4 Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Menggunakan Disk Check Tool

Share This Post

Pernahkah anda mengalami perangkat keras penyimpanan yang terdapat dalam laptop anda mengalami kerusakan? Sebagai perangkat keras penyimpanan tentunya hardisk memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah komputer atau laptop.

Biasanya kerusakan hardisk terjadi karena hardisk bad sector. Bad sector merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan kondisi hardisk tidak sedang dalam kondisi semestinya. Hardisk bad sector adalah sebuah kondisi sector yang terdapat pada sebuah harddisk tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik, seperti tugas write dan read. Sedangkan sector adalah sebuah tempat atau bagian yang paling kecil di dalam sebuah hardisk yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data. Jika sector dalam sebuah hardisk dalam keadaan buruk, maka akan berpengaruh pada kinerja dari hardisk itu sendiri. Hardisk menjadi tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam membaca perintah dari user. Hal ini akan membuat data yang dibuat dan disimpan akan hilang.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan hardisk bad sector. Pada umumnya ada dua jenis bad sector pada hardisk, yaitu bad sector secara fisik dan software. Masalah hardisk secara fisik disebabkan karena hardisk terkena debu, kotoran, kepanasan, jatuh dan lain sebagainya. Kerusakan fisik ini tidak dapat diperbaiki.

Sedangkan bad sector secara software disebabkan karena ancaman virus dan malware. Berbeda dengan kerusakan secara fisik, bad sector secara software masih ada kemungkinan untuk diperbaiki.

Hardisk Bad Sector

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Menggunakan Disk Check Tool

1. Buka Disk Check Tool

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan anda membuka disk check tool dengan cara mbuka Windows Explorer atau tekan tombol Windows + E pada keyboard.

2. Pilih Disk yang Akan Dicek

Langkah kedua yaitu silahkan anda pilih disk yang ingin anda cek dengan cara klik kanan pada disk yang akan di cek lalu pilih Properties. Disini kami memilih Disk C: Setelah itu, silahkan anda masuk ke tab Tools.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Download Tema Asus Zenfone

3. Lakukan Pengecekan

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah silahkan anda klik tombol Check Now pada bagian Error Checking.

Baca juga: Tips Membagikan Video Instagram ke WhatsApp Terbaru di Android dan iOS

4. Pilih Opsi Pengecekan

Langkah selanjutnya untuk mengatasi Hardisk bad sector adalah silahkan anda memilih opsi pengecekan. Setelah anda melakukan pengecekan seperti dalam langkah ketiga, maka akan muncul kotak dialog kecil yang berisi dua opsi yang harus anda pilih. Silahkan anda mencentang dua opsi tersebut untuk melakukan pengecekan dan memperbaiki bad sector pada hardisk. Sedangkan apabila anda ingin melakukan pengecekan kondisi hardisk pada komputer atau laptop, silahkan anda pilih atau centang opsi yang pertama saja. Selanjutnya silahkan anda klik tombol Start untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.

Proses pengecekan dan perbaikan hardisk bisa berlangsung cukup lama tergantung dari kapasitas dari hardisk dan banyaknya data serta error yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, silahkan anda lakukan pengecekan dan perbaikan ketika laptop atau komputer anda sedang tidak digunakan.

Sedangkan jika terjadi soft bad sector, maka Disk Check akan memperbaikinya sehingga nantinya bisa digunakan lagi. apabila terdapat masalah bad sector yang lebih kompleks lagi, maka nantinya Windows akan kembali menjalankan Disk Check secara otomatis pada saat komputer atau laptop dinyalakan.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts