3 Cara Melacak Smartphone yang Hilang

Share This Post

Smartphone yang hilang karena jatuh atau dicuri memang menjadi masalah yang serius. Hal ini dikarenakan sekarang smartphone telah banyak digunakan untuk menyimpan data-data penting. Oleh karena itu, ketika terjadi sesuatu pada smarphone tentunya akan berdampak buruk bagi anda.

Anda tentunya akan mengalami kerugian materi dan khawatir dengan data-data penting anda yang ada di dalam HP tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengulas tentang cara melacak smartphone yang hilang. Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menemukan kembali smartphone yang hilang. Misalnya saja melacaknya dengan menggunakan email atau bisa juga menggunakan GPS.

Nah apakah anda penasaran apa saja cara yang bisa anda gunakan untuk melacak smartphone yang hilang? Berikut ulasanya.

Smartphone yang hilang

Cara Melacak Smartphone yang Hilang

Ada beberapa cara melacak HP Android yang hilang.

1. Menggunakan akun Google Gmail

Cara pertama yang bisa coba untuk melacak smartphone yang hilang adalh dengan menggunakan akun Google Gmail. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Login Akun Gmail

Langkah Pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan terlebih dahulu melakukan login ke akun Gmail yang sudah aktif di smartphone yang hilang. Anda disarankan untuk menggunakan browser Google Chrome untuk melakukan login. Silahkan masuk ke Gmail, lalu masukkan username gmail anda kemudian klik Berikutnya. Selanjutnya silahkan anda masukkan kata sandi dan klik Berikutnya.

  • Klik Akun Saya

Setelah anda berhasil masuk ke akun gmail kalian, kemudian silahkan klik pada bagian akun di pojok kanan atas kemudian pilih Akun Saya.

  • Klik Find My Device

Pada bagian Login & Keamanan (Login & Security) geser ke bawah. Di kolom Temukan Perangkat Saya (Find My Device) klik tombol Mulai.

  • Klik Nama HP yang Hilang

Langkah selanjutnya adalah silahkan klik pada nama perangkat yang akan anda cari. Agar tetap terjaga keamanannya, silahkan ketikan kembali password gmail dan klik Next.

  • Klik Deringkan/Temukan

Langkah selanjutnya adalah silahkan anda klik pada bagian Deringkan untuk membuat perangkat berbunyi. Klik deringkan ini hanya jika anda lupa menaruh smarphone anda di rumah. Klik Temukan untuk melacak posisi smartphone anda. Selain itu juga terdapat fitur lain untuk membuat smartphone berbunyi, mengunci ataupun menghapus datanya. Silahkan anda pilih sesuai kebutuhan dan semoga masih berfungsi.

Baca juga: Cara Mudah Memasukkan Video ke PPT, Video Online Juga Bisa!

2. Menggunakan Aplikasi Find My Device

Cara yang kedua untuk melacak smartphone yang hilang adalah dengan Aplikasi Find My Device. Aplikasi ini berfungsi untuk menemukan perangkat anda yang hilang. Anda bisa mengdownload dan menginstall aplikasi ini secara gratis di  Google Play Store.

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi Find My Device pada Google Play Store
  • Setelah berhasil terdownload dan terinstall, silahkan anda buka aplikasinya.
  • Selanjutnya silahkan anda login dengan menggunakan akun google yang terpasang pada smartphone yang hilang.
  • Jika sudah login, anda dapat melacak lokasi dari smartphone yang hilang tersebut.
  • Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghapus semua data yang ada di smartphone yang hilang, menyembunyikan smartphone anda, serta bisa juga untuk mengunci smartphone.

Baca juga: Tips Melacak Perangkat Oppo yang Hilang

3. Cara Melacak HP dengan GPS

Cara yang ketiga untuk melacak smartphone yang hilang adalah dengan menggunakan Google Maps. Google Maps merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak lokasi apabila perangkat sedang tersambung ke dalam jaringan internet.

Berikut ini langkah-langkah untuk melacak smartphone dengan menggunakan google map:

  • Langkah yang pertama adalah pastikan anda menyiapkan perangkat yang sudah terhubung ke dalam jaringan internet
  • Setelah itu silahkan anda kunjungi situs https://www.google.com/android/find atau bisa juga ke google.com/android/devicemanager
  • Setelah itu silahlan anda login menggunakan akun Gmail yang terpasang dengan akun Gmail di smartphone anda yang hilang
  • Langkah selanjutnya adalah silahkan anda tunggu  hingga proses pencarian device selesai
  • Jika proses sudah selesai maka otomatis letak atau posisi dari smartphone anda yang hilang akan terlacak
  • Melalui fitur ini, anda juga bisa menghapus perangkat, memutar suara, dan mengamankan perangkat.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts