Cara Mudah dan Ampuh Memblokir Email pada Gmail, Filter Pesan Juga!

Share This Post

Email adalah salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini. Tidak hanya untuk komunikasi biasa saja, email juga banyak diperlukan dalam melakukan registrasi data tertentu. Jadi tidak heran kenapa hampir semua pengguna internet memiliki email. Pesan yang masuk ke dalam email pun bermacam – macam.

Mulai dari pesan yang sifatnya personal dan ada juga pesan berupa informasi yang disebarkan oleh pihak lain secara publik ke berbagai email. Email yang masuk terkadang bersifat tidak penting dan bahkan ada juga yang merugikan. Pesan spam yang terlalu banyak masuk tentu saja mengganggu dan terkadang membuat email utama yang penting menjadi tenggelam.

Nah sebenarny a kamu bisa saja loh memblokir email dengan mudah. Kamu bisa membuat daftar hitam pengguna email tertentu. Jadi dia tidak akan bisa mengirim pesan lagi pada akun milikmu. Kamu juga bisa mengarahkannya langsung ke folder khusus supaya tidak masuk ke kotak masuk. Lalu bagaimana sih cara melakukan hal tersebut? Yuk simak penjelasan berikut ini guys!

Cara memblokir email dari pengirim

Cara pertama memblokir email yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat filter pada Gmail untuk memblokir pesan dari seseorang melalui alamat email. Kamu harus membuka pesan yang masuk dan akan kamu blokir terlebih dahulu. Alamat email ini bisa kamu pilih dengan bebas, apakah email personal atau email bisnis. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka email pada perangkat yang kamu gunakan
  2. Langkah selanjutnya adalah klik pada ikon titik tiga yang terdapat pada bagian kanan atas layar pada email yang kamu pilih. 
  3. Menu drop down akan muncul. Sekarang pilih opsi Block (nama pengirim). Maka pesan konfirmasi akan muncul yang menjelaskan bahwa email selanjutnya dari pengirim tersebut akan ditandai sebagai spam
  4. Selesai! Sekarang semua email dari pengirim tersebut akan langsung masuk ke spam guys

Cara menfilter email dari pengirim email tertentu

Gmail juga memungkinkan kamu untuk melakukan filter secara otomatis. Fitur filter ini juga bisa kamu gunakan untuk mengarahkan pesan dari pengirim email tertentu agar langsung masuk ke folder tertentu guys. jadi semua pesan dari pengirim tersebut akan masuk pada folder yang kamu pilih. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah akun Gmail milikmu pada perangkat yang kamu gunakan
  2. Klik pada tanda panah di bagian kanan penelusuran Gmail. Maka kotak advanced gmail search akan muncul
  3. Ketikkan nama pengirim pesan yang ingin kamu filter pada kolom from. Kamu juga  bisa menentukan lebih banyak informasi secara spesifik. Misalnya kamu ingin memblokir subjek, kata, ukuran email dan juga email dari tanggal tertentu. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu guys
  4. Klik link create filter with this search jika kamu sudah selesai memilih kategori diatas
  5. Kamu akan diberikan opsi apa yang akan kamu lakukan pada email sesuai kriteria, yaitu delete it dan skip the inbox
  6. Pilih kriteria yang sesuai, klik apply the label dan klik create filter

Salam teknologi! Nah begitulah caranya memblokir dan menfilter email pada Gmail yaa guys. Tidak ada lagi spam.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts