5 Perintah CMD yang Sering Digunakan Para Hacker, Perlu Waspada!

Share This Post

Command Prompt atau sering disingkat dengan CMD merupakan salah satu tools bawaan yang diberikan oleh Windows bagi pengguna dengan berbagai fungsi. Ada banyak sekali yang bisa dilakukan oleh para pengguna Windows jika mempelajari beberapa trik menggunakan perintah yang ada pada CMD ini.

Bahkan beberapa diantara dari perintah yang ada di CMD ini ternyata sering digunakan oleh para hacker dalam membajak loh guys. Perintah yang ada di CMD ini sangat penting dipelajari jika kamu ingin menjadi seorang programmer.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui perintah CMD mana saja yang digunakan oleh para hacker dalam melakukan pembajakan supaya kamu bisa melakukan langkah antisipasi.  Ada banyak sekali perintah di CMD yang bisa digunakan oleh para hacker. Tentu saja ada beberapa cara paling sering digunakan. Yuk simak apa saja sih perintah CMD yang sering digunakan oleh para hacker berikut ini!

Perintah CMD yang Sering Digunakan Para Hacker

Ping

Perintah CMD pertama yang sering digunakan oleh para hacker adalah Ping. Perintah ini digunakan untuk melakukan koneksi internet dalam mengirimkan beberapa paket data kepada situs tertentu. Nanti paket ini akan mengembalikannya ke PC yang kamu gunakan. Selain itu, Ping akan menunjukkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk melihat apakah host yang kamu lakukan pink tersebut masih hidup atau tidak sama sekali. Caranya adalah dengan mengetikkan ping 8.8.8.8 untuk masuk ke Google pada kolom CMD.

Nslookup

Nslookup adalah perintah CMD yang berbentuk tools yang berisi perintah jaringan. Perintah ini akan membantu dalam mendapatkan nama domain atau pemetaan alamat IP untuk DNS record tertentu. Kamu bisa menggunakan perintah ini jika ingin mengetahui alamat IP address ketika mempunyai sebuah alamat URL. Caranya adalah dengan mengetikkan nslookup spasi alamat URL pada kolom perintah CMD. Selesai deh kamu pun akan menemukan alamat IP. 

Tracert

Perintah yang satu ini disebut juga dengan Trace Route. Tracert bisa digunakan untuk melacak rute alamat IP yang sudah di-pack dan diambil untuk mencapai destinasinya. Perintah ini akan mengkalkulasi dan menampilkan jumlah setiap lompatan yang dibutuhkan untuk mencapai destinasi tersebut. Cara menggunakannya adalah membuka CMD dan mengetikkan tracert (alamat ip) bisa juga dengan mengetikkan tracert (alamat website)

Ipconfig

Perintah CMD yang satu ini merupakan perintah CMD yang sangat keren sekali guys. Pasalnya perintah CMD yang satu ini bisa menunjukkan banyak hal yang berguna. Misalnya saja menunjukkan alamat Ipv6, alamat Ipv6 sementara, alamat Ipv4, subnet mask, default gateway dan berbagai hal lainnya. Caranya adalah dengan membuka CMD, ketikkan ipconfig atau mengetikkan ipconfig/all. Selesai deh kamu akan melihat banyak hal berguna.

ARP

ARP ini bisa digunakan untuk melakukan modifikasi pada chace ARP. Perintah ini bisa dijalankan pada setiap PC. Kamu bisa menggunakannya untuk melihat apakah PC tersebut memiliki alamat MAC yang benar dan terdaftar ke lainnya untuk bisa melakukan Ping satu sama lain apakah berhasil di subnet yang sama. Kamu juga bisa mencari tau orang yang iseng dan berbuat jahil pada LAN komputer milikmu.

Salam teknologi! Nah itulah 5 perintah CMD yang biasa digunakan oleh para hacker yaa guys. Jadi kamu gak awam banget mengenai bagaimana sih para hacker membajak perangkat orang lain hehe. Semoga bermanfaat yaa.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts