10 Tips Mempercepat Booting Windows 10

Share This Post

Tips Mempercepat Booting Windows 10 ini sebenarnya cukup mudah untuk kalian gunakan. Seperti yang kalian tahu, komputer ini menjadi salah satu alat atau media yang dapat kalian gunakan untuk melakukan aktivitas apapun itu.

Kalian sendiri dapat menikmati layanan yang ada pada sebuah komputer. Mulai dari mendengarkan musik, browsing di internet dan masih banyak lagi. Selain itu, kalian juga dapat menggunakannya dengan fungsi yang jauh lebih banyak.

Mulai dari membantu pekerja kantoran dalam menyelesaikan pekerjaanya dan akan membantu para siswa dalam mencari sebuah informasi tanpa perlu ribet. Kemudian, fitur yang tersedia pun ini didukung dengan hardware dan juga software tertentu.

Jadi bagaimana Tips Mempercepat Booting Windows 10 ini? Berikut ulasannya!

Tips Mempercepat Booting Windows 10

Tips Mempercepat Booting Windows 10

Tips Mempercepat Booting Windows 10 ini dapat berfungsi untuk kalian yang booting dab mengalami masalah.

1. Upgrade ke SSD

Tips Mempercepat Booting Windows 10 yang pertama yaitu upgrade ke SSD. Kalian sendiri dapat mengambil SSD 64 atau 128 GB. Kalian pun dapat menginstall Windows pada drive itu.

Kalian dapat memindahkan instalasi atau menginstal dari awal menjadi banyak pekerjaan, sehingga hal tersebut bukan sesuatu yang bisa di kerjakan setiap orang, tapi pasti layak untuk dicoba.

SSD ini sendiri dapat membetulkan waktu booting mesin Windows 7 secara signifikan dan ini membuat program yang berjalan di Windows jauh lebih cepat. Hal ini akan memberi hasil yang cukup lebih baik.

2. Hindari Shortcut Desktop

Hindari Shorcut Desktop yang kedua yatu Tips Mempercepat Booting Windows 10. Selain itu, adanya icon atau data yang ada di folder dekstop komputer, misal ada banyaknya file shorcut program dan file lainnya yang terlalu menumpuk.

Untuk windows sendiri dapat menganggu kinerja dalam meload file tersebut, apalagi jika data atau file yang ada di desktop merupakan file yang memiliki kapasitas besar. Hal ini tentu saja akan memberatkan kinerja dari komputer kalian.

Jika semakin banyak file yang terdapat pada desktop komputer atau laptop kalian, tentunya akan memberatkan komputer dalam booting. Agar dapat terhindar dari masalah tersebut, kalian dapat menghapus shorcut atau file yang ada di desktop.

Dan kalian pastikan file tersebut kalian sudah backup terlebih dahulu. Setelah itu, kalian pastikan kalian tidak memasukkan file lagi ke bagian desktop. Dan jika ada file yang ada berupa shorcut dan kalian ingin menghapusnya.

Dan kalian pun dapat mengapusnya dan saat hendak menjalankan program cukup mengunjungi lokasi program itu berada dan klik jalankan program aslinya di folder utama.

3. Tutup Program Aplikasi

Kalian juga dapat menggunakan cara yaitu dengan menutup program aplikasi. Kalian dapat menutup program software yang sudah tidak digunakan lagi. Kalian sendiri dapat menguninstall program yang ingin kalian hapus dari komputer kalian.

Tujuannya yaitu untuk membuat booting menjadi lebih capat dan tidak lambat, cara mematikan startup program di windows 10 cukup mudah sebagai berikut

  • Tekan Windows+R kemudian klik taskmgr dan kemudian tekan Enter
  • Kalian sendiri pun dapat menyeting mana aplikasi yang ingin ditutup, saat kalian sudah menentukanya maka tinggal seleksi aplikasi dan klik End Task. Maka aplikasi tersebut akan terhentu kerjanya.

Selain itu, cara ini sendiri cukup efektif untuk terhindar dari yang namanya booting, selain itu ini juga dapat mengatasi pc yang suka not respond. Kalian pun dapat mematikan apliaksi yang menganggu sehingga menyebabkan pc menjaid lambat dan susah untuk digunakan.

Tips Mempercepat Booting Windows 10 ini sebenarnya tidak terlalu kami rekomendasikan karena terlalu memaksa program.

4. Aktifkan fitur Fast Startup

Setelah itu, kalian dapat mengaktifkan fitur yaitu Fast Startup. Fitur satu ini sebenarnya akan secara otomatis aktif. Fitur inin akan menyesuaikan kebutuhan hardware komputer kalian.

Kalian dapat memastikan dengan cara masuke ke menu options kalian dapat memilih Opsi ‘Chose What the Power Button Does’  pada perangkat komputer kalian sendiri. Untuk dapat mengaktifkan fast startup kalian, kalian tinggal cukup klik ‘Change Settings That Are Currently’ unavaible’ yang lokasinya diatas menu.

Hal ini akan membuat fast startup tersebut terbuka, selain itu jika kalian cukup memberikan centang pada pilihan ‘Turn on fast startup’.

Jika sudah selesai, kalian sendiri pun dapat menyimpanya dengan menekan tombol ‘Save Changes’.

5. Hapus Cache, Cookies Aplikasi

Cara yang kelima yaitu untuk dapat mempercepat booting windows 10 dengan mudah. Kalian sendiri dapat menghapus registry, cache, cookies aplikasi. Tujuannya memberikan ruang lega pada ram dan sistem untuk dapat memiliki performa yang bagus.

Baca juga : 3 Aplikasi Launcher Android

6. Hapus dan Scan Virus

Setelah itu, kalian dapat melakukan scan kesehatan dari komputer kalian dengan rutin. Seperti yang kalian tahu, komputer memang sangat terinfeksi dengan sangat berbahaya. Dampak lainnya yatu komputer dan laptop bisa menjadi lambat, dan jika virus semakin menyebar maka bukan tidak mungkin komputer dapat terjangkit virus dengan mudah.

Kalian pun wajib melakukan update dan melakukan scan virus secara rutin. Kalian dapat menemukan virus maka kalian memerlukan hapus saja.

Tips Mempercepat Booting Windows 10 ini bisa kalian gunakan dengan aplikasi bantan untuk menghapus dan juga melakukan scan virus.

7. Free Up Disk Space

Berikutnya, kalian dapat Free Up Disk Space ini dengan mudah. Kalian dapat membersihkan ruang disk karena memakainya lebih sering daripada yang kalian bayangkan.

Terdapat banyak fitur Windows yang memakai cukup banyak ruang disk misalnya recycle bin, system restore, file hibernasi, kemudian folder WinSxS, direktori temp, dan sebagainya.

Selain itu, mungkin disebabkan karena kalian memiliki banyak data yang tersimpan sehingga kalian mungkin bisa pindah ke hard drive eksternal atau menghapusnya misalnya file duplikat.

Free Up Disk Space di Windows, Kurangi Ukuran Folder WinSxS, Hapus File serta Foto Duplikat. Tips Mempercepat Booting Windows 10 ini sebenarnya cukup mudah karena bisa kalian lakukan tanpa melalui kesulitan.

8. Nonaktifkan Efek Visual

Kalian dapat menonaktifkan Efek Visual menjadi cara lain. Saat ini, di PC modern ini dengan satu mesin yang lebih tua tentu membuat perbedaan yang cukup besar. Selain itu, komputer tentu akan layak walaupun graphic card jelek juga akan membuat perbedaan.

Dengan menonaktifkan efek visual di Windows kalian pun akan membuat komputer kalian lebih mirip Windows 2000 sebab akan menyingkirkan tema Aero serta menghapus semua transparansi dan animasi.

Saat datang ke waktu booting, menonaktifkan efek visual akan membuat desktop sedikit lebih cepat dan lancar. Tips Mempercepat Booting Windows 10 yang kedelapan ini dapat kalian gunakan dengan mudah.

Baca juga : 3 Tips Mematikan Firewall

9. Optimalkan Paging File

Tips selanjutnya yaitu kalian dapat mengoptimalkan paging file. File pagin dapat kalian gunakan untuk meningkat File paging bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja Windows dan mengurangi waktu booting jika di konfigurasi dengan tepat.

Penting dilakukan pengoptimalan file paging jika komputer tidak mempunyai banyak RAM. Dengan RAM yang kurang dari 4GB RAM merupakan alasan yang cukup untuk bermain-main dengan file paging.

10. Pasang lebih banyak RAM

Selain itu, kalian dapat memakai atau menggunakan prosesor Core i3, i5 atau i7, tapi hanya mengelola RAM 2 atau 4 GB! 4 GB tidak buruk dan cukup untuk banyak orang, tapi tidak beralasan bahwa komputer modern harus memiliki RAM kurang dari yang terpasang.

Jika kalian menggunakan Windows 64-bit di desktop, kalian sendiri wajib mencoba 8 GB RAM. Perhatikan bahwa kalian dapat mempunyai OS 32-bit, Windows tidak bisa melihat lebih dari 4 GB RAM, jadi itu yang harus kalian instal.

Tips Mempercepat Booting Windows 10 ini bisa kalian gunakan lebih lanjut.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Tips Mempercepat Booting Windows 10. Semoga informasi yang kami sampaikan dpaat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

 

Related Posts