4 Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

Share This Post

Pernahkah anda melakukan aktivasi microsoft office 2016? Microsoft office sendiri terdiri dari microsoft word, excel, powerpoint, dan masih banyak lagi. Semuanya merupakan satu kesatuan yang tergabung ke dalam satu paket bernama Microsoft Office.

Baik itu microsoft word, excel, maupun powerpoint pasti pernah digunakan dalam pembuatan dokumen atau presentasi. Microsoft word digunakan untuk mengolah kata, sedangkan microsoft excel digunakan untuk mengolah angka, dan microsoft powerpoint digunakan untuk mengolah ppt dan lain sebagainya.

Microsoft Office yang biasanya digunakan dalam membuat dokumen memiliki versi yang bermacam-macam, mulai dari Microsoft office 2003 hingga kini yang terbaru adalah Microsoft office 2019. Namun yang lebih banyak digunakan adalah microsoft office 2016 karena memiliki fitur unik yang hanya dimiliki oleh microsoft 2016.

Apabila anda ingin menggunakan Microsoft office secara full akses, maka anda perlu melakukan aktivasi. Setelah anda selesai menginstall Microsoft office 2016, maka anda harus melakukan aktivasi. Dengan melakukan aktivasi microsoft office 2016 maka anda akan terhindar dari gangguan ketika melakukan pekerjaan menggunakan microsoft office.

Jika Microsoft office tidak di aktivasi, maka bisa menyebabkan beberapa masalah, misalnya saja ketika membuka aplikasi Microsoft office 2016 seringkali muncul jendela aktivasi yang menyuruh untuk memasukan produk key.

Terkait dengan metode aktivasi microsoft office 2016 ini terdapat dua cara yang bisa anda gunakan. Cara yang pertama menggunakan product key (tanpa menggunakan aplikasi tambahan) dan cara yang kedua dengan menggunakan aplikasi tambahan (jika kalian tidak punya product key).

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang beberapa cara aktivasi microsoft office 2016 secara permanen tanpa menggunakan product key. Berikut ulasannya.

Aktivasi Microsoft Office

Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

1. Cara Aktivasi Microsoft Office 2016 tanpa Aplikasi

Cara ini bisa anda lakukan jika memang tidak memiliki product key. Anda dapat melakukan aktivasi dengan menggunakan KMS Activator. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan anda buka salah satu Word atau Excel
  • Kemudian silahkan anda klik tombol Activate untuk Aktivasi.
  • Setelah itu silahkan klik enter product key dan masukan digit product key yang dimiliki. Lalu klik continue.
  • Silahkan anda pilih tombol reedem online dan masuk menggunakan akun microsoft anda.
  • Selanjutnya silahkan anda klik finish activation, maka aktivasi office 2016 telah berhasil.

Sebelum anda melakukan aktivasi maka anda harus  mematikan antivirus untuk sementara terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar aktivasi dapat berjalan dengan lancar, karena bagi antivirus sebuah aktivator akan dijadikan sebagai sebuah ancaman. Apabila anda menggunakan antivirus kecuali windows defender, maka hal yang perlu anda perhatikan adalah mematikan fitur real-time scan yang ada.

2. Cara Aktivasi Microsoft Office 2016 dengan KMS

Cara yang kedua yakni aktivasi dengan KMS. KMS Pico adalah tools aktivator seperti tools yang digunakan pada cara aktivasi microsoft office 2016 secara permanen. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Download KMS Pico

Langkah pertama yang harus anda lakukana adalah pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah menginstall toolsnya. Jika anda belum menginstall toolsnya maka silahkan download software KMS Pico nya terlebih dahulu untuk memulai proses aktivasi dengan password Zipnya : 12345

2. Ekstrak File

Langkah kedua setelah anda berhasil mendownload, silahkan anda lakukan ekstrak file KMS Pico tadi yang formatnya masih dalam bentuk zip.

