5 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Subtitle Terbaik di PC

Jika kamu ingin berkreasi menggunakan video, biasanya orang akan lebih menikmati jika video kamu memiliki subtitle.

Dengan subtitle, penonton tidak perlu menebak yang diucapkan dalam video jika suaranya kurang jelas atau terdapat bahasa asing yang perlu diterjemahkan.

Mungkin kamu membayangkan bahwa untuk membuat subtitle dalam video harus memerlukan aplikasi editing video yang rumit. Padahal, tidak semua demikian.

Oleh karena itu, pada artikel ini kami membahas rekomendasi software pembuat subtitle yang bisa dengan mudah kamu gunakan. Simak terus artikel ini ya!

1. Visual Sub Sync

Bagi kamu yang baru memulai menyunting teks terjemahan, Visual Sub Sync mungkin cocok untukmu.

Selain interface-nya yang mudah untuk digunakan, aplikasi ini mendukung format subtitles dasar seperti srt, ssa, dan ass.

Kamu hanya perlu untuk memuat video dalam format mpeg, avi, mkv, dsb, ke dalam aplikasi, lalu akan muncul panel gelombang audio dan panel preview.

Lalu kamu tidak perlu repot menentukan waktu dialog secara manual (memasukkan angka waktu) karena kamu bisa menggunakan panel gelombang audio untuk memasukkan teks.

Terlebih lagi, ada fitur pengecekan error yang menyediakan info seperti teks yang menumpuk. Aplikasi ini juga bisa memuat file audio dengan format wav dan memasukkan teks terjemahan ke dalamnya. Mudah bukan?

2. Aegisub

Aegisub ini merupakan software pembuat atau pengedit subtitle paling populer saat ini karena fitur-fitur yang ditawarkan sangat lengkap.

Dengan aplikasi Aegisub kamu dapat mengkreasikan tulisan dalam subtitle seperti mengganti warna teks, menambah outline pada subtitle, mengganti font subtitle, dan masih banyak lagi.

Biasanya Aegisub ini digunakan oleh para subber-subber anime yang mengharuskan membuat subtitle yang menarik dengan warna-warna yang berbeda dari subtitle biasanya yang terkesan formal.

Selain itu, kamu dapat menambahkan file video saat mengedit subtitle sebagai acuan agar tidak salah dalam timing subtitle.

3. SubMagic

SubMagic merupakan salah satu aplikasi gratis untuk membuat subtitles di dalam format ssa, sub, srt, dan txt.

Selagi membuat subtitles, kamu juga bisa menggunakan fitur analisis, sunting, memperbaiki error, sinkronisasi dan pengaturan Frame Rate. 

Selain itu, SubMagic memiliki interface intuitif yang memungkinkan kamu untuk mengoreksi teks terjemahan atau penyutingan lainnya seperti mengatur format font, memeriksa ejaan, sinkronisasi, dll.

Namun, format video yang dapat dimuat di dalam aplikasi ini hanya AVI. SubMagic juga memiliki fitur andalan seperti subtitles converter yang dapat menggabungkan banyak file subtitles dari format yang berbeda-beda menjadi satu format saja.

4. Subtitle Workshop

Subtitle Workshop sudah menjadi salah satu aplikasi populer dan banyak digunakan di kalangan penerjemah.

Aplikasi ini memiliki interface yang bersahabat dan mudah digunakan, juga membuat banyak format teks terjemahan seperti srt, sub, ass, sbv, ssts, son, sub, rtf, sbt, smi, xas, dll.

Selain format gambar biasa, aplikasi ini juga dapat membuat subtitles untuk format Adobe DVD, DVD, NTSC, dan DVD Pal/SECAM. Pengguna dapat memuat video dengan format mp4, 3gp, wma, avi, flv, divx, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Subtitle Workshop menyediakan fitur koreksi teks, sinkronisasi, pengecekan ejaan, pengaturan format font, dan jukstaposisi.

Kamu juga dapat mengekspor file teks di format encoding yang berbeda, termasuk UTF-8. Lalu pembuatan subtitles pun dapat dilakukan secara berganda dan langsung.

Hal terbaik dari aplikasi ini adalah fitur converter untuk menggabungkan atau memisahkan data teks terjemahan dan juga mengubah format banyak data sekaligus (bulk).

5. Jubler Subtitle Editor

Jubler Subtitle Editor merupakan software pembuat subtitle yang sangat cocok bagi kamu yang menginginkan software yang sederhana karena Jubler Subtitle Editor ini mempunyai tampilan yang sangat sederhana dibandingkan dengan software pembuat subtitle lainnya.

Software ini dapat digunakan untuk membuat subtitle baru atau bisa juga sebagai alat untuk mengubah, memperbaiki dan menyempurnakan subtitle yang ada.

Program subtitle ini dapat melakukan perbaikan inkonsistensi waktu seperti tumpang tindih dan menggunakan algoritma optimasi inbuilt.

Jubler mendukung hampir semua format subtitle populer (Substation Lanjutan, Alpha Substation, SubRip SubViewer (1 dan 2)., MicroDVD, MPL2 dan DVD Spruce Maestro format file).

Dan memungkinkan kamu untuk melihat subtitle secara realtime atau dalam waktu saat mendesain subtitle.

Demikian 5 rekomendasi software untuk membuat subtitle dengan mudah yang bisa kami rangkumkan untuk kamu. Terima kasih sudah berkunjung, simpan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat ya!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news