Cara Mengatasi Hp Lemot Agar Cepat Kembali

Share This Post

Cara mengatasi hp lemot ini sebenarnya sedikit tricky, dan tentu saja berbeda dengan perangkat laptop atau komputer. Maka dari itu, tidak heran bagi beberapa penguna walaupun sudah melakukan root untuk memodifikasi sistem di hpnya.

Walaupun sudah hapus cache atau beberapa data, terkadang hp masih saja lemot. Yang lebih ekstrim, beberapa pengguna juga mengalami hp lemot dan panas.

Jika kalian mempunyai hp bermerek seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, memang nggak menjamin bisa bebas dari masalah lemot atau lelet. Dan memang terkadang penyebab hp lemot diakibatkan kesalahan penggunanya.

Dan sebagus apapun hpnya, jika kurang perhatian dengan perangkat, performa hp bisa menurun dan menyebabkan hp susah dijalankan.

Jadi bagaimana cara mengatasi hp lemot ini? Berikut ulasannya!

Cara Mengatasi Hp Lemot

cara mengatasi hp lemot

Penyebab Hp Lemot

Dibawah ini yaitu hal-hal umum yang sering jadi faktor penyebab hp lemot. Walaupun terdapat beberapa kasus memang sepele, tapi ternyata banyak diabaikan pengguna yang lama kelamaan bisa jadi penghalang performa hp.

1. Memori hp penuh

Penyebab memori hp penuh ini sendiri paling banyak disumbang dari sektor data aplikasi. Whatsapp menjadi salah satu penyumbang data terbesar, pasalnya setiap membuka media di grup atau chat seseorang, kalian pun tidak langsung menghapusnya, dan akan terus mengurangi memori hp.

Hal yang menjadi solusi yaitu kalian wajib rutin menghapus data media dari whatsapp yang tidak perlu. Cek di gallery, buka album Whatsapp dan pilih media yang ingin dihapus.

2. Terlalu Banyak Menyimpan Aplikasi

Kesalahan pengguna hp berikutnya yaitu terlalu banyak install aplikasi. Mulai dari aplikasi penghemat baterai, aplikasi mempercepat kinerja hp dan lainnya.

Sebenarnya, aplikasi tersebut malah menambah beban memori hp. Dan kalian wajib hapus aplikasi sejenis tersebut, karena hp sudah punya sistem sendiri untuk mempercepat kinerjanya.

3. Aplikasi Terus Beroperasi

Sebenarnya, terkadang terdapat beberapa aplikasi secara otomatis selalu hidup, meski tidak digunakan. Dan hal ini biasanya untuk aplikasi media sosial. Kalian dapat dengan mudah mengenalinya dari pemberitahuan yang masuk.

Artinya, walaupun kalian tidak sedang tidak membuka aplikasi tersebut, aplikasi tetap berjalan dari belakang dan terus menggunakan data dan jaringan internet.

4. Jarang Update Sistem Terbaru

Perangkat hp smartphone Samsung, iPhone, Oppo, Vivo dan merk hp lainnya, punya sistem operasi yang selalu diperbaharui oleh perusahaan.

Tujuannya, supaya hp bisa mendapat performa terbaiknya, sehingga sistem di hp kalian pun akan terhindar dari error atau bug yang dapat menyebabkan kinerja hp terhambat dan hp menjadi lemot.

Solusinya, yaitu kalian dapat mengecek pembaruan sistem di hp kalian. Klik di menu pengaturan, lalu pilih opsi tentang hp dan lihat peringatan update. Pastikan juga internet kalian stabil, karena sistem hp umumnya punya ukuran cukup besar dan jika gagal, akan sangat beresiko hp mati total.

Cara Mengatasi Hp Lemot

Sebelumnya kami sendiri sudah menyinggung beberapa penyebab umum, mengapa hp kalian menjadi lemot dan sering mengalami error. Tetapi, jika hp kalian mengalami panas, sebaiknya segera dibawa ke service center untuk dicek apakah ada konsleting pada mesin hp kalian.

Berikutnya kami pun akan bahas solusi menangani hp lemot supaya bisa lancar kembali, mulai dari cara yang sederhana.

1. Membersihkan cache

Cara mengatasi hp lemot yang pertama yaitu membersihkan cache bisa mengurangi file sampah yang ada di hp. Cache sendiri merupakan data yang disimpan dari aktifitas di hp, supaya pengguna lebih cepat akses aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya. Namun data tersebut membuat memori hp berkurang, jadi lebih baik sering dihapus saja.

Pada beberapa kasus, cara ini sudah cukup membuat performa hp bagus lagi.

2. Menghilangkan Download Otomatis di Aplikasi Whatsapp

Cara mengatasi hp lemot yang kedua yaitu menghilangkan download otomatis di Aplikasi WhatsApp. Dan seperti yang kami katakan sebelumnya, WhatsApp ini menjadi salah satu penyumbang memori paling besar di smartphone. Pengguna sendiri mengaktifkan download media otomatis.

Dan alhasil setiap gambar yang terkirim secara otomatis akan disimpan di penyimpanan dalam hp. Cara mengatasi hp lemot ini sebenarnya cukup efektif jika kalian masuk ke dalam grup WhatsApp yang cukup banyak.

  • Pertama, kalian dapat membuka aplikasi Whatsapp
  • Kemudian, kalian pilih setting ke menu storage & data
  • Unchecklist media download otomatis
  • Selesai
  • Dengan begini, media akan disimpan saat kalian sudah membuka media tersebut di WA.

Baca juga: 10 Aplikasi Karaoke PC Gratis Terbaik

3. Menghapus Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Cara mengatasi hp lemot yang ketiga yaitu menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Terdapat beberapa game dan aplikasi mungkin sudah jarang kalian mainkan. Jadi sebaiknya dihapus sementara, suatu saat kalian dapat menginstall lagi.

Kalian pun tidak perlu takut kehilangan ranking atau data, pasalnya beberapa game dan aplikasi memerlukan pendaftaran, sehingga akun kalian pun secara otomatis tersimpan dan bisa dipulihkan lain waktu.

Cara melihat game dan aplikasi yang jarang digunakan adalah :

  • Pertama, kalian dapat membuka aplikasi hapus cache di hp
  • Pilih menu aplikasi
  • Setelah muncul daftar aplikasi yang ada di hp, kalian dapat mengatur urutan berdasarkan waktu dibuka
  • Kalian dapat menghapus aplikasi yang sudah tidak dibuka dalam waktu , misalnya 1 bulan atau lebih
  • Klik uninstall
  • Selesai

Alternatif lainnya yaitu kalian dapat menghapus data aplikasi nya saja. Dan aplikasi tersebut akan seperti baru pertama kali di download yaitu ukuran file yang kecil.

Caranya buka pengaturan, pilih menu aplikasi, klik salah satu aplikasi > hapus data.

Baca juga : 7 Aplikasi Edit Video Online Tanpa Watermark

4. Nonaktifkan Fitur Live Wallpaper

Cara mengatasi hp lemot yang keempat yaitu live wallpaper, live tema atau launcher atau screensaver live yaitu fitur di hp yang memang sangat menarik. Nantinya pun akan menampilkan gambar seperti hidup atau animasi bergerak.

Sayangnya fitur ini juga dapat menyebabkan hp kalian jadi lemot. Dan saat akan selalu bergerak saat hp dinyalakan.

Cara mengatasinya yaitu kalian hapus live wallpaper atau screen saver live, lalu gunakan tema standar bawaan hp.

Kalian juga dapat menggunakan gambar atau foto dengan kualitas tinggi, jadi masih akan bagus saat dijadikan latar belakang hp.

Baca juga : Apa Itu NFC Pada HP?

5. Nonaktifkan Fitur Auto Sync

Cara mengatasi hp lemot yang kelima yaitu fitur menonaktifkan fitur auto sync. Fitur Auto Sync ini dapat menghubungkan semua perangkat kalian dalam 1 akun.

Misalnya, kalian menggunakan akun cloud masing-masing merk hp. Akun tersebut ternyata ada di perangkat hp lain, dan saat kalian punya koneksi internet, salah satu akun akan melakukan update dari data-data yang baru.

Dari aktivitas tadi, otomatis akan menggunakan memori hp, jadi nggak heran kalau hp jadi lemot karena performanya selalu terbagi.

Baca juga : 7 Aplikasi Edit Video Online Tanpa Watermark

6. Meningkatkan Memori Dengan Memori eksternal

Cara mengatasi hp lemot yang keenam yaitu meningkatkan memori dengan memori eskternal. Memori eksternal ini dapat mengurangi beban memori penyimpanan utama di hp.

Saat kalian dapat meletakkan file besar, seperti file gambar, video, file pekerjaan dan data lain di memori eksternal. Dengan begitu memori internal akan fokus digunakan untuk menyimpan sistem di hp saja.

Saat ini sudah banyak jenis tersedia memori eksternal untuk smartphone dengan harga murah. Kalian juga dapat pilih jenis USB, atau memory yang punya koneksi USB type C yang bisa digunakan langsung di perangkat komputer.

Jadi untuk memindahkan memori dari hp ke komputer akan lebih mudah.

Baca juga : 7 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

7. Kembali ke pengaturan pabrik

Langkah ini yaitu cara terakhir mengatasi hp lemot, yaitu dengan mengembalikannya seperti hp yang masih baru. Cara ini juga dikenal dengan nama factory reset.

Pasti semua hp yang baru pertama kali kalian beli, performanya masih bagus dan lancar digunakan.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi hp lemot. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai cara mengatasi hp lemot.

Terima kasih sudah berkunjung!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts