5 Dampak Negatif Bermain HP dan Gadget Terlalu Lama

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, tidak dipungkiri lagi bahwa suatu kemajuan pasti memiliki efek samping dibaliknya. Tidak terkecuali teknologi. Kini kami akan mengulas lebih dalam tentang dampak negatif bermain HP dan gadget terlalu lama yang harus kamu ketahui sekarang juga.

Belakangan ini, penggunaan smartphone sangat berkembang dengan pesat. Banyak sekali jenis-jenis smartphone dengan harga yang sangat variatif. Karena itu, kini hampir semua kalangan dan golongan masyarakat memiliki peluang untuk memiliki smartphone. Baik itu masyarakat kelas atas, menengah, maupun bawah sekalipun, kamu pasti melihat mereka sudah memiliki smartphone model terbaru yang mereka dapatkan sesuai dengan daya beli mereka masing-masing.

Penggunaan smartphone tentunya dapat mempermudah beberapa aktivitas dalam hidup. Kini, untuk membeli makan saja sudah dapat dilakukan dengan online. Berhubungan dengan teman, shopping, bekerja, bertransaksi, hingga memenuhi kebutuhan lainnya dapat dilakukan dengan online melalui smartphone. Tentu kemajuan ini terdengar mustahil apabila dibayangkan 10 tahun lalu bukan?

Namun, sesuatu yang menerangi selalu menghasilkan bayangannya sendiri. Ya, kemajuan teknologi tentu memiliki efek samping bagi siapapun yang merasakan manfaatnya secara langsung. Dibalik kesederhanaannya dalam mempermudah hidup, terdapat beberapa efek samping yang bahkan beberapa pengguna tidak menyadarinya sama sekali.

Dibawah ini merupakan beberapa dampak negatif bermain HP terlalu lama. Karena itu, mulai kali ini pastikan kamu lebih disiplin dalam mengatur diri ya. Hal itu dapat dimulai dengan membatasi penggunaan gadget hanya beberapa saat saja dalam sehari. Simak artikel dibawah ini ya!

5 Dampak Negatif Bermain HP dan Gadget Terlalu Lama

Merusak kinerja otak

Seperti yang kamu mungkin sudah pahami, bahwa setiap perangkat smartphone memiliki kadar radiasi tertentu, terutama dari layar. Meskipun terbilang kecil dan tidak seberapa, apabila kamu terpapar dalam waktu yang lama, maka dampaknya pun akan terasa juga.

Apabila kamu terpapar radiasi smartphone terlalu lama setiap hari, dampak jangka panjangnya akan sangat buruk loh. Skenario terburuk yang dapat kamu alami yaitu radiasi tersebut dapat memicu tumbuhnya tumor otak, serta membuat kamu sering mengalami insomnia. Sedangkan efek jangka pendek yang mungkin kalian pernah alami juga yaitu seperti sakit kepala dan juga mual-mual.

Menimbulkan kecanduan

Apakah kamu pernah melihat suatu kelompok orang yang dimana setiap orang di kelompok tersebut bermain HP? Ya, kecanduan smartphone merupakan fenomena yang sebenarnya sangat nyata di depan mata kamu sendiri. Kamu hanya perlu memperhatikan sedikit lebih dekat, bagaimana orang-orang di sekitar kamu sangat ketergantungan dengan HP atau gadget yang mereka miliki.

Fitur-fitur yang ada di smartphone, seringkali membuat penggunanya melepaskan hormon dopamine. Pelepasan hormon ini merupakan hormon yang sama saat kamu melakukan hal-hal yang memicu candu lainnya, termasuk bermain game, sex, merokok, dan bahkan menggunakan narkoba. Tidak terkecuali penggunaan smartphone. Jadi, apabila kamu merasa kamu tidak bisa hidup sehari tanpa smartphone, ada baiknya kamu merefleksikan diri sedikit, dan coba perlahan kurangi penggunaan smartphone-mu sebelum semuanya memburuk.

Merusak penglihatan

Ini merupakan salah satu dampak negatif bermain HP yang mungkin banyak orang yang sudah merasakannya. Ya, penggunaan HP yang terlalu lama tentunya dapat memicu kerusakan penglihatan, atau biasa disebut Computer Vision Syndrome atau CVS. Kamu harus pahami bahwa, segala perangkat gadget yang memiliki layar, tidak pernah baik untuk kamu pandangi terlalu lama, karena kadar radiasi yang kami sebutkan di atas.

Sebelum penglihatan kamu terganggu, ada baiknya kamu mengidentifikasi beberapa pertandanya. Apabila kamu pernah merasakan hal-hal seperti mata kering, iritasi ringan, hingga kemerahan, hingga rabun, ada baiknya kamu memeriksa kesehatan mata kamu sekarang juga. Jangan lupa kurangi penggunaan smartphone seperlunya saja ya.

Kelainan Postur Tubuh

Apabila kamu menggunakan smartphone atau gadget lainnya, pasti tanpa kamu sadari postur tubuh kamu sedikit merunduk untuk melihat layar. Nah, bayangkan kamu melakukan postur tersebut setiap hari, dan dilakukan selama berjam-jam setiap harinya. Pastinya hal tersebut akan menyebabkan kelainan pada struktur tulang punggung kamu lama-kelamaan.

Apabila kamu sering melakukannya, maka yang terjadi adalah tulang punggung kamu lama-kelamaan akan mengalami kelainan. Biasanya yang terjadi adalah punggung kamu akan cenderung membungkuk ke depan, atau kifosis, yang merupakan salah satu penyakit tulang punggung. Biaya untuk menyembuhkan kifosis tidak murah loh. Karena itu, kamu dapat mencegah datangnya kelainan ini dengan mengurangi waktu penggunaan HP kamu ya.

Penuaan dini

Dampak negatif bermain HP yang lainnya juga masih terkait dengan kesehatan tubuh. Seperti yang sudah kita bahas di poin sebelumnya, bahwa sebagian besar pengguna smartphone akan sedikit merundukan postur tubuhnya untuk melihat layar HP. Karena itu, dampaknya tidak hanya ke postur tubuh, tapi akan berdampak juga kepada penampilan kamu secara menyeluruh.

Riset membuktikan bahwa penggunaan HP yang sudah terlalu lama, lama-kelamaan dapat menyebabkan hilangnya elastisitas kulit secara bertahap. Terlebih apabila kesehariannya, pengguna HP tidak secara aktif menggerakan tubuhnya sama sekali. Hal ini menyebabkan kulit akan nampak keriput sebelum waktunya, yang mengindikasikan penuaan dini.

Menggunakan smartphone tentu memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya, kini smartphone dapat mempermudah hidup kamu, karena fitur-fitur didalamnya dapat menunjang aktivitas kamu. Jadi apabila kamu sedang sibuk, smartphone setidaknya dapat sedikit mempermudah hidup kamu. Namun, apabila kamu sedang tidak melakukan apa-apa, namun kamu masih terpaku sama HP kamu, ada baiknya kamu menyadari indikasi-indikasi penggunaan HP yang terlalu lama. Jadi, disiplinkan diri dan gunakan HP kamu seperlunya saja ya!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news