di perangkat mengikuti langkah-langkah yang sebelumnya sudah dijelaskan. 

Sesudah itu, buka aplikasinya, kemudian dekatkan atau tempelkan kartu eMoney Anda di bodi belakang perangkat.

Berikutnya, saldo eMoney kalian akan tampil di aplikasinya beserta dengan gambar digital dari kartu tersebut.

Sedangkan, untuk mengisi saldo eMoney, kalian dapat memakai beberapa cara berikut ini.

eMoney Mandiri

Untuk pengguna eMoney Mandiri dapat isi ulang saldo lewat aplikasi Mandiri Online (sekarang jadi Livin’ by Mandiri). Caranya, buka aplikasi, masuk ke “E-Money” lalu tap “Isi Ulang E-Money”. Kemudian, tempelkan kartu eMoney di belakang smartphone dan tunggu sampai saldo tampil di layar.

Atau, pengguna eMoney Mandiri juga dapat isi ulang di Tokopedia dan Bukalapak. Untuk di Tokopedia, pengguna dapat memilih “Top Up & Tagihan” lalu klik “Uang Elektronik” dan tap “Mandiri E-Money”.

Jika di Bukalapak, pengguna dapat memilih menu “Lainnya”, scroll ke bawah sampai menemukan menu “Top up E-Money Mandiri”.

BRI Brizzi

Untuk kalian pengguna BRI Brizzi, bisa download aplikasi BRI Mobile. Di aplikasi ini, kalian bisa isi ulang dengan cara klik “Internet Banking” lalu tap “Pembelian” dan klik “Top up Online Brizzi”.

Berikutnya, kalian diminta untuk memasukkan nomor kartu dan nominal saldo. Kemudian, kalian juga akan diminta untuk menempelkan kartu Brizzi ke punggung smartphone.

Di samping melalui BRI Mobile, kalian pengguna BRI Brizzi juga bisa isi saldo via Tokopedia. Caranya tidak berbeda seperti halnya isi saldo eMoney Mandiri via Tokopedia.

BNI Tap Cash

Untuk cek saldo, kalian pengguna BNI Tap Cash bisa download aplikasi Tap Cash Go. Lalu, untuk top up, pengguna BNI Tap Cash dapat isi ulang saldo di aplikasi Bukalapak sampai Tokopedia.

Untuk pembayaran

Samsung memiliki aplikasi pembayaran bernama Samsung Pay. Kalian dapat menyimpan informasi kartu kredit dalam aplikasi tersebut. Kalau info kartu kreditnya sudah tersimpan di aplikasi itu, kalian cukup mendekatkan perangkat ber-NFC (yang aplikasi Samsung Pay-nya sudah aktif) ke dekat terminal pembayaran.

Samsung Pay juga bisa secara otomatis mengarahkan kalian untuk memilih akun eMoney yang akan dipakai untuk pembayaran. Selamat mencoba!

Related Posts