7 Ciri HP Android Terkena Virus

Share This Post

HP android yang terkena virus memang sangat mengganggu. Jika HP android anda sudah terinfeksi virus maka anda harus segera mengatasinya agar tidak berdampak lebih buruk pada HP anda.

Namun sebagian orang masih belum mengetahui ciri apa saja yang terjadi pada HP android yang sedang terkena virus. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang ciri-ciri HP android yang terkena virus. Hal ini bertujuan agar anda dapat mendeteksi sedini mungkin dan segera mengambil tindakan ketika muncul tanda-tanda HP anda terkena virus.

HP android

Ciri-Ciri HP Android Terkena Virus

Berikut ini adalah ciri-ciri HP android terkena virus:

1. HP mati sendiri ketika menerima panggilan

Ciri HP android anda sedang terkena virus yang pertama adalah HP tiba-tiba mati dengan sendirinya pada saat menerima panggilan. Jika HP anda mengalami kondisi ini maka kemungkinan besar HP anda sudah terkena virus atau malware.

Virus ini juga bisa menyebabkan jaringan pada HP anda tergangu dan pulsa anda akan tersedot habis walaupun tidak digunakan.

2. Biaya pemakaian telephone dan sms banyak

Ciri yang kedua adalah biaya pemakaian telephone dan sms menjadi sangat banyak. Selain itu anda juga perlu berhati-hati karena virus dan malware bisa mengirim pesan langganan kepada layanan-layanan berbayar.

3. Muncul Banyak Iklan yang Mengganggu

Ciri yang ketiga yaitu perangkat anda memunculkan banyak iklan secara terus-menerus. Jenis virus yang biasanya memunculkan banyak iklan adalah adware. Tujuan dari memunculkan iklan tersebut adalah menghasilkan uang dari iklan tersebut, bahkan bisa mencuri data seseorang jika orang tersebut mengklik iklan tersebut.

Baca juga: Tips Membagikan Video Instagram ke WhatsApp Terbaru di Android dan iOS

4. Baterai Menjadi Cepat Habis

Ciri yang keempat adalah baterai pada HP android anda akan menjadi cepat habis dalam waktu yang cepat. Terdapat jenis virus yang bisa membuat aplikasi-aplikasi tidak penting menjadi berjalan di latar belakang. Hal inilah yang akan membuat baterai HP anda menjadi cepat habis.

5. HP Menjadi Lambat

Ciri yang kelima adalah HP anda akan menjadi lambat. Serangan virus dan malware ini akan membuat beberapa aplikasi berjalan di latar belakang, sehingga akan menyebabkan RAM menjadi penuh dan kinerja hp menjadi lambat, serta tidak maksimal. Bahkan yang lebih parah adalah HP anda akan membuat hang dan tidak bisa digunakan.

6. Penggunaan Data menjadi Boros dan Cepat Habis

Ciri yang keenam adalah penggunaan data atau kuota internet anda menjadi boros dan lebih cepat habis. Barangkali anda pernah mengalami ketika baru sehari membeli kuota dan menggunakannya sebentar tetapi kouta sudah berkurang cukup banyak. Nah bisa jadi HP anda sudah terkena virus atau malware.

Baca juga: 5 Tips Belanja Online Agar Dapat Harga Termurah

7. Proses Booting yang Lama

Ciri yang ketujuh adalah proses booting menjadi lebih lama dari biasanya. Pada umumnya sebuah HP tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan proses booting. Biasanya proses booting hanya membutuhkan waktu 2-3 menit, namun ketika HP ada terkena virus maka proses booting menjadi lebih lama di atas 5 menit.

8. Virus Mengalihkan Lalu Lintas Browsing

Ciri yang kedelapan adalah virus mengalihkan lalu lintas browsing. Barangkali anda pernah mengalami ketika sedang melakukan browsing tiba-tiba dialihkan ke suatu website tertentu. Jika anda mengalami hal tersebut, sebaiknya anda segera menutupnya dan lakukan scanning virus di perangkat kalian karena website tersebut berbahaya.

9. Adanya SMS Masuk atau Panggilan Keluar yang Mencurigakan

Ciri yang kesembilan atau terakhir adalah terdapat sms masuk dan panggilan keluar yang mencurigakan. Sms ini biasanya mengandung sebuah spyware yang bisa mencuri data penting anda. Selain itu malware juga bisa melakukan panggilan secara sembunyi dan tanpa disadari oleh pemiliknya.

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts