Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Share This Post

Cara screenshot di laptop ini sebenarnya akan sangat mudah jika kalian lakukan sendiri. Sebenarnya, screenshot atau menangkap di laptop memang memiliki berbagai macam cara.

Mulai dari menekan shortcut keyboard hingga menggunakan aplikasi tersendiri. Tetapi, cara screenshot di laptop ini juga sangat mudah dan cepat untuk dipraktekkan.

Tidak hanya smartphone saja yang bisa menangkap layar dengan mudah. Screenshot atau biasa disebut dengan screen capture merupakan sarana untuk menangkap gambar layar pada laptop.

Dan jika kalian ingin menyimpan gambar atau mengabadikan gambar yang terlihat pada layar laptop kalian, kalian pun dapat melakukan screenshot untuk menangkap gambar layar.

Jadi untuk kalian yang mungkin baru tahu jika laptop ini dapat melakukan proses screenshot, kalian dapat menyimak baik-baik penjelasan kami di bawah ini. Akan dijelaskan berbagai cara untuk melakukan proses screenshot atau screen capture pada laptop.

Jadi bagaimana Cara screenshot di laptop ini? Berikut ulasannya!

Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Cara Mudah Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Sebenarnya, terdapat 5 cara mudah yang bisa kalian gunakan untuk menangkap gambar layar di laptop kalian. Dan memang tidak perlu ribet karena prosesnya yang cukup simpel dan mudah untuk kalian praktekkan lebih lanjut.

1. Tombol PrintScreen

Cara screenshot di laptop yang pertama paling sering digunakan untuk menangkap layar di laptop yaitu dengan menggunakan tombol PrintScreen. Dan dengan tombol ini, kalian pun dapat menangkap layar secara penuh pada laptop.

Seluruh gambar pada layar ini pun akan tertangkap dengan tombol satu ini. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama yaitu kalian pastikan jika isi layar yang akan di capture. Jika sudah kalian dapat langsung tekan tombol PrintScreen yang ada pada keyboard laptop kaian. Dan bagian peletakannyaya di atas pada paling atas pada tombol keyboard.
  • Langkah pertama yaitu kalian pastikan jika isi layar yang akan di capture. Jika sudah, kalian dapat langsung tekan tombol PrintScreen. Dan jika kalian sudah menekannya dengan pasti, kalian dapat langsung saja menuju ke aplikasi Paint.
  • Disini, kalian dapat paste hasil screenshot tadi dengan menekan CTRL + V. Nantinya gambar hasil tangkapan akan muncul di Paint.
  • Kalian pun dapat melakukan edit terlebih dahulu sebelum di Save. Kalian dapat crop, menambahkan tulisan, dan lain-lain. Dan jika sudah, kalian dapat langsung saja klik menu File lalu pilih Save. Dan pilih tempat penyimpanan dan ganti nama sesuai yang kalian mau.

Baca juga : Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Yang Sudah Dibayarkan

2. Tombol Alt + PrintScreen

Cara screenshot di laptop yang kedua ini memang masih berhubungan dengan PrintScreen, tetapi kali ini dikombinasikan dengan tombol Alt. Dan apa bedanya dengan yang sebelumnya? Jika hanya menggunakan tombol PrintScreen maka tangkapan layar akan penuh tetapi jika dikombinasikan dengan tombol Alt maka hanya menangkap program yang masih aktif.

Caranya memang hampir sama dengan menggunakan tombol PrintScreen, tetapi kalian wajib menentukan program apa saja yang kalian ingin screenshot. Jika sudah, kalian dapat arahkan kursor kalian ke program atau aplikasi pilihan kalian dan tekan Alt dan PrintScreen secara bersamaan.

Jika langkah itu sudah kalian lakukan, kalian pun tinggal masuk ke Paint dan tempel hasil screenshot. Kalian dapat melakukan edit jika dibutuhkan atau bisa langsung Save.

Baca juga: Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

3. PhotoScape

Cara screenshot di laptop selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi PhotoScape. Dan memang aplikasi satu ini lebih terkenal untuk editing foto tetapi fungsi lainnya juga dapat digunakan untuk menangkap layar pada laptop.

