Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

Share This Post

Seperti yang kalian ketahui, cara membuat filter Instagram ini sebenarnya cukup mudah untuk kalian lakukan. Dan seperti yang kalian ketahui, Instagram ini memang menjadi salah satu media sosial yang sangat populer.

Dan memang juga sangat banyak digunakan oleh anak muda, anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat banyak fitur menarik di Instagram sendiri selain dapat melihat atau upload foto dan video seseorang, juga dapat menggunakan filter pada foto atau video.

Dan cara membuat filter Instagram sendiri juga sangat mudah. Jika kalian ingin membuat filter Instagram versi kalian sendiri, kalian pun wajib mencoba untuk membuatnya.

Kalian pun tidak perlu khawatir karena cara membuat filter ini sangat mudah. Tidak ada tahapan yang memerlukan keahlian khusus karena semuanya bisa kalian buat secara praktis dan cepat.

Dan dengan bisa membuat filter sendiri maka pilihan filter Instagram kalian pun juga akan semakin beragam. Kalian dapat berekspresi sesuai yang kalian mau dengan filter buatan kalian sendiri.

Jadi bagaimana Cara membuat filter Instagram ini? Berikut ulasannya!

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

Untuk membuat filter Instagram ini sendiri kalian memang memerlukan bantuan aplikasi yaitu Spark AR Studio. Aplikasi ini sendiri nantinya akan kalian gunakan dalam mendesain filter kalian.

Dalam membuat filter di Spark AR Studio memang membutuhkan beberapa tahapan.

1. Download dan Install Spark AR Studio

Cara membuat filter Instagram yang pertama, kalian wajib mengunduh dan instal aplikasi Spark AR Studio di pc atau laptop. Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini sangat mudah karena kalian hanya tinggal cari saja di Google.

Banyak web yang menyediakan atau memberi akses download gratis aplikasi ini. Jika sudah selesai download, kalian dapat langsung saja instal. Dan untuk proses instal juga mudah kalian hanya perlu mengikuti perintah penginstalan saja.

Pastikan aplikasi Spark AR Studio yang kalian unduh ini berhasil terpasang dan tidak eror saat digunakan. Setelah install, kalian pun dapat membukanya terlebih dahulu.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kalian pun wajib login terlebih dahulu dengan akun Facebook. Dan kalian pastikan juga akun Facebook yang kalian gunakan harus tersambung dengan Instagram kalian. Dan hal itu menjadi sebuah syarat sebelum kalian menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: 2 Cara Mengganti Nama Email Dengan Mudah dan Cepat

2. Menyiapkan Bahan

Cara membuat filter Instagram yang kedua, setelah kalian memasang aplikasi Spark AR Studio ini, kalian pun juga dapat menyiapkan bahan yang akan digunakan. Bahan itu mulai dari gambar, simbol, atau background dengan format PNG.

Format PNG ini sendiri memang hanya akan menampilkan gambar utama saja tidak dengan backgroundnya. Kalian pun juga wajib mencari gambar yang temanya sederhana seperti gambar stiker, emoticon dan lain-lain.

Dan kalian jangan sampai menggunakan yang dirasa tidak cocok untuk dijadikan objek filter. Untuk gambar yang kalian unduh ini sendiri pun wajib HD atau memiliki kualitas yang baik agar hasil filter nantinya juga maksimal.

Baca juga: 7 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

3. Mulai Membuat Filter

Cara membuat filter Instagram sendiri yang ketiga yaitu mulai membuat filter. Jika kalian sudah memasang Spark AR Studio ini, kalian bisa menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Dan jika semuanya sudah siap maka kalian sudah dapat mulai membuat filter dan begini beberapa tahapannya.

  • Tahapan pertama, kalian dapat membuka aplikasi Spark AR Studio dan setelah masuk kalian pilih Create Project.
  • Setelah itu, kalian pun akan masuk pada tampilan sheet project kalian.
  • Setelah itu kalian menuju menu Assets dan pilih opsi Add Assets. Jika sudah kalian langsung pilih opsi Animation Sequence.
  • Nantinya, kalian pun akan masuk pada tampilan sheet project
  • Kalian dapat memberikan nama pada layer yang muncul agar tidak kebingungan dalam menyusun layer. Berikutnya, kalian dapat memilih saja opsi Choose File dan pilih bahan-bahan yang sudah kalian siapkan sebelumnya.
  • Kalian dapat melakukan edit pada bahan-bahan yang sudah kalian masukan ke Spark AR Studio. Sesuaikan dengan kemauan kalian mau membuat filter seperti apa.

Baca juga : Aplikasi Dating Yang Aman dan Banyak Peminatnya

4. Ekspor Hasil Filter ke Instagram

Dan jika kalian memang sudah merasa puas dengan desain filter Instagram yang kalian buat, kalian dapat langsung masuk ke cara membuat filter Instagram yang keempat yaitu masukkan hasil filter tersebut ke Instagram kalian.

Cara ekspor hasil filter di Spark AR Studio sangat mudah dan tergolong lebih mudah.

  • Langkah pertama, kalian wajib ekspor file dari Spark AR Studio ke penyimpanan laptop atau pc. Caranya, kalian dapat menuju ke menu File lalu pilih saja Export.
  • Nantinya pun akan muncul berbagai daftar ekspor dan kalian centang saja semuanya. Jika sudah pilih tempat penyimpanan dan jangan lupa mengganti nama file sesuai yang kalian mau.
  • Jika sudah klik saja Export maka otomatis hasil filter akan tersimpan di penyimpanan pc atau laptop. Nantinya akan muncul berbagai daftar ekspor dan kalian.
  • Setelah proses ekspor ke penyimpanan internal selesai sekarang, kalian pun wajib login ke alamar facebook.com/sparkarhub. Jika kalian sudah login maka kalian dapat memulai mengupload file filter dengan memilih menu Upload Effect.
  • Kalian dapat memilih opsi Instagram dan masukkan nama filter yang sudah kalian buat dan simpan tadi. Sekarang kalian pun tinggal mencari gambar yang akan digunakan sebagai cover bagi filter Instagram yang sudah kalian buat.
  • Setelah kalian sudah menemukan gambar yang tepat untuk cover filter, kalian pun hanya tinggal mencentang opsi Legal Agreement dan klik Upload setelah itu klik Continue.
  • Jika proses sudah selesai, kalian pun juga dapat menemukan filter baru yang kalian buat di Instagram pribadi kalian.

Baca juga : Cara Cek Resi Indah Cargo Cepat dan Jelas

Hal Menarik Membuat Filter Instagram

Dan berbagai hal menarik bisa kalian dapatkan dan rasakan setelah berhasil melakukan cara membuat filter Instagram.

1. Bebas Berekspresi

Hal menarik pertama, yang bisa kalian ekspreksi dengan filter buatan kalian sendiri. Dengan mendesain filter sendiri artinya kalian dapat membuat bisa bebas berekspresi dengan filter buatanmu sendiri.

Dengan mendesain filter sendiri artinya kalian dapat membuat filter sesuai yang kalian mau. Dengan begini, kalian pun dapat menggabungkan antara kreativitas dan juga ekspresi kalian.

Dan nantinya, jika filter buatan kalian sendiri sudah jadi, kalian pun bebas berekspresi dengan menggunakannya. Kalian bisa membuat filter Instagram yang belum sebelumnya jadi filter buatan kalian sendiri akan semakin unik.

Tunjukan sisi kreatif dalam filter Instagram yang kalian buat.

2. Berbagi Filter

Kalian pun dapat preview filter buatan kalian dan berbagi kepada orang lain. Hal ini tentu saja sangat menarik karena yang bisa menggunakan dan menikmati filter buatan kalian tidak hanya kalian sendiri tapi orang lain juga bisa.

Banyak orang belum tahu tentang hal menarik yang satu ini. Maka dari itu desain filter kalian sebaik dan sekreatif mungkin agar nantinya orang lain bisa menikmati dan puas dengan filter kalian lebih lanjut.

Baca juga : Cara Daftar UMKM Mudah dan Cair Cepat

Cara membuat filter Instagram ini sebenarnya memang akan dapat kalian lakukan dengan mudah. Nama kalian pun bisa jadi terkenal karena kalian membuat filter Instagram.

Maka dari itu, banyak yang mencari tahu cara membuat filter Instagram ini lebih lanjut.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara membuat filter Instagram. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts