4 Rekomendasi Aplikasi Desain Sketsa dan Edit Gambar 3D Gratis Android

Share This Post

Pernahkah kamu memiliki sebuah ide, yang ide tersebut akan lebih mudah dijelaskan jika kamu menggambarnya?

Namun setelah kamu menggambarnya, ternyata belum cukup dan membutuhkan gambaran yang lebih detail dan dapat dilihat dari berbagai sisi dengan mudah.

Maka barangkali kamu membutuhkan aplikasi desain 3D. Aplikasi tersebut sudah banyak tersedia untuk komputer/laptop.

Dan kabar baiknya adalah, untuk mendesain sebuah sketsa menjadi bentuk 3D kini kamu bisa melakukannya dengan smartphone Android kamu, bahkan secara gratis.

Tertarik mencoba? Berikut ini rekomendasi aplikasi desain sketsa dan edit gambar 3D untuk Android yang bisa kamu dapatkan secara gratis, yang telah kami rangkumkan khusus untuk kamu.

Table of Contents

3D Creation

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang sangat sederhana dalam pembuatan model 3D. Mulai dari desain pesawat, manusia, karakter kartun, kapal, cangkir kopi, piring, benteng dan sebagainya dapat dengan mudah kamu buat di 3D Creation.

Di 3D Creation, kamu bisa menjelajahi berbagai karya atau model desain yang tersedia secara umum dan mengunggahnya ke proyekmu.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang mempermudah aktivitas mendesain. Kamu cukup membuat bentuk dasar seperti kubus, silinder, bola, kerucut dan sebagainya yang kemudian kamu kreasikan sesuai bentuk yang kamu inginkan.

Autoq3D

Autoq3D sangat cocok bagi kamu yang suka mendesain berbagai bentuk yang kompleks dalam bentuk 3D. Dengan aplikasi ini, kamu akan diajak mendesain model 3D dengan ruang kerja yang lebih nyaman dan intuitif yang pastinya sangat efisien.

Kamu dapat menggeser, memutar, memperkecil dan memperbesar tampilan gambar atau proyek 3D yang sudah kamu buat.

Autoq3D memiliki tujuh titik yaitu preset kiri, kanan, atas, bawah, depan, belakang dan isometric yang semuanya sangat berguna dalam mendesain proyek yang akan kamu buat nantinya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, tidak terlalu butuh keahlian khusus. Kamu bisa menggambar ide yang kamu miliki menggunakan geometri promitif 3D seperti bentuk kotak atau lingkaran.

Setelah itu bentuk tersebut bisa digeser dan diputar sesuai keinginan. Fitur lain yang membantu desain pengguna adalah trim, explode, offset, fillet dan slice.

3D Modeling

3D Modeling sangat cocok untuk kamu yang hobi mendesain gambar dalam bentuk 3D. Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan kamu dalam mendesain.

Pada aplikasi ini  ada banyak contoh gambar 3D yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam mendesain. Sama seperti aplikasi sebelumnya, untuk membuat sebuah gambar utuh maka langkah awalnya adalah memilih bentuk dasar dari objek yang ingin dibuat.

Untuk membuat bentuk lebih sempurna, maka bentuk dasar ini digabungkan dengan bentuk-bentuk yang lain hingga membuat satu kesatuan bentuk yang lebih kompleks.

Pengeditannya juga bisa menggunakan berbagai fitur yang sudah tersedia dalam aplikasi ini. Tidak hanya professional, aplikasi ini bahkan bisa digunakan oleh para pemula.

MakeIt3D

Aplikasi yang bisa membuat gambar menjadi 3D adalah MakeIt3D. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan pada perangkat Android ataupun iOS. Memiliki tampilan yang mudah, aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengubah foto menjadi 3D secara gratis.

Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengambil gambar melalui kamera di aplikasi ini, kemudian mengubahnya menjadi bentuk 3D.

Terdapat beberapa fitur mode 3D yang bisa kamu pilih seperti grey, color, half-color, optimized anaglyph, side by side, cross eye ataupun wiggle. Kalau kamu memilih salah satu mode tersebut, maka foto yang awalnya 2D akan berubah menjadi 3D.

Demikian rekomendasi yang bisa kami berikan. Walaupun fitur yang dimiliki terbatas, namun dengan gratis dan cukup menggunakan Android kamu akan mendapatkan pengalaman desain 3D yang cukup untuk memulai.

Terima kasih sudah berkunjung, kalau kamu punya saran lain silahkan tinggalkan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts