Keren nih Netizen Indonesia Masuk Berita Korea: Why?

Dunia maya Indonesia kembali digenparkan dengan masuknya netizen Indonesia yang masuk berita di Korea Selatan. Hal ini diketahui hari Rabu, 7 Juli 2021 lewat channel Youtube KNETZ.

Kejadian itu adalah buntut dari voting lagu UEFA EURO 2020 dimana lagunya BTS yang berjudul “Butter” berhasil menjadi yang terbanyak. Tetapi hal tersebut justru memunculkan ujaran kebencian terhadap Boy Group asal Korea Selatan tersebut.

Ujaran kebencian tersebut diberikan oleh beberapa netizen Indonesia di media sosial Instagram. Mereka merasa jika lagu tersebut tidak pantas untuk diperdengarkan di laga Final EURO 2020 yang akan pada Senin, 12 Juni 2021 di Stadion Wembley, Inggris.

Kemudian mengapa netizen Indonesia masuk berita Korea?

Berawal dari Vote Musik EURO 2020

Sebagaimana yang diketahui apabila penyelenggara dari EURO 2020 membuat vote lagu di Twitter yang akan diperdengarkan di final nanti.

Ada empat lagu yang ditampilkan untuk dipilih oleh netizen secara gratis di seluruh dunia. Voting tersebut dimulai dari 2-5 Juli 2021.

Lagu tersebut yaitu BTS “Butter”, Louis Tomlison “Kill My Mind”, Billie Eilish “Bad Guy”, dan Usher ‘Yeah”.

Sampai penutupan vote telah ditetapkan apabila BTS “Butter” memperoleh suara tertinggi yaitu di akhnya 47%, mengalahkan Louis Tomlison “Kill My Mind” yang ada di posisi kedua dengan 44%

Perolehan tersebut harusnya jadi kabar gembira bagi ARMY sebab lagu dari Boy Group kebanggaannya akan diperdengarkan di opening final kejuaraan tersebut.

Tetapi, di balik itu semua ternyata ada netizen dari Indonesia membuat gaduh dengan berkomentar rasisme.

Komentar Rasisme Netizen Indonesia

Akun Instagram @EURO2020 diramaikan dengan komentar “Rasisme” yang mengarah kepada artis Korea terutama BTS dengan lagunya “Butter” yang sudah terpilih.

Disebabkan hal tersebut, netizen Indonesia masuk berita Korea dan menjadi perbincangan hangat di antara netizen negeri gingseng.

Dari banyaknya komentar kontra beberapa di antaranya seperti di bawah ini.

Butter’s song is not very suitable for Euro 2020 final, I regret and don’t like it”

(Lagu Butter sangat tidak cocok untuk final Euro 2020, Saya menyesal dan tidak menyukainya”

“Plastic butter don’t deserve to play on Euro 2020”

(Butter ‘plastik’ tidak pantas untuk dimainkan di Euro 2020)

Komentar Rasisme Netizen Indonesia Masuk Media Korea

Masalah tersebut kemudian menarik perhatian banyak netizen Korea Selatan dan masuk salah satu media disana yaitu theqoo.net.

Pada pemberitaannya dikatakan apabila netizen Indonesia menyerang  akun Instagram BTS dengan komentar rasisme.

Saat BTS terus mempertahankan posisi no. 1 penggemar penyanyi lain berbondong-bondong ke ruang Instagram BTS dan mulai menyerang dengan komentar pribadinya”

Karena hal tersebut netizen dari Korea Selatan mengomentarinya di situs theqoo.net.

Misalnya berkomentar seperti ini:

“Aku penasaran apakah mereka akan memutar semua lagu jika lagu ‘Butter’ tidak menempati peringkat pertama,”

“Kenapa mereka terlalu ekstrim seperti itu,”

“Tapi lagu BTS tetap diputar di final dan komentar hujatan dari para hater ini akan terekam dalam sejarah,”

“Aku bisa bilang mereka sangat rasis, hahaha,”

“Plastik? Mereka tidak melakukan operasi plastik,”

“Kalau Korea punya polling seperti itu, kita tidak akan menghujat akun media sosial dari artis lain,”

Sikap Penyelenggara EURO 2020

Sesudah cukup panas polemik yang terjadi, akhirnya pihak penyelenggara Final EURO 2020 kemudian membuka suara dan membuat sebuah keputusan yang mengejutkan.

Pada cuitan Twitter @EURO2020 tertulis apabila sesudah divoting oleh 4,5 juta pemilih, maka akan diputar keempat lagu tersebut di Final EURO 2020. Artinya seluruh lagu yang sebelumnya menjadi nominasi akan dimainkan di Wembley Stadium nanti.

Kalian harus tahu juga apabila sebelumnya lagu BTS “Fake Love” pernah dimainkan di Piala Dunia FIFA 2018 Russia.

Di samping itu, lagu BTS “Idol” pun juga pernah diputar pada pertandingan olahraga baseball di Stadion Dodger, Los Angeles, Amerika Serikat.

Pada akhirnya pihak penyelenggara EURO 2020 akan memutar keempat lagu yang dinominasikan. Oleh sebab itu kalian penggemar dari BTS, Louis Tomlison, Billie Eilish, dan Usher jangan sampai melewatkan momen tersebut di Senin, 12 Juli 2021 nanti.

Saat ini beberapa netizen Indonesia sudah mendunia sebab power-nya bak “dewa” di media sosial. Oleh sebab itu sikap bijaksana dan dewasa ketika menanggapi suatu hal haruslah diutamakan.

Ditambah lagi yang berkaitan dengan media internasional pasti akan membawa nama Negara dan tanggung jawabnya besar. Semoga bermanfaat!

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Latest news

Related news