Beda Samsung Galaxy A12 vs Galaxy M21

Share This Post

Samsung selalu memberikan pembaruan pada setiap peningkatan produk terbaru mereka. Seperti beberapa waktu lalu merilis Galaxy A12 dan Galaxy M21. Keduanya adalah smartphone entry level atau kelas menenang.

Keduanya mempunyai spesifikasi hardware dan fitur yang menarik untuk diulas agar mengetahui manakah yang lebih baik dari keduanya.

Apa saja perbedaan yang membuat keduanya pantas untuk disandingkan pada pembahasan artikel kali ini, dan bagaimana caranya dapat memilih tidak hanya berdasar omongan orang saja.

Kuy langsung simak perbandingan atau perbedaan dari Galaxy A12 vs Galaxy M21!

Desain Galaxy A12 vs Galaxy M21 

Galaxy A12 merupakan smartphone pertaama yang dibekali desain baru Square-Typed Camera, atau menempatkan keempat kamera belakangnya dengan susunan mirip dulu. Desain ini juga membuat beda dari generasi sebelumnya.

Baik A12 maupun M21 sama-sama mengusung desain layar berponi minimalis di bagian atasnya. A12 tampilannya kekinian dengan poni minimalis yang dikenal dengan Infinity-V display. Ditambah kamera belakang tersusun vertikal dilengkapi housing hitam. Sedangkan M21 desain dengan poni minimalis infinity-U display. 

Galaxy M21 tersedia pada tiga varian, yaitu midnight blue, blue, raven black, dan green. Sedangkan A12 mengusung warna black, white, dan blue.

Layar Galaxy A12 vs Galaxy M21 

Layar Galaxy A12 mempunyai lebar 6,5 inci yang sedikit lebih besar dari Galaxy M21 dengan 6,4 inci. 

Jika layar Galaxy A12 dibekali layar dengan teknologi PLS IPS dan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel), maka Galaxy M21 dilengkapi layar dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Menariknya, M21 dilindungi antigores dari corning gorilla glass 3.

Perangkat lunak dan spesifikasi

Tedapat perbedaan pada segi ini. Samsung Galaxy A12 diotaki chipset MediaTek Helio P35 Octa-Core 2,3 GHz yang memiliki performa hampir setara dengan chipset Exynos 9611 milik Samsung Galaxy M21, tetapi lebih unggul.

Samsung Galaxy A12 hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 4 GB + ROM 128 GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB. Sedangkan Galaxy M21 hanya hadir dengan varian RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Untuk dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan OneUI 2.5 berbasiskan Android 10 sudah hadir pada kedua smartphone ini.

Kamera Galaxy A12 vs Galaxy M21 

Samsung Galaxy A12 hadir lebih unggul dengan dukungan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, ultrawide 5 MP, makro 2 MP, dan depth 2 MP. Sedangkan Galaxy M21 Hadir dengan tiga kamera belakang yang punya kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, dan depth 5 MP.

Di kamera depan Galaxy M2, mempunyai resolusi 20 MP yang lebih unggul dari Galaxy A12 dengan 8 MP. Kamera depan dari kedua perangkat ini bisa digunakan untuk video call, foto selfie, maupun Face Unlock.

Kedua peranatgk ini pun sama-sama dibekali sensor fingerprint, tapi penempatannya yang berbeda. A12 menempatkan sensor fingerprint di bagian samping, sedangkan sensor pada Galaxy M21 ditempatkan di belakang.

Baterai Galaxy A12 vs Galaxy M21 

Soal urusan sumber daya energi, Samsung Galaxy M21 hadir dengan baterai 6.000mAh yang mempunyai kapasitas lebih besar daripada Galaxy A12 dengan 5.000mAh. 

Tetapi, keduanya sama-sama dibekali fitur 15W Fast Charging yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat.

Harga Galaxy A12 vs Galaxy M21 

Baik A12 maupun M21 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2,5jutaan.  Setiap spek berbeda tergantung RAM dan penyimpanan internalnya.

Secara keseluruhan, M21 lebih unggul sebab menawarkan performa jauh lebih kencang, layar jauh lebih superior kualitasnya, baterai lebih besar, dan kamera lebih unggul.

Hanya saja untuk kalian yang hobi desain Square-Typed Quad Camera dan ingin memori internal besar, A12 bukan pilihan buruk. Salam teknologi!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts