Mana yang Lebih Unggul antara Xiaomi Redmi 9T vs Redmi 9

Share This Post

Di pasar global persaingain pasar smartphone semakin ketat. Para vendor smartphone terus berusaha meningkatkan kualitas perangkat melalui pembaruan fitur, desain, dan juga sistem operasi yang lebih baru agar para konsumennya puas serta nyaman memakai produk mereka.

Salah satu brand besar yang sudah menjadi populer karena menawarkan spesifikasi mumpuni dengan harga membumi adalah Xiaomi Redmi.

Kemarin, dua produk dari Xiaomi sudah diluncurkan. Redmi 9 hadir lebih awal. Sedangkan Redmi 9T baru saja rilis dengan membawa spesifikasi yang lebih baru dan kelebihan baru lainnya.

Xiaomi Redmi 9T ini dibekali baterai kapasitas 6000mAh dengan fitur fast charge 18W. Desainya juga lebih fresh dengan dukungan housing kamera belakang dan logo Redmi yang cukup menonjol.

Kalau dilihat dari harganya, Redmi 9T harganya hampir sama dengan Redmi 9 yang hadir lebih dulu. 

Kemudian, manakah yang lebih unggul dari keduanya? Xiaomi Redmi 9T atau Xiaomi Redmi 9? Langsung cek kuy perbandingannya!

Desain Xiaomi Redmi 9T vs Redmi 9

Desain Xiaomi Redmi 9T dan Redmi 9 ini tidak jauh berbeda. Keduanya mengusung layar berponi minimalis atau Dot Drop Display. Perbedaan tampak pada casing belakang.

Xiaomi Redmi 9T tampil dengan desain lebih fresh dengan logo Redmi berukuran besar dan agak menonjol. Untuk kamera belakang tersusun secara vertikal dengan housing persegi rounded yang modern. Sedangkan casing belakangnya bertekstur khusus supaya tidak licin dan tersedia dalam tiga warna yaitu Carbon Gray, Twilight Blue, dan Ocean Green.

Di sisi lain Xiaomi Redmi 9 juga dibekali casing belakang bertekstur dan dipadukan dengan dekorasi lingkaran yang unik pada bagian kamera belakangnya. Xiaomi Redmi 9 ada dalam tiga varian warna, yaitu Carbon Gray, Sunset Purple, dan Ocean Green.

Performa Xiaomi Redmi 9T vs Redmi 9

Xiaomi Redmi 9T didukung SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 662 SM6115 (11nm) yang ditenagai prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 260 Gold yang berkecepatan 2GHz dan quad-core Kryo 260 Silver dengan kecepatan 1,8GHz dikombinasikan dengan memori RAM 4GB atau 6GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610 yang powerful.

Sementara itu, Xiaomi Redmi 9 didukung SoC MediaTek Helio G80 yang ditenagai prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 dengan kecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8GHz dikombinasikan dengan memori RAM 3GB atau 4GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU Mali-G52 2EEMC2 950MHz.

Kamera Xiaomi Redmi 9T vs Redmi 9

Dalam segi kamera, Redmi 9T ini lebih unggul dengan kamera utama yang punya kekuatan 48 MP dengan lensa aperture f/1.8 yang memakai sensor BSI CMOS 1/2 inci 0,8um piksel yang dikuatkan fitur phase-detection autofokus (PDAF), AI, dan LED flash.

Kamera kedua 8 MP dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang bisa menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Untuk kamera ketiga dan keempat dengan kekuatan 2 MP dan 2 MP dengan lensa f/2.4 berguna sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk mendapatkan foto bokeh dengan mode portrait.

Di sisi lain, Xiaomi Redmi 9 didukung empat buah kamera. Kamera utama Redmi 9 dengan kekuatan 13 MP dengan lensa aperture f/2.2 yang memakai sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1,12um piksel yang dikuatkan fitur phase-detection autofokus (PDAF), AI, dan LED flash.

Kamera kedua 8 MP dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang dapat menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Untuk kamera ketiga dan keempat 5 MP dan 2 MP dengan lensa f/2.4 berguna sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk mendapatkan foto bokeh dengan mode portrait.

Memori Xiaomi Redmi 9T vs Redmi 9

Xiaomi Redmi 9T menawarkan dua varian kapasitas memori internal, yaitu 64GB UFS 2.1 atau 128GB UFS 2.2. 

Semenatra Redmi 9 tersedia juga dua kapasitas penyimpanan, yaitu 32GB dan 64GB dengan teknologi eMMC 5.1. 

Xiaomi Redmi 9T jelas lebih unggul dari Xiaomi Redmi 9 sebab memakai teknologi UFS yang menawarkan transfer rate yang lebih tinggi dari eMMC 5.1.

Baterai Xiaomi Redmi 9T vs Redmi 9

Xiaomi Redmi 9T kembali unggul dengan baterai kapasitas 6000mAh dan didukung reverse charging. Sementara Xiaomi Redmi 9 dibekali baterai kapasitas lebih kecil 5020mAh. Dua perangkat ini sama-sama mendukung fitur fast charge 18W untuk pengisian daya lebih cepat.

Fitur Lain Xiaomi Redmi 9T vs Redmi 9

Redmi 9 punya fitur wireless radio yang membuat kalian dapat mengaktifkan FM Radio tanpa harus menancapkan headset sebagai antenna. 

Sementara Redmi 9T punya fitur yang lebih bermanfaat, yaitu dukungan dua buah speaker stereo yang bisa memberikan pengalaman multimedia lebih imersif.

Letak Sensor Sidik Jari Xiaomi Redmi 9T vs Redmi 9

Redmi 9T dibekali fitur keamanan sensor sidik jari di samping kanan dan terintegrasi dengan tombol power. Penempatan sensor ini lebih praktis dan tidak rawan salah sentuh dengan lensa kamera. Sementara Redmi 9 meletakkan sensor sidik jari di sisi belakang ponsel.

Harga Xiaomi Redmi 9T vs Redmi 9

Harga Redmi 9T dengan dua variasi RAM dibanderol dari harga mulai Rp. 1.900ribuan sampai Rp 2.399ribu.

Setelah menyimak perbandingan di atas, apa keputusannya?

Redmi 9T memang lebih menarik dari Redmi 9 di kelas entry-level. Dengan harga sedikit lebih mahal, Redmi 9T menyediakan kapasitas baterai lebih besar, speaker stereo, memori internal lebih responsif, dan kamera utama lebih mumpuni. Kalian setuju?

Terimakasih Sudah Membaca di Esportsku

Related Posts