3 Cara Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis

Cara Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis ini bisa kalian lakukan dengan cukup mudah. Untuk kalian yang belum tahu untuk menyusun daftar isi di sebuah dokumen, tentu saja hal ini akan menyulitkan kalian.

Kalian pun perlu bimbingan atau mengetahui Cara Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis ini lebih lanjut. Dan hal yang paling penting dalam menyusun sebauh karya tulis yaitu tentu struktur dari dokumen itu sendiri.

Hal ini pun tidak hanya berguna untuk membagikan topik dalam ketikan, tetapi juga memberikan keuntungan teknis tersendiri. Dan memang sebagian orang hanya menulis judul dan sub judul dengan mengatur huruf menjadi lebih besar.

Walaupun memang sebagian orang hanya dapat menulis judul dan sub-judul dengan mengatur huruf menjadi lebih besar atau lebih tebal. Walaupun berfungsi secara visual, dan memang cara ini kurang tepat dan tidak memberikan keuntungan secara teknis.

Sebelum kalian melangkah pada pembuatan daftar isi secara otomatis, kalian dapat mengatur struktur ketikan kalian dengan memakai format judul yang benar.

Jadi bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis ini? Berikut ulasannya!

Cara Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis

Cara Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis

Atur Format Judul dan Sub-judul

Cara mengatur format judul di Google Docs ini sendiri relatif sama dengan membuat judul di MS Word. Kalian sendiri dapat meletakkan kursor pada ketikan yang akan menjadi judul/sub-judul, dan kalian pilih format Judul yang ada di menu.

Kalian dapat memerhatikan strukturnya. Mulai dari ‘Judul’ (Title) akan menjadi judul dokumen kalian. ‘Judul 1’ (Heading 1) akan jadi sub-judul utama, ‘Judul 2’ (Heading 2) akan jadi sub-judul di bawah Judul 1, dan seterusnya.

Jika kalian sudah mengatur semua format judul dan sub-judul di dokumen kalian secara benar, Google Docs akan mengenalinya dan akan menunjukkan struktur dokumen tersebut. Struktur inilah yang akan menjadi daftar isi.

Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis

  1. Pertama, kalian dapat klik tombol ‘Sisipkan‘ (Insert) di Menu.
  2. Pilih ‘Daftar Isi‘ dari menu yang muncul.
  3. Pilih salah satu: Dengan nomor halaman atau tanpa nomor halaman.

Daftar isi ini sendiri akan segera muncul di dokumen kalian. Seperti yang kalian ketahui, susunannya sama dengan struktur dokumen. Dan memang cara ini juga tidak terlalu berbeda dengan membuat daftar isi di MS Word.

Kalian sendiri dapat menyusunnya dengan benar, Google Docs sendiri akan mengenali sub-judul yang ada. Kalian dapat klik salah satu sub-judul di daftar isi dan langsung menuju ke bagian tersebut.

Jika kalian ingin membuat akses cepat itu tersedia secara umum (misal ketika diakses online atau diubah jadi PDF), kalian pun dapat membuatnya menjadi link yang bisa diklik.

Baca juga : 3 Tips Download Video Youtube

Membuat Link untuk Judul Daftar Isi

  1. Pertama, kalian dapat menyeleksi Judul/Sub-judul yang bersangkutan.
  2. Setelah itu, klik kanan.
  3. Pilih ‘Link‘ dari menu yang muncul.
  4. Pilih Judul/Sub-judul bersangkutan dari menu yang muncul.

Google Docs sendiri akan memberikan saran link (tautan) yang sesuai. Tapi kalau link yang ada tidak sesuai dengan judul di dokumen, kalian dapat klik ‘Heading dan Bookmark‘ dari menu yang muncul.

Memperbarui Daftar Isi

Kalian pun tetap harus memperbarui daftar isi. Tetapi, memang hal ini harus agar kalian tetap dapat mengikuti pola struktur dokumen yang ada. Kalian dapat memperbarui Daftar Isi dengan mudah.

Tinggal klik ikon ‘Refresh‘ di sudut kiri atas Daftar Isi atau klik kanan pada Daftar Isi dan pilih ‘Perbarui daftar isi’ di menu yang muncul. Kalian pun dapat memanfaatkan cara membuat daftar isi Google Docs otomatis ini.

Baca juga : 11 Cara Download Video dari Akun Facebook Private

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news