Aplikasi ini sendiri memang bukan bawaan dari Windows ataupun Apple jadi kalian wajib melakukan unduhan dan instalasi aplikasi ini terlebih dahulu.

Manfaat aplikasi ini sendiri sangat banyak, dan kalian tidak akan sia-sia jika memasng aplikasi PhotoScape di laptop kalian.

  • Pertama-tama kalian pastikan dulu jika isi layar yang akan kalian simpan gambarnya. Setelah itu, kalian dapat membuka saja aplikasi PhotoScape. Dan disana pun akan muncul berbagai pilihan tapi kalian pilih saja menu “ Screen Capture “.
  • Pertama-tama kalian juga dapat pastikan dulu isi layar yang akan kalian simpan gambarnya. Jika kalian sudah memilih menu tersebut maka akan muncul opsi pilihan.
  • Dan disini pun ada opsi menangkap layar penuh, menangkap jendela, menangkap area, dan juga mengulang tangkapan akhir. Pilih sesuai yang kalian inginkan dan kalian butuhkan.
  • Setelah memilih maka isi layar akan tercapture dan disini kalian dapat edit dahulu sebelum kalian simpan.

Baca juga : 9 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

4. Snipping Tool

Cara screenshot di laptop yang keempat yaitu Snipping Tool. Screenshot atau menangkap layar di laptop menggunakan Snipping Tool ini merupakan cara yang paling banyak orang gunakan.

Selain memang cukup mudah untuk digunakan, terdapat berbagai macam pilihan screenshot yang jauh lebih unik. Aplikasi ini memang cukup populer untuk media screen capture.

Dan untuk sistem Windows biasanya aplikasi ini sudah menjadi aplikasi bawaan. Tetapi jika belum ada atau kalian memang tidak menemukannya, kalian pun dapat unduh dan instal terlebih dahulu.

Ukurannya sendiri cukup kecil dan mudah didapatkan di internet.

  • Langkah pertama, kalian wajib tentukan layar yang akan kalian simpan gambarnya.
  • Setelah itu, kalian buka aplikasi Snipping Tool dan pilih jenis capture. Pada opsi Menu, kalian dapat menekan simbol di samping tulisannya. Dan nantinya memang akan muncul pilihan screenshot mulai dari Free-form Snip, Rectangular Snip, Windows Snip, dan Full-screen Snip.
  • Buka aplikasi Snipping Tool dan pilih jenis capture.

Kalian dapat memilih saja sesuai yang kalian inginkan jika kalian memang belum paham kalian dapat mencoba satu persatu agar mengetahui jenisnya. Kalian dapat klik opsi File lalu pilih Save As dan simpan di lokasi yang kalian mau.

Baca juga: 2 Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word Cepat dan Mudah

5. LightShot

Aplikasi LightShot ini sendiri dapat dijadikan sebagai cara screenshot di laptop dengan mudah juga. Dengan memasang aplikasi ini proses penangkapan layar akan makin mudah. Kalian pun dapat membagikan hasil tangkapan layar langsung dari aplikasi ini.

Jika kalian sudah pasang aplikasi ini pada laptop, kalian nantinya pun langkah pertama yaitu dengan langsung menekan tombol PrintScreen. Jika kalian sudah pasang aplikasi ini pada laptop kalian dan dapat mengatur ukuran screenshot.

Caranya kalian pun tinggal tekan dan drag saja bagian sisi dari editor layar. Sesuaikan yang kalian mau dan jika sudah kalian dapat mulai mengedit hasil tangkapan layar jika kalian mau.

Dan jika kalian tidak memerlukan editing lagi, kalian dapat langsung simpan dan otomatis hasil dari tangkapan layar kalian akan berada di folder default yaitu Pictures.

Cara screenshot di laptop ini jika kalian perhatikan lebih lanjut cukup mudah bukan? Dikarenakan kita jarang dan mungkin tidak mengetahui cara screenshot di laptop saja.

Baca juga : 2 Cara Mengganti Nama Email Dengan Mudah dan Cepat

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara screenshot di laptop. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts