Aplikasi Instagram Lite, Siap Meluncur!

Aplikasi Instagram Lite merupakan salah satu aplikasi yang banyak diperbincangkan oleh para pengguna android saat ini. Seperti saat ini yang kita kenal, aplikasi Instagram saat ini memang menjadi aplikasi yang cukup hits dan juga banyak digunakan oleh para pengguna.

Developer Instagram baru-baru ini merilis salah satu aplikasi terbaru besutan mereka yaitu Instagram Lite. Hal ini menjadi salah satu kelebihan tersendiri untuk kalian yang memang tidak membutuhkan Instagram secara berlebih dan juga lebih ringan.

Seperti yang kalian tahu, aplikasi Instagram memang semakin berat dan semakin tahunnya pun akan ada fitur-fitur terbaru yang memungkinkan kalian menggunakannya. Maka dari itu, developer pun menyediakan aplikasi Instagram Lite.

Secara fungsi apakah berubah? Seperti apa bentuk Aplikasi Instagram Lite ini? Berikut ulasannya!

Berikut Aplikasi Instagram Lite :

Aplikasi Instagram Lite

Akhir-akhir ini, Instagram pun mengumumkan secara resmi jika mereka sudah meluncurkan versi lite dari aplikasi Instagram ini yang bernama Instagram Lite. Instagram Lite ini memang memiliki fungsi untuk mengurangi secara signifikan beban pada smartphone dan paket data.

Untuk varian yang jauh lebih ringan ini sendiri sudah diluncurkan lebih dari 170 negara. Sebelumnya, di bulan Desember tahun lalu, Instagram Lite ini sendiri sudah diuji coba di India selama satu tahun oleh para pengembang Facebook yang berada di Israel dan Amerika.

Aplikasi Instagram Lite ini sendiri tersedia di smartphone android. Instagram sendiri melakukan klaim walaupun mengurangi beberapa fitur walaupun versi ini tidak akan berkurang dari sisi kualitas jika dibandingkan dengan versi aslinya.

Instagram Lite ini memang menjadi salah satu solusi untuk para pengguna yang berada di wilayah yang belum terjangkau dengan jaringan cepat, maupun pengguna yang masih menggunakan smartphone jadul.

Mereka awalnya hanya merilis di smartphone dengan basis iOS saja. Tetapi mereka pun menyerah dikarenakan adopsinya yang cukup terbatas. Di dalam aplikasi Instagram Lite ini, pengembang memang mengurangi fiturnya cukup banyak.

Mulai dari animasi, transisi, filter serta ikon agar aplikasi dapat berjalan secara cepat dan gesit. Dampaknya aplikasi ini hanya berukuran 2 MB, bukan 30 MB yang merupakan ukuran dari aplikasi aslinya.

Bahkan, sebagian besar fitur utama dari aplikasi ini pun masih tetap dipertahankan, mulai dari video, perpesanan, GIF hingga sticker. Pada perilisan awal resminya, mereka pun tetap menyediakan night mode atau mode gelap di versi kali ini.

Versi lite saat ini pun sudah mendukung Reel, yang walaupun berat di dalam ukuran, tetapi memang tidak mengherankan jika ada fitur yang menjadi salah satu andalan mereka untuk bersaing di dalam segmentasi video pendek yang saat ini didominasi oleh TikTok.

Reels memiliki banyak interaksi di wilayah – wilayah dimana TikTok dilarang seperti India misalnya. Untuk kalian para pengguna yang memang menggunakan smartpone terbaru dan juga memiliki jaringan internet cukup cepat, kalian disarankan menggunakan Instagram standar saja.

Aplikasi Instagram Lite

Tetapi yang harus kalian ketahui adalah jika tidak seluruh pengguna dapat menggunakan Instagram versi standar. Maka dari itu, Instagram pun merilis versi litenya yang dapat terjangkau bagi seluruh pengguna smartphone masa kini.

Para pengembang yang mengerjakan aplikasi ini pun menggambarkan proses pembuatan Instagram Lite ini yang menjadi upaya bersama dari dua tim dari jarak yang cukup jauh. Dengan seluruh pembatasan yang memang timbul akibat pandemi.

Maka dari itu, insinyur- insinyur ini pun diwajibkan menggunakan emulator untuk  memperlambat jaringan seluler mereka dalam upaya mendekatkan mereka ke sesuatu yang mungkin dialami pengguna yang tinggal di daerah pelosok.

Jika diperhatikan kembali, aplikasi Instagram Lite sendiri mengikuti jejak Facebook Lite yang juga dibuat oleh tim Facebook yang berada di Tel Aviv, Israel beberapa tahun lalu. Aplikasi Facebook Lite sendiri dengan cukup cepat meraih popularitas dan memiliki instalasi hingga 1 miliar pengguna.

Selain itu, Instagram pun baru saja memperbarui aplikasinya agar kalian para pengguna dapat menggunakan fitur Live Room dimana saat ini kalian para pengguna yang melakukan Live dapat mengundang hingga tiga orang lain untuk ambil bagian dalam siaran.

Fitur ini juga akan memberikan lebih banyak cara untuk berinteraksi misalnya mengadakan talkshow, nge-jam, atau berkreasi dengan artis lain, tanya jawab dengan penggemar dan mendukung lebih banyak variasi untuk membangun bisnis dan meningkatkan interaksi.

Kalian yang menonton di siaran Live pun dapat membeli sebuah lencana yang ditujukan untuk menunjukkan loyalitas pada konten kreator.

Hal yang sama juga berlaku di dalam Live Room yang berfungsi untuk para pengikut dapat membeli lencana untuk sang pembawa acara atau menggunakan fitur seperti Belanja serta Live Fundraisers.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Poster, Work 100%

Akhir kata

Aplikasi Instagram Lite

Aplikasi Instagram memang menjadi salah satu aplikasi yang memang sudah cukup populer dan banyak sekali gunakan oleh para pengguna saat ini. Maka dari itu, aplikasi Instagram ini pun menjadi salah satu aplikasi favorit.

Tetapi, jika dilihat kembali, aplikasi Instagram ini sendiri memang semakin maju dan juga semakin banyak fiturnya tentu saja. Maka dari itu, aplikasi ini sendiri memang cukup kompatibel digunakan di smartphone yang terbaru.

Alhasil, aplikasi Instagram Lite ini sendiri memang menjadi salah satu aplikasi ringan yang banyak digunakan dikarenakan aplikasi ini cukup ringan dan juga banyak di unduh oleh para pengguna dengan smartphone spesifikasi yang kurang atau smartphone kentang.

Aplikasi Instagram saat ini memang banyak berbenah setelah melihat aplikasi Clubhouse yang menyediakan aplikasi untuk conference call tetapi memang ditujukan untuk sebuah talkshow atau acara-acara tersendiri.

Baca Juga : Aplikasi Pembersih Android, Work 100%

Maka dari itu, Instagram pun tak mau kalah dan juga ikut masuk membuat aplikasi seperti Clubhouse ini. Tidak hanya itu, berbagai macam platform media sosial lainnya pun siap untuk membuat aplikasi sejenis dengan Clubhouse ini.

Hal yang harus kalain ketahui adalah Instagram sendiri memang dinaungi oleh perusahaan yang sama mulai dari WhatsApp, Instagram, hingga Facebook.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan kepada mengenai Aplikasi Instagram Lite. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

Comments are closed.