3. Jalankan File

Langkah yang ketiga setelah diekstrak adalah bukalah folder dan temukan file KMS Pico. Selanjutnya jalankan file yang bernama KMSPico.exe sebagai administrator dengan cara ( Run as administrator ).

4. Tunggu Proses Instalasi

Selanjutnya akan muncul jendela dari Extracting yang menandakan bahwa proses dari aktivasi sedang berlangsung. Selama proses aktivasi belum selesai maka jendelanya tidak akan tertutup. Jendela akan tertutup jika proses aktivasi sudah selesai. Silahkan anda tunggu sampai jendelanya hilang dan Microsoft office 2016 anda sudah diaktivasi.

3. Cara Aktivasi Office 2016 dengan CMD

Anda bisa mengaktivasi microsoft office dengan cmd secara permanen, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Notepad

Langkah pertama yakni silahkan anda buka aplikasi notepad di laptop dengan cari notepad > klik notepad untuk membukanya.

2. Salin Script

Langkah kedua yakni silahkan anda buka script berikut lalu saling scriptnya (CTRL+A dan CTRL+C), script ini berfungsi supaya dapat mengaktivasi office dengan cmd.

3. Masukan File

Langkah ketiga setelah menyalin, silahkan anda bisa paste ke notepad dengan menekan CTRL+V.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Membuat Suara Google Tanpa menggunakan Aplikasi

4. Simpan File

Langkah keempat yakni silahkan klik file > save as. Kemudian pada kolom save as type, anda pilih All Files. Untuk nama anda bisa atur ke aktivasi-office.cmd. Dan klik save.

5. Jalankan Script

Langkah kelima adalah anda tinggal menjalankan scriptnya, klik kanan > Run as Administrator. Silahkan anda tunggu hingga prosesnya selesai.

4. Cara Aktivasi Office 2016 Permanen

Berikut langkah-langkah aktivasi office 2016 secara permanen:

1. Download Aplikasi Oinstall

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus memiliki Oinstall yang sudah terinstall pada harddisk di laptop anda. Apabila anda belum memiliki software ini, silahkan download software Oinstall dahulu dengan password Zipnya: 12345.

2. Ekstrak File Zip

Langkah kedua setelah berhasil terdownload, silahkan anda ekstrak Oinstall tadi. Anda bisa menggunakan winrar, winzip atau aplikasi sejenisnya.

3. Jalankan Aplikasi

Langkah ketiga yakni silahkan anda buka folder hasil dari ekstrak tadi. Anda akan menemukan file serta folder OInstall.exe, kemudian klik kanan > Run as administrator.

Setelah itu akan muncul jendela KMS Office 2019, secara default atau otomatis anda akan berada menu Main Window, silahkan anda pilih ke Utilities saja.

4. Lakukan Aktivasi

Setelah itu pada bagian checkbox “Office reactivation task” berikan tanda centang. Kemudian silahkan pilih dan klik button diawahnya yang bertuliskan “Office RETAIL => VL”. Hal ini digunakan untuk melakukan konversi dari Office 2016 biasa menjadi volume license.

5. Tunggu Proses Aktivasi

Langkah berikutnya adalah silahkan anda tunggu proses aktivasi sampai muncul keterangan “Completed” yang berarti berhasil.

6. Ijinkan Windows Firewall

Langkah keenam adalah silahkan anda pilih dan klik Activate Office. Maka akan muncul jendela Windows Security Alert dengan nama KMS emulator by Ratiborus, silahkan anda pilih dan klik ke Allow Access.

Baca juga: Tips Membagikan Video Instagram ke WhatsApp Terbaru di Android dan iOS

7. Menunggu Pemasangan Selesai

Langkah ketujuh adalah silahkan anda tunggu proses aktivasi sampai selesai. Setelah prosesnya sudah selesai akan muncul keterangan Product activation succesfull yang menandakan proses telah selesai dan sudah di aktivasi. Apabila proses aktivasi sudah berhasil, maka silahkan anda buka Microsoft Office 2016 dan tutup jendela KMS Office 2019 nya.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts