5 Cara Menghilangkan Virus Iklan di Komputer Laptop

Virus iklan yang muncul di komputer laptop pastinya menjengkelkan bukan? Anda perlu menghilangkan virus iklan di komputer laptop anda supaya tidak selalu muncul dan mengganggu anda.

Adware ini biasanya menyusup ke dalam komputer korban pada saat korban tengah berselancar di internet. Tanpa sepengetahuan korban, adware tersebut akan masuk dan menginstall dirinya sendiri ke dalam sistem komputer. Setelah menjangkit biasanya akan memunculkan berbagai iklan produk yang tentunya akan sangat menggangu anda.

Namun anda jangan khawatir ketika komputer laptop anda terjangkit virus iklan ini. Ada beberapa cara yang akan kami bagikan kepada anda untuk menghilangkan virus iklan dikomputer laptop anda. Berikut ini ulasannya.

Virus Iklan di Komputer

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Komputer Laptop

1. Masuk ke Safe Mode

Cara menghilangkan virus iklan di komputer laptop yang pertama adalah masuk ke Safe Mode. Untuk masuk ke dalam safe mode ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Anda perlu memastikan bahwa komputer anda sudah dalam keadaan menyala. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Silahkan anda klik start ketikan msconfig.
  • Setelah itu silahkan anda pilih boot.
  • Pada bagian boot options, silahkan anda centang safe mode > minimal.
  • Selanjutnya silahkan anda klik apply dan kemudian klik ok.

2. Menggunakan Msconfig.exe

Cara yang kedua yakni menggunakan Msconfig.exe. Saat anda masih dalam keadaan Safe Mode, silahkan anda klik start lalu ketik di search bar di windows. Silahkan anda ketikan msconfig, maka akan muncul jendela msconfig.exe, dan silahkan anda pilih menu Service, centang bagian Hide all microsoft service. Silahkan anda lihat apa saja program services yang mencurigakan atau yang menurutmu asing. Jika diperlukan silahkan disable all lalu klik apply.

3. AdwCleaner

Laptop macet

Cara menghilangkan virus iklan yang ketiga yakni menggunakan aplikasi bernama AdwCleaner. Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi ini:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan mendownload dan install aplikasi tersebut terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silahkan anda buka aplikasi AdwCleaner tadi, dan klik pada tombol Scan.
  3. Silahkan anda tunggu proses scanning hingga selesai, scanning ini membutuhkan waktu hanya 1-2 menit.
  4. Setelah selesai maka akan muncul hasilnya di bawah, kemudian silahkan anda pilih opsi Clean untuk membersihkannya. Jika muncul peringatan, silahlan anda tekan OK dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  5. Selanjutnya komputer akan meminta untuk restart, ikuti saja dan silahkan anda tunggu hingga komputer siap digunakan. Sekarang perangkat PC anda sudah bebas dari virus iklan yang mengganggu.

Baca juga: Tips Membagikan Video Instagram ke WhatsApp Terbaru di Android dan iOS

4. MalwareBytes

Cara yang keempat ini dapat anda lakukan apabila anda merasa bahwa tutorial diatas kurang efektif, silahkan anda mencoba cara membersihkan virus iklan di browser dengan tuntas, tanpa sisa lagi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah silahkam mendownload dan install aplikasi Malwarebytes. Kemudian silahkan gunakan versi gratis/free dulu.
  • Setelah itu, silahkan anda membuka aplikasi tersebut, dan lakukan scan full atau pindai penuh.
  • Silahkan anda tunggu proses sampai selesai dan remove atau delete virus dengan mudah.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Download Tema Asus Zenfone

5. Menggunakan Windows Defender

Cara yang terakhir yakni menggunakan Windows defender. Aplikasi yang satu ini merupakan program yang sudah ada dalam sistem komputer anda atau sudah dari bawaan pabrik. Apabila komputer anda tidak ada antivirus, segerahlah aktifkan windows defender.